Simak Payudara Yang Sehat Dilihat Dari Bentuk Dan Jenis Putingnya

Sebagai seorang wanita, Anda mungkin terkejut dengan payudara Anda dan bertanya-tanya apakah ukuran payudara Anda normal. Hal ini wajar karena tidak semua wanita mengerti apa yang sedang dibangun, bahkan jika ukuran mereka diperhitungkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri payudara yang sehat dan kondisi payudara yang harus Anda perhatikan. Simak detail lengkapnya di bawah ini.

Beberapa hal yang harus di perhatikan

• Payudara besar di lingkungan sekitar
Beberapa dari Anda mungkin memiliki ukuran payudara kanan dan kiri yang berbeda. Anda mungkin bertanya-tanya apakah ini normal. Jawabannya cukup normal, terutama untuk anak perempuan yang sedang dalam masa pubertas.
Perbedaan ukuran payudara ini juga bisa terjadi pada usia 20-an. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa 44 persen wanita mengatakan satu payudara lebih kecil dari yang lain.

Hal ini dapat terjadi karena ketika anak perempuan mulai pubertas, payudara mulai berkembang dengan sedikit pembengkakan yang terlihat di bawah puting susu atau biasa disebut pembengkakan payudara. Pada titik ini, Anda mungkin memperhatikan bahwa salah satu payudara Anda mulai berkembang di depan yang lain atau tumbuh lebih cepat.

Jadi bagi Anda yang memiliki ukuran payudara berbeda, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, terutama para remaja. Namun, jika Anda masih khawatir, sebaiknya periksakan ke dokter atau dokter kandungan untuk memastikan payudara Anda normal.

• Putingnya masuk ke dalam
Biasanya putingnya keluar. Namun pada beberapa orang putingnya tidak menonjol dan tidak masuk ke dalam. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 10% wanita memiliki puting yang tidak menonjol bahkan masuk ke dalam (puting terbalik).

Ini karena jaringan yang menghubungkan puting Anda menjadi sedikit lebih pendek. Anda tidak perlu khawatir karena meskipun puting tidak mengeluarkan cairan, puting tetap berfungsi normal, memberikan ASI kepada bayi Anda.
Namun, jika kutil Anda, yang awalnya menonjol, tidak lagi terlihat, Anda harus menemui dokter karena ini mungkin merupakan tanda kanker payudara.

• Rambut kecil di areola
Munculnya bulu-bulu halus di sekitar areola atau penggelapan kulit di sekitar puting susu mungkin mengejutkan Anda. Tetapi sekali lagi, ini berarti Anda harus mengeluarkan biaya untuk proses ini. Jika Anda khawatir tentang rambut halus, Anda dapat memotongnya dengan gunting kecil. Namun, pengangkatannya tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan infeksi dan rambut tumbuh ke dalam.

Kapan Anda harus menemui dokter jika terjadi kesalahan?

• Keluar dari puting
Jika kondisi ini terjadi sebelum menopause, keputihan berwarna kehijauan, bening atau merah (berdarah), dan terdapat benjolan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab dan kondisi yang sebenarnya.

• Tumor payudara
Jika Anda menemukan benjolan di sekitar dada atau ketiak, Anda harus menemui dokter karena bisa jadi itu adalah tanda tumor atau kanker.
Perubahan warna dan tekstur
Jika kulit di sekitar payudara Anda gatal, bersisik atau merah, Anda harus menemui dokter untuk memastikan payudara Anda sehat dan normal.

• Sakit dada
Nyeri dada yang terjadi sebelum menstruasi merupakan hal yang normal karena nyeri tersebut hilang dengan sendirinya. Namun, jika rasa sakit berlanjut, Anda harus menemui dokter untuk memastikan payudara Anda baik-baik saja.

• Ubah ukuran atau bentuk
Dengan bertambahnya usia atau dalam kondisi tertentu (seperti menstruasi atau hamil), ukuran atau bentuk payudara akan berubah. Terutama saat Anda mengalami menopause, payudara Anda cenderung melorot atau mengecil karena mulai kehilangan bentuknya. Ini bagus.
Namun, jika perubahan tersebut terjadi di luar waktu tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan payudara Anda sehat dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *