Simak Beberapa Wisata Tawangmangu Untuk Liburan Akhir Pekan Keluarga

Tawangmangu terletak di kaki Gunung Lawu, sebelah barat wilayah Karanganjar, Jawa Tengah. Nama sub-area ini terletak 37 km sebelah timur kota Solo. Bercirikan udara sejuk dan lingkungan yang bersih, menawarkan beragam wisata di Tawangmangu yang sayang untuk dilewatkan bersama keluarga di akhir pekan.
Tempat wisata di Tawangmangu tidak hanya Air Terjun Grojogan Sewu yang terkenal. Untuk wisata keluarga Tawangmangu lainnya, lihat daftar yang dikutip di Tripadvisor.
Rekomendasi Wisata Tawangmangu

1. Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata Tawangmangu yang tidak bisa dilewati ini menjadi favorit banyak wisatawan liburan. Dari ketinggian sekitar 80 meter, air turun setiap saat dan mengalir deras.
Pengunjung harus menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai air terjun ini, menikmati suasana alam hutan yang asri dan udara yang sejuk. Selain itu, Anda akan berinteraksi dengan monyet yang masih bebas berkeliaran di sini dan masih diawasi oleh pelatih. Wisatawan domestik bisa membayar 20.000 untuk tiket masuk dan menjelajahi pesona wisata alam ini.

2. Kebun Teh Kemuning

Wisata Tawangmangu ini cocok bagi pecinta sejuknya pegunungan. Perkebunan Teh Cumining benar-benar merupakan daerah pegunungan dan harus diakses menanjak. Hamparan kebun teh hijau yang tak berujung di bawah lereng Gunung Lau sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas harian Anda.

3. Bukit Sekipan Tawangmangu

Destinasi wisata Instagram ini cocok untuk keluarga dan anak muda. Ada berbagai atraksi permainan menarik yang cocok untuk spot foto keren. Ini termasuk miniatur ikon dunia, miniatur kapal Titanic, jembatan ayun, rumah tradisional, perosotan mini, dan daerah terpencil.
Ada juga tempat menginap yang disediakan dengan berbagai pilihan. Pengunjung membayar tiket sebesar 50.000 rupiah dan belum termasuk tiket atraksi.

4. Lawu Park

Wisata alam di Tawangmangu merepresentasikan keindahan hutan pinus dan atraksinya yang menarik. Pengunjung dapat menikmati berkemah, flying fox, sepeda quad dan petualangan SUV dan jalan setapak. Daya tarik Lowe Park tentunya tak lepas dari photozones yang berlatar belakang pemandangan pegunungan yang sejuk dan hutan pinus.
Lavu Park dilengkapi dengan mushola, toilet, tempat parkir, restoran dan akomodasi. 10.000 Rs dikenakan untuk pengunjung. untuk anak-anak dan Rp 20.000 untuk orang dewasa. Namun, biaya masuk tersebut belum termasuk biaya ikut serta dalam wahana tersebut.

5. Bukit Mongrang

Bukit Mongkrang cocok untuk pendaki gunung pemula. Letaknya di sebelah selatan Gunung Lau, di Desa Gondosuli, Tawangmangu. Ada potongan rumput liar yang cocok sebagai tempat untuk fotografi.
Pengunjung bisa mendirikan tenda dan menyaksikan matahari terbit di pagi hari. Tiket masuknya seharga 10 ribu rupee dan 15 ribu rupee jika kamu pergi hiking.

6. Bukit Sakura

Resort ini mengusung konsep Sakura Earth dengan suasana Gunung Lau. Pengunjung akan menikmati pemandangan sakura yang indah dengan latar belakang Gunung Lau dan dilengkapi dengan struktur khas Jepang seperti taman Jepang, kebun sakura, super camp, dan kanopi hutan.
Pengunjung bisa berfoto di berbagai tempat menarik. Selain itu, pengunjung bisa naik jeep menuju Sakura Hills dan juga menginap di Sakura Hills.

7. Rumah Indonesia Atsiri

Destinasi wisata menarik di Tawangmangu ini merupakan hasil pemugaran pabrik Citronella Indonesia Bulgaria. Pengunjung akan berkenalan dengan Fragrant Garden yang penuh dengan jenis bunga yang menarik.
Ada juga museum minyak atsiri, yang berisi semua informasi tentang minyak atsiri. Pengunjung dapat membeli makanan lezat, toko parfum dan berpartisipasi dalam lokakarya.
Dengan biaya masuk Rp 50.000 per orang, pengunjung dapat mengikuti wisata edukasi gratis ke rumah Akiri Indonesia ini.

8. Kedung Shriti

Kedung Shriti merupakan air terjun yang masih mempertahankan keindahannya. Tempat wisata ini tingginya sekitar 10 meter dan memiliki aliran air yang bersih. Tempatnya berada di antara Desa Punkot, Desa Kalisoro dan Desa Platar, Desa Tengklik, Kecamatan Tawangmangu.
Untuk mencapai air terjun, wisatawan disarankan untuk berhati-hati karena mengikuti jalur yang melewati jurang. Selalu menjaga Kedung Shriti bersih dan stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *