Hanya Dengan Bahan Alami Anda Bisa Hilangkan Ketombe Membandel

Kehadiran ketombe tentu sangat mengganggu dan merusak tampilan. Selain itu, ketombe dapat merusak harga diri kita karena orang memperlakukan kita dengan buruk. Maka dari itu, orang sering menggunakan cara yang berbeda untuk menghilangkan ketombe di kepala, sehingga masalah munculnya serpihan putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai dengan rasa gatal hilang.

Ketombe terjadi karena beberapa alasan. Dari kulit kepala berminyak (dermatitis seboroik), kulit kepala kering, infeksi jamur pada kulit kepala hingga psoriasis. Jika salah satu dari penyakit ini muncul di kulit kepala, Anda merasa ingin terus-menerus menggaruk kepala karena rasa gatal yang tak tertahankan.

Cuka sari apel

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami seperti cuka sari apel bisa Anda terapkan di rumah. Sifat asam cuka sari apel dikatakan membantu merangsang pelepasan sel kulit mati. Manfaat cuka sari apel untuk rambut juga dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Namun, perlu diingat bahwa metode memerangi ketombe dengan cuka sari apel ini masih perlu penelitian lebih lanjut. untuk membuktikan keefektifannya. , coba campurkan beberapa tetes cuka sari apel dengan sampo atau minyak esensial lainnya.

Minyak serai

Minyak sereh juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami Minyak sereh memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi ketombe. Menurut sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam Complementary Medicine Research, hair tonic yang mengandung 10% minyak lemon balm dapat mengurangi ketombe hingga 81% setelah 2 minggu penggunaan.

• Cara penggunaan
Anda dapat mencampur 2-3 tetes minyak sereh dengan sampo atau kondisioner biasa, lalu gosokkan ke kulit kepala dan pijat dengan lembut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas kulit kepala hingga bersih. Cara cepat dan mudah menghilangkan ketombe bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Soda kue

Siapa sangka baking soda bisa digunakan sebagai cara alami menghilangkan ketombe? Baking soda atau soda kue merupakan exfoliating agent yang dapat menghilangkan minyak dan sel kulit mati dari kulit kepala. Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang dapat melawan jamur penyebab ketombe.

Jika Anda tertarik menggunakannya sebagai pengobatan anti ketombe yang ampuh, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya. Karena baking soda dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala Anda, membuatnya kering dan teriritasi. Soda kue juga memiliki nilai pH yang tinggi, sehingga jika digunakan terlalu banyak dapat merusak kulit kepala.

• Cara menghilangkan ketombe dengan baking soda
Anda perlu membasahi rambut terlebih dahulu dengan air, lalu oleskan 2-3 sendok makan baking soda pada kulit kepala, biarkan selama 2 menit sebelum dibilas. Cara menghilangkan ketombe di kepala bisa dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Minyak zaitun

Cara menghilangkan ketombe dan gatal-gatal permanen juga bisa dilakukan dengan minyak zaitun. Cukup oleskan minyak zaitun ke kulit kepala Anda. Biarkan selama sekitar 1 jam, lalu sisir rambut Anda dengan lembut. Lakukan langkah ini secara perlahan agar rambut Anda tidak menjadi berminyak.

Garam

Cara menghilangkan ketombe secara alami dengan garam dilakukan oleh beberapa orang. Cara menghilangkan ketombe dengan garam juga dipercaya mampu menyerap lemak berlebih di kulit kepala yang terkadang menyebabkan ketombe.
Garam juga diduga memiliki sifat antijamur, sehingga dapat meminimalisir pertumbuhan jamur di kulit kepala.

• Cara menghilangkan ketombe dengan garam
Anda bisa membasahi rambut terlebih dahulu lalu taburkan garam pada kulit kepala.
Kemudian lakukan hal-hal seperti memijat kulit kepala sampai ketombe hilang. Kemudian gunakan sampo dan bilas rambut Anda seperti biasa. Selain digunakan sendiri, cara alami menghilangkan ketombe dengan garam bisa dicampur dengan bahan alami lainnya untuk meningkatkan efektivitasnya.

Misalnya cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka sari apel, lidah buaya, zaitun atau minyak kelapa. Cara menghilangkan ketombe dengan garam dan cuka sari apel Cukup campurkan sedikit garam dan beberapa tetes cuka sari apel, aduk rata hingga terbentuk pengelupasan yang kental. Oleskan dengan menggosok ke kulit kepala untuk ketombe. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *