Bau mulut saat puasa ini cara mencegah dan menghilangkannya

Bau mulut saat puasa? ini cara mencegah dan menghilangkannya

Yogyakarta, Tersurat.com –Saat Menjalankan puasa memungkinkan orang lebih rentan mengalami bau mulut. Penyebab bau mulut saat puasa dipengaruhi kondisi mulut yang kering tanpa asupan air selama berpuasa.
Bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, jangan khawatir berlebihan.

Berikut cara menghilangkan bau mulut saat puasa

.

Hindari kafein

Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa salah satunya yakni menghindari makan atau minum yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, dll. terutama saat sahur. Kafein dapat merangsang tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak sepanjang hari. Dengan begitu, orang jadi lebih mudah terkena dehidrasi dan mulut kering. Selain itu, orang yang juga memiliki asam lambung akan cenderung naik asal lambungnya setelah mengonsumsi kafein.

Jaga kebersihan mulut dan gigi

Untuk mencegah bau mulut saat sedang berpuasa adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut. Cara menjaga kebersihan gigi dan mulut selama Ramadhan bisa dimulai dengan menggosok gigi usai santap sahur. Tak hanya itu, agar hasilnya maksimal, sempatkan untuk membersihkan lidah dengan lembut setelah gosok gigi. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut bisa diminimalisir.

Cukupi kebutuhan cairan

Mencegah mulut kering dan dehidrasi adalah kunci utama untuk mencegah bau mulut saat sedang menjalankan puasa. Pastikan kamu minum cukup banyak cairan selepas buka puasa sampai sahur. Cukupi kebutuhan cairan dengan minum setidaknya delapan gelas atau dua liter air per hari. Selama puasa, Anda bisa mengatur pola minum air putih dengan dua gelas saat buka puasa, empat gelas setelah salat magrib sampai lepas makan malam, dan dua gelas saat sahur. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan dan sayur yang banyak mengandung air. Hindari terlalu banyak minum minuman yang manis karena bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga  Cara membersihkan kotoran kucing yang tidak banyak orang ketahui

Jaga pola makan sehat

Tips untuk mencegah bau mulut saat puasa juga perlu dengan cara menjaga pola makan sehat dan seimbang. Hindari segala jenis makanan kurang sehat seperti karbohidrat olahan, makanan tinggi garam, gula, dan lemak tak sehat. Karena dapat menyebabkan pertumbuhan baktersi. Selain itu, makanan yang kurang sehat akan membuat kamu lesu saat menjalankan ibadah puasa

Stop merokok

Untuk mencegah bau mulut saat puasa adalah tidak merokok. Jika Anda seorang perokok, puasa bisa jadi momentum tepat untuk latihan stop merokok. Merokok bisa meningkatkan kadar keasaman di mulut dan memicu bau mulut. Untuk itu, cara agar mulut tidak bau saat puasa perlu melibatkan komitmen untuk stop merokok. Tidak hanya untuk bau mulut, namun demi kesehatan secara keseluruhan.

Itulah beragam cara mencegah bau mulut saat puasa. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *