Simak Tips Ampuh Atasi Hidung Gatal

Mengatasi gatal hidung pada orang dewasa memang tidak mudah, namun bisa bertambah parah jika terjadi pada anak dengan hidung tersumbat, mata merah, disertai gatal. Menurut jurnal Allergic Rhinitis, kebanyakan penderita asma menderita rinitis.

Untuk mengurangi ketidaknyamanan ini, ibu akan mengajak anak Anda ke dokter anak, kemudian dokter spesialis akan menangani kondisi ini.
Tetapi karena kemampuan mengatasi hidung gatal berkaitan dengan kekuatan sistem kekebalan tubuh, beberapa pengobatan rumahan juga dapat meredakan gejalanya.

Jika hidung Anda terus gatal, Anda mungkin menderita rinitis alergi. Selain hidung gatal, rinitis alergi juga dapat menimbulkan keluhan lain seperti bersin-bersin, sakit kepala, mata gatal dan hidung tersumbat.
Rinitis alergi adalah peradangan pada mukosa hidung. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap paparan alergen atau zat penyebab alergen yang masuk melalui hidung. Akibatnya, Anda mengalami hidung gatal, bersin-bersin dan gejala lainnya.

Bagaimana cara mengetahui apakah Anda menderita rinitis alergi?

Hidung gatal adalah salah satu gejala yang disebabkan oleh rinitis alergi. Namun, bukan berarti rasa gatal di hidung selalu menandakan Anda menderita rinitis alergi. Adanya benda asing yang secara tidak sengaja masuk ke hidung juga sering menimbulkan rasa gatal di hidung dan sensasi tidak enak di hidung.

Untuk menentukan apakah Anda menderita rinitis alergi, temui dokter Anda. Pada awal kunjungan, dokter akan menanyakan gejala dan riwayat kesehatan Anda, kemudian memeriksa hidung Anda.
Selain itu, dokter Anda mungkin melakukan tes tambahan untuk menentukan penyebab hidung gatal yang Anda alami. Salah satunya adalah tes alergi.

Baca Juga  Cara Jitu Atasi Telinga Yang Tersumbat Air

Salah satu metode pengujian alergi adalah dengan memasukkan jarum yang dilumasi dengan alergen tertentu ke dalam kulit tangan. Tujuannya adalah untuk melihat apakah alergen tersebut menyebabkan reaksi alergi pada tubuh Anda. Jika Anda alergi terhadap zat ini, biasanya akan muncul benjolan merah pada kulit yang ditindik.
Dengan mengetahui bahan atau zat mana yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh Anda, Anda dapat menghindarinya untuk mencegah gejala alergi, termasuk hidung gatal akibat rinitis alergi.

Pengobatan hidung gatal pada rinitis alergi

Pengobatan utama untuk hidung gatal akibat rinitis alergi adalah dengan menghindari pemicunya. Misalnya, jika rinitis alergi disebabkan oleh debu, maka hindari tempat yang berdebu. Bersihkan juga rumah Anda dari debu, tungau, bulu binatang atau jamur yang dapat menggores hidung akibat rinitis alergi, namun pastikan untuk menggunakan masker.
Selain menjauhi alergen, perawatan berikut dapat digunakan untuk meredakan hidung gatal akibat rinitis alergi:

Membilas hidung

Anda dapat meredakan hidung gatal akibat rinitis alergi dengan membilas hidung. Cara ini dilakukan untuk membersihkan rongga hidung dari zat penyebab alergi atau iritasi.

Antihistamin dan dekongestan

Selain membilas hidung, hidung gatal akibat rinitis alergi dapat diredakan dengan obat yang mengandung antihistamin dan dekongestan. Namun, penggunaan kedua obat ini harus dilakukan sesuai dengan resep dokter.

Imunoterapi

Gatal pada hidung akibat rinitis alergi dapat diobati dengan terapi khusus, yaitu imunoterapi. Terapi ini dilakukan dengan cara menyuntikkan alergen ke dalam kulit dalam jangka waktu tertentu dan dalam dosis tertentu.

Tujuan terapi ini adalah untuk mengurangi sensitivitas sistem kekebalan tubuh terhadap alergen tersebut. Selain suntikan alergi, imunoterapi dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang akan disesuaikan dengan kondisi Anda.

Baca Juga  Ketahui Cara Memilih Sayuran Yang Baik Dan Segar

Keluhan hidung gatal yang sering terjadi bisa disebabkan oleh rinitis alergi. Untuk mengatasinya, Anda harus mencari tahu dulu penyebabnya. Karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mencari tahu penyebab hidung gatal dan akan meresepkan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *