Wajib Tau Cara Jitu Atasi Hidung Yang Gatal

Hidung memiliki fungsi utama untuk menghirup udara. Indera penciuman ini juga dapat merespons rangsangan penciuman. Seperti halnya organ tubuh pada umumnya, hidung bisa mengalami berbagai gangguan seperti hidung tersumbat hingga terasa gatal.

Hidung gatal adalah salah satu masalah hidung paling umum yang dialami banyak orang. Jika gatal hanya terjadi satu atau dua kali biasanya tidak menimbulkan masalah, namun jika gatal terjadi terus-menerus, kondisi ini tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara untuk menghilangkan masalah hidung gatal ini.

Gunakan kompres

Cara mengatasi hidung gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres. Apakah anak Anda mengalami mata gatal karena alergi hidung? Cobalah kompres dingin untuk membantu meredakan rasa gatal dan nyeri.
Juga, ingatkan anak Anda untuk tidak menggosok matanya, karena ini hanya akan menyebabkan lebih banyak gatal dan iritasi mata.

Bisa menggunakan air

Cara mengatasi hidung gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan air. Ya, H2O biasa bisa menghasilkan keajaiban. Anak-anak yang lebih besar dapat mencoba membilas hidung mereka dengan larutan garam yang dibeli di apotek atau di rumah. Jika ingin meracik sendiri, Anda bisa menggunakan 240 ml air dengan satu sendok teh garam tidak beryodium.

Penting juga untuk minum cukup setiap hari karena tiupan dan bersin yang konstan dapat mengeringkan hidung Anda. Terakhir, mandi uap air panas atau mandi air panas dapat membantu menghilangkan hidung tersumbat.

Jahe

Cara mengatasi hidung gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Jahe adalah ramuan yang aman dan sangat efektif. Selain untuk makanan, rempah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan karena menenangkan sistem pencernaan dan melancarkan peredaran darah. Jahe bertindak sebagai antihistamin alami, agen antivirus yang kuat dan imunomodulator.

Baca Juga  Rawat kucing kesayangan yang harus kamu tau

Cobalah teh jahe untuk hidung tersumbat dan sakit kepala. Sambil minum teh, hirup uap yang keluar dari cangkir. Dijual, Anda dapat menemukan jahe, baik segar maupun kering. Atau Anda bisa mengkombinasikannya dengan herbal lain seperti kunyit yang merupakan penyembuh alami yang ampuh.

Hirup minyak kayu putih

Cara lain untuk mengatasi hidung gatal adalah dengan menghirup minyak kayu putih. Aroma pinus yang kuat dari minyak kayu putih dapat meningkatkan inhalasi uap, membantu membuka sinus dan saluran hidung kita bahkan lebih.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak atsiri yang diekstrak dari daun kayu putih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri, tetapi dengan tidak adanya uap, memberikan perasaan mentol yang dapat memfasilitasi pernapasan.
Coba tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam semangkuk air hangat atau pancuran sebelum mandi. Hanya saja, jangan menelan minyak dan jangan mengoleskannya langsung ke kulit Anda, karena dapat menjadi racun dalam bentuk pekat.

Semprot dengan air garam

Cara mengatasi hidung gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan semprotan air garam. Menurut medicalnewstoday.com, menggunakan semprotan hidung ini dapat membantu meredakan kekeringan. Sensasi kesemutan atau gatal dapat terjadi jika kulit yang melapisi lubang hidung kering.
Semprotan hidung saline dapat digunakan sebagai alternatif semprotan hidung yang dijual bebas. Untuk membuat semprotan hidung air garam buatan sendiri:

1. Rebus 1 liter air dan biarkan hingga dingin.
2. Tambahkan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh baking soda.
3. Tuang sedikit cairan di telapak tangan ke dalam gelas.
4. Tarik napas larutan ke dalam satu lubang hidung pada satu waktu.
5. Pilihan lain adalah menuangkan larutan ke dalam botol semprot bersih. Ini membuatnya lebih mudah untuk menyuntikkan garam ke dalam hidung untuk melembabkan kulit.

Baca Juga  Simak Cara Menghilangkan Kutu Dan Telurnya Dengan Cepat

Gunakan pelembab

Cara mengatasi hidung gatal selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab. Hidung gatal bisa disebabkan oleh kulit kering di dalam hidung. Ini bisa terjadi di cuaca panas atau di iklim kering.
Humidifier dapat digunakan untuk meningkatkan kelembapan di dalam ruangan. Menuangkan air ke dalam mangkuk dangkal yang ditempatkan di area hangat di sekitar rumah akan memungkinkan air menguap. Ini adalah alternatif sederhana dan murah untuk pelembap yang dibeli di toko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *