Tak Hanya Daun Salam Yang Bisa Usir Kecoa Di Rumah

Memasuki musim penghujan membuat cuaca dan lingkungan semakin basah. Nah, kondisi ini membuat kecoa betah berlama-lama di rumah. Ternyata ada pengusir kecoa alami yang bisa Anda gunakan.
Kecoa adalah hewan yang sangat mengganggu. Meskipun penolak telah terbukti efektif dalam menghilangkan kecoa, bahan-bahan yang digunakan dalam penolak dapat berbahaya bagi anak kecil dan hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing jika digunakan secara sembarangan.
Oleh karena itu, gunakan pengusir kecoa alami yang bisa Anda gunakan di rumah berikut ini.

1. Vaselin

Vaseline biasa digunakan sebagai pelembab bibir pecah-pecah atau kering untuk mengobati luka bakar. Jelas, manfaat Vaseline tidak terbatas pada ini. Produk alami ini dapat digunakan sebagai perangkap untuk membunuh kecoa.
Trik: Campur Vaseline dengan gula pasir dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan campuran tersebut pada selembar kertas. Setelah itu, taruh di beberapa tempat yang sering ditemukan kecoa. Kecoa akan tertarik dengan kandungan gula dari Vaseline dan akan terperangkap karena tekstur Vaseline yang lengket.

2. Daun salam

Meskipun daun salam sering ditambahkan ke makanan untuk menambah rasa dan aroma, Anda juga bisa menggunakannya sebagai perangkap kecoa. Karena kecoa tidak menyukai bau daun salam.
Caranya, hancurkan daun salam yang sudah kering lalu taburkan di sudut-sudut gelap atau sudut ruangan tempat kecoa biasa terjadi.

3. Minyak kayu putih

Meskipun kecoa tidak menyukai bau daun salam, mereka juga tidak akan bekerja jika mencium bau minyak kayu putih. Ini karena bau minyak kayu putih yang terlalu kuat untuk menghalangi indera penciuman kecoa pencari makanan. Selain itu, jika kecoa terkena minyak esensial yang sangat pekat, kecoa juga akan mati dengan cepat.

Baca Juga  Kenali Cara Mengolah Kulit Manggis Kering Dan Segar Untuk Penggunaan Sehari-Hari

4. Kopi

Kopi tidak hanya digunakan sebagai teman minum, tetapi juga sebagai alat pengusir kecoa. Aroma kopi yang kuat efektif membunuh kecoa. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk kopi di tempat-tempat yang sering muncul kecoa.

5. Silika gel

Jika Anda menemukan gel silika di sepatu atau camilan baru Anda, jangan dibuang. Karena silika gel efektif mengusir kecoa.
Caranya adalah dengan mencampur butiran silika gel dengan gula dan menyebarkannya di sudut-sudut ruangan. Jika kecoa melewati campuran ini, ia akan mati dan tubuhnya akan mengering. Namun, cobalah untuk menjauhkan campuran ini dari jangkauan anak kecil dan hewan peliharaan.

6. Selain semut, kapur barus juga bisa menjadi pembunuh kecoa

Seperti yang sudah Anda ketahui, kapur barus sangat efektif dalam memerangi serangga, termasuk kecoa.
Kamper juga sangat mudah ditemukan, ibu bisa membelinya di pasar.
Untuk membasmi kecoa, Anda bisa meletakkan sedikit kapur barus di tempat-tempat yang ingin Anda basmi.
Namun, Anda harus ingat bahwa Anda harus berhati-hati saat menggunakan item ini, untuk menjauhkannya dari jangkauan si kecil.

7. Sabun mandi

Untuk mengusir kecoa yang sudah terlanjur masuk ke dalam rumah atau ruangan, semprotan kecoa memang jadi penunjang. Beberapa orang mungkin khawatir tentang efek jangka panjang dari penggunaan aerosol kimia. Anda bisa menggantinya dengan sabun cair dan air hangat. Tuangkan larutan sabun dan air ke dalam botol semprot. Jika kecoa muncul, semprot dengan air sabun. Kecoa mungkin tidak langsung mati, tetapi mereka hanya akan mati dalam beberapa menit.

8. Obat kumur

Selain sebagai campuran sabun dan air, obat kumur juga dapat digunakan sebagai semprotan kecoa yang mudah dibuat. Campur obat kumur dan sedikit sabun cuci piring. Semprotkan pada bagian rumah yang sering didatangi kecoa. Anda juga bisa menggunakannya langsung untuk mengusir kecoa secara langsung.

Baca Juga  Sangat Mudah Pembayaran UTBK Melalui Beberapa Bank

9. Jaga agar tetap bersih

Hal terpenting untuk mencegah kecoa masuk ke dalam rumah adalah menjaga kebersihannya. Pastikan rumah selalu dalam keadaan bersih dan rapi, terutama dari sisa makanan, agar kecoa tidak muncul. Atur ulang furnitur dan benda-benda agar tidak menumpuk dan kecoak tidak bisa bersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *