Simak Penjelasan Lengkap Munculnya Bisul Dan Cara Mengobati

• Bisul, yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada folikel rambut (akar), dapat menyebabkan kemerahan dan nyeri. Bisul sering muncul di wajah, leher, ketiak dan bokong, yang sering digosok atau digaruk.

• Beberapa bahan dapat digunakan sebagai bisul alami ketika bisul masih segar atau belum matang untuk mempercepat penyembuhan, antara lain minyak pohon teh, bubuk kunyit, garam Epsom, minyak jarak atau minyak jarak, yang dioleskan di sekitar bisul.

• Anda juga bisa mengoleskan kompres panas di sekitar bisul. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi, di mana sel darah putih dan antibodi membantu melawan infeksi bisul.

• Bila bisul sudah matang (nanahnya banyak), disarankan agar nanah tidak diperas atau diperas. Karena jika salah cara, infeksi bisa menembus lebih dalam, menyebabkan bisul baru.
Siapapun yang menderita maag pasti merasakan sakit dan ketidaknyamanan. Jika demikian, Anda tidak bisa menunggu sampai matang, mendidih dan pecah, mengeluarkan nanah, maka penyembuhan akan datang.

Namun, jangan menyerah begitu saja, karena ada bisul alami yang menyebabkan bisul cepat matang dan mempercepat penyembuhan.
Perlu diingat bahwa bisul disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di folikel rambut (akar). Jika tidak diobati, bisul bisa tumbuh seukuran bola tenis, dan area di sekitar kulit biasanya menjadi merah dan lembut saat disentuh.

Bisul sering muncul di wajah, leher, ketiak dan bokong karena area tersebut sering digosok atau digaruk sehingga memudahkan masuknya bakteri atau kuman.
Berikut beberapa obat alami yang aman untuk bisul
Obat alami di bawah ini ideal untuk bisul baru atau bisul yang belum matang. Tujuannya agar bisul tidak terlalu matang, cepat matang atau hilang tanpa proses pematangan. Berikut ini bisul alami yang terbukti ampuh mempercepat penyembuhan:

Baca Juga  Pilih Gel Rambut Dengan Pertimbangkan Beberapa Hal Ini

Bubuk kunyit

Karena bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, bumbu ini juga bisa digunakan sebagai obat perebusan. Ada berbagai cara pemanfaatan kunyit sebagai obat alami bisul, seperti:

• Konsumsi – Rebus 1 sendok teh bubuk kunyit dengan air atau susu, lalu diminum 3 kali sehari saat masih panas.
• Aplikasikan – Campur bubuk kunyit dengan air dan / atau bubuk jahe untuk membuat pasta. Oleskan pasta mendidih setidaknya 2 kali sehari.
• Konsumsi dan terapkan

Minyak nimba

Minyak nimba juga memiliki sifat antiseptik, antibakteri dan antimikroba. Tak heran, minyak ini sering digunakan untuk mengobati berbagai infeksi kulit, seperti jerawat atau bisul.
Cara menggunakannya pun tidak sulit. Cukup oleskan minyak langsung ke kulit yang terkena dampak 3-4 kali sehari. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah pertunjukan.

Salep antibiotik

Ini sebenarnya bukan obat bisul alami, melainkan buatan pabrik yang bisa dibeli di apotek terdekat. Selain bisa menyembuhkan bisul dengan cepat, salep seperti Neosporin bisa mencegah penyebaran infeksi. Oleskan saja salep tersebut minimal 2 kali sehari sampai rasa perihnya hilang.

Sekarang Anda tahu atau bahkan pernah mencoba berbagai pengobatan alami untuk bisul yang disebutkan saat ini. Namun ternyata bisul tersebut masih membandel dan tidak mau pergi.
Jika demikian, maka saatnya untuk menemui dokter. Anda harus segera dites untuk infeksi kulit ini, terutama jika Anda mengalami kondisi berikut:

• Bisul terus tumbuh meski sudah menggunakan pengobatan alami.
• Bisul tidak mengecil atau hilang setelah 1 minggu pengobatan.
• Ukuran bola pingpong.
• Kulit di sekitar area ini berwarna merah cerah.
• Sensasi nyeri tak tertahankan.
• Muncul benjolan lain di sekitar bisul.
• Bisul berulang lebih sering dari sekali setiap beberapa bulan.
• Anda juga menderita diabetes.
• Jangan tunda lagi! Cari pertolongan medis darurat jika Anda mengalami salah satu gejala di atas

Baca Juga  Mudah Atasi Penciuman Yang Hilang Simak Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *