Ini Jawabanya Apakah Daun Putri Malu Bisa Meningkatkan Kejantanan?

Selama ini daun putri malu (Mimosa pudica L.) masih liar. Keberadaannya yang sering dijumpai di lapangan memang sering disepelekan, namun siapa sangka ternyata ada berbagai potensi manfaat daun putri malu untuk kesehatan.
Naskah yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah di Suracarta menyebutkan bahwa tanaman “putri malu” ini pertama kali ditemukan di Brazil. Tanaman ini berkembang biak cukup cepat, sehingga ketersediaannya cukup tinggi.

Manfaat daun putri malu untuk kesehatan
Ada berbagai potensi manfaat kesehatan dari daun putri malu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Berfungsi sebagai agen antibakteri

Salah satu manfaat daun putri malu adalah kemampuan antibakterinya. Sebuah tinjauan literatur yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Review menemukan bahwa pasta yang terbuat dari daun putri malu ini dapat menyembuhkan bisul dan gatal-gatal.

Sementara itu, sebuah penelitian di rumah yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulanga di Manado menunjukkan bahwa ekstrak daun putri malu dapat menghambat pertumbuhan bakteri.
Lima bakteri yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Enterobacter cloacae, Pseudomonas aeruginosa dan Proteus stuarti.

Namun, para peneliti mengatakan bahwa manfaat daun putri yang terkenal tidak dapat diterapkan untuk pengobatan antimikroba. Karena diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek sampingnya.

Memiliki efek menenangkan

Efek menenangkan atau menenangkan juga merupakan salah satu manfaat dari daun putri malu. Hal ini ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Penelitian ini dilakukan pada 30 ekor mencit sebagai sampel.

Baca Juga  Khasiat Daun Salam Dapat Usir Kecoa

Sayangnya, peneliti belum bisa menjelaskan lebih lanjut kandungan zat aktif pada putri malu yang bisa memberikan efek sedatif ini.
Kurangnya penelitian sebelumnya membuat efek ini tidak dapat dijelaskan. Namun, para peneliti percaya bahwa efek sedatif ini disebabkan oleh melatonin, yang ditemukan dalam mentega berdaun.

Situs MD menjelaskan bahwa melatonin adalah hormon yang diproduksi tubuh secara alami. Melatonin sudah ada di pasaran dan paling sering digunakan oleh orang yang menderita insomnia dan gangguan tidur.

Khasiat Daun Putri Malu

Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Kesehatan Andalas menyebutkan bahwa daun kupu-kupu dapat digunakan sebagai larva herbal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakannya untuk menguji mortalitas jentik nyamuk Aedes aegypti.

Peneliti mengatakan bahwa manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan ekstrak daun ini. Sedikit Mentega Daunnya memiliki beberapa polifenol aktif.
Senyawa tersebut antara lain flavonoid, tanin, saponin dan alkaloid. Studi menemukan bahwa masing-masing senyawa ini memiliki mekanisme yang berbeda untuk membunuh larva.

Mengandung antioksidan

The Pharmacognosy Review menemukan bahwa daun kupu-kupu memiliki potensi untuk melindungi dari racun, stres oksidatif, dan kerusakan hati.
Untuk membuktikan ini, para peneliti menggunakan ekstrak daun dari putri bingung bersama dengan racun etanol pada beberapa tikus percobaan.
Akibatnya, ekstrak daun kismis meningkatkan kandungan antioksidan tikus.

Dapat mengurangi keparahan asma

Potensi manfaat lain dari Daun Putri Shameless adalah dapat digunakan sebagai pengobatan asma herbal. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Bravia. Para peneliti menggunakan tikus yang diberi ekstrak daun Shy Princess sebagai hewan model asma.
Peneliti mengatakan bahwa manfaat tanaman ini dalam mengurangi asma pada tikus dipengaruhi oleh senyawa flavonoid dalam ekstrak daun. Senyawa ini sendiri memiliki efek anti inflamasi yang menekan peradangan.

Baca Juga  Kandungan Minyak Kayu Putih Serta Manfaat Baik Bagi Kesehatan

Benarkah daun putri malu bisa meningkatkan vitalitas pria?

Produk vitalitas pria bisa Anda temukan di beberapa situs e-commerce salah satunya Shy Daughter. Apakah itu benar-benar berguna?
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di India, disebutkan bahwa putri pemalu efektif meningkatkan libido. Namun, penelitian ini menggunakan akar, bukan daun Putri Pemalu. Para peneliti melakukan tes ini pada tikus.
Para peneliti mengatakan bahwa ekstrak etanol dari akar buttermilk dapat sedikit meningkatkan aktivitas libido pada tikus normal tanpa efek samping yang merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *