Temukan Solusi Ketika Mengalami Sakit Kepala Sebelah Kiri

Dengan timbulnya sakit kepala sebelah kiri, aktivitas sehari-hari terus-menerus terganggu. Untuk mengobati sakit kepala dengan benar, Anda harus mengetahui akar penyebabnya dan cara mengobatinya.
Berikut penjelasan penyebab sakit kepala sebelah kiri, serta gejalanya dan cara mengatasinya yang dirangkum dari berbagai sumber:

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri
Berikut beberapa cara mengatasi sakit kepala jenis ini yang cukup efektif dan ampuh:

1. Istirahat

Saat sakit kepala terjadi, segera cari tempat untuk berbaring atau duduk saja. Cobalah untuk bersantai di ruangan yang tenang dan hindari kebisingan sehingga Anda dapat berbaring dengan tenang. Cobalah untuk tenang dan rilekskan kepala dan bahu Anda.

2. Bernapas untuk meredakan sakit kepala sebelah kiri

Seperti disebutkan di atas, stres adalah salah satu penyebab utama sakit kepala, termasuk yang ada di sisi kiri kepala. Cara efektif untuk menghilangkan stres dan menghindari sakit kepala adalah dengan menarik napas dalam-dalam.
Sebagai permulaan, duduk diam di tempat yang tenang dan nyaman. Tutup mata Anda dan tarik napas melalui hidung. Kemudian tarik napas dalam-dalam, hitung sampai dua. Tahan napas Anda untuk menghitung, lalu buang napas perlahan sampai Anda menghitung sampai empat.

3. Pijat kepala dengan lembut

Anda dapat mencoba memijat daerah yang terkena dengan jari telunjuk atau ibu jari. Misalnya, jika Anda sakit kepala di sisi kiri, pijat kepala Anda di area itu. Lakukan pijatan ringan secara terus menerus selama 7-15 detik, lalu lepaskan. Ulangi sampai Anda merasa nyeri berkurang.

4. Minum obat pereda nyeri

Jika istirahat tidak cukup untuk meredakan sakit kepala yang tersisa, Anda bisa minum obat pereda nyeri. Obat yang biasa digunakan seperti aspirin, parasetamol, ibuprofen, naproxen.
Namun perlu diperhatikan bahwa asupan obat ini harus disesuaikan dengan jenis serangan sakit kepala.

5. Lakukan peregangan sederhana

Ketegangan pada otot bahu dan leher juga bisa menyebabkan sakit kepala ini. Ini biasanya terjadi karena Anda terlalu lama berada dalam posisi duduk tertentu. Selain itu, kelelahan dan stres juga bisa menjadi penyebab lain dari sakit kepala ini.

Luangkan waktu untuk melakukan peregangan selama beberapa menit. Tidak perlu melakukan peregangan yang rumit, lakukan dengan gerakan yang sederhana.
Misalnya, Anda dapat mencoba memiringkan kepala ke satu sisi dan kemudian perlahan-lahan menurunkannya menjadi setengah lingkaran, menyentuhkan dagu ke dada. Anda dapat mengulangi di sisi yang berlawanan.

6. Perbanyak minum air putih

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari minum air putih. Padahal, salah satu manfaat kebiasaan ini bisa jadi adalah pengurangan risiko terkena dehidrasi, yang biasanya ditandai dengan sakit kepala yang juga dirasakan di sisi kiri.
Oleh karena itu, jika Anda mengalami sakit kepala sebelah kiri disertai rasa haus, mulut kering, rasa lelah yang meningkat dan jarang buang air kecil, cobalah minum segelas air putih.

7. Jauhi gadget sejenak

Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda menatap layar komputer dalam waktu lama, istirahatkan mata Anda sekitar 10 menit per jam. Anda dapat berjalan-jalan, berbicara dengan teman, membaca majalah atau buku.
Anda juga dapat menggunakan kacamata radiasi saat berada di depan layar komputer. Perhatikan juga posisi duduk Anda. Jika Anda ingin menggunakan ponsel, pastikan Anda berada pada posisi yang benar.

8. Kompres dingin atau panas

Anda bisa membuat kompres dingin dan kompres hangat untuk mengobati sakit kepala sebelah kiri. Cobalah untuk menekan dahi dan bagian belakang leher dengan kain hangat. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot yang tegang.
Setelah itu, lanjutkan menekan kepala yang sakit dengan kompres dingin. Efek dingin ini mempersempit pembuluh darah. Ketika pembuluh darah menyempit, tekanan pada saraf sensorik di kepala berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *