5 Cara Mudah Membuat Nasi Tumpeng Dengan Hiasan Menarik

Nah, cara penyajian ini khas untuk orang Jawa Barat atau Betawa asal Jawa, dan biasanya mereka lakukan saat perayaan acara penting atau kenduri. Orang Indonesia biasanya menyiapkan nasi tumpeng saat perayaan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Indonesia. Tidak jarang ada lomba hias tumoeng hampir di seluruh wilayah Indonesia, biasanya diikuti oleh ibu-ibu PKK setempat. Nah, kegiatan ini adalah tempat dimana kamu bisa menunjukkan kemampuanmu dalam menghias tumpeng dengan cara yang berbeda.

Nah, mendekorasi kerucut ini bisa sedikit rumit. Tapi tidak seburuk yang Anda pikirkan. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa bahan herbal dan sedikit kesabaran. Anda akan merasa senang setelah berhasil membuat berbagai dekorasi cantik dan menarik untuk kerucut ini. Yuk, intip cara mudah menghias tumpeng dengan wortel, buncis, cabai, tomat, mentimun, sayur, daun panda, dan telur, yang diadona ulas di bawah ini.
Nasi tamping hampir selalu dijadikan sajian istimewa pada acara-acara khusus. Nasi tumpeng yang disajikan dengan lauk pauk spesial ini juga mendapat sentuhan akhir yang istimewa agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

Moms bisa membuat hiasan nasi tampon sendiri dengan menggunakan berbagai sayuran di dapur. Berikut cara mudah membuat lauk nasi sayur yang bisa Anda coba di rumah.

Mawar tomat

Anda bisa mengubah tomat bulat menjadi mawar yang indah. Sebelum mengolah tomat dalam garnish rice cone, siapkan pisau kecil yang tajam. Kupas labu, parut dan peras jusnya. Hati-hati jangan sampai kulit tomat terpotong. Setelah itu, bungkus kulit tomat untuk mendapatkan bunga mawar yang mekar. Atur kelopak mawar di sekitar nasi tampon.

Kelopak bunga cabai

Pilih cabai merah yang besar dan panjang. Jangan buang pohonnya, Bu. Pertama, potong cabai merah menjadi dua bagian. Jangan memotong bagian bawah cabai merah dengan gunting sampai patah. Potong sisi lainnya lagi, secara bergantian. Ulangi sampai kelopak bunga terbentuk. Agar lebih cantik, Anda harus membuang biji dan bulu dari cabai sampai bersih. Ada baiknya, sebelum mengolah cabai, Bunda terlebih dahulu merendam cabai dalam es atau air es agar bunga cabai terlihat cantik dan mekar.

Daun mentimun

Mentimun sering digunakan sebagai lauk untuk semua jenis masakan. Biasanya disajikan hanya diiris atau dipotong dadu. Namun untuk menghias nasi tamping, Anda bisa berkreasi dan membuat kelopak bunga timun agar terlihat lebih istimewa.
Siapkan pisau kecil yang tajam. Pilih mentimun yang cukup besar dan halus, lalu potong menjadi dua sejajar satu sama lain. Buat daunnya dengan memotong mentimun menjadi irisan tipis. Sesuaikan ketipisan potongan secara berkala dan teratur. Potong dekat dengan bagian bawah mentimun. Jangan turun terlalu rendah karena Anda perlu menjaga kelopak tetap utuh.
Sebagai sentuhan terakhir, keluarkan biji mentimun dengan pisau, lalu potong bagian bawah tipis-tipis agar mentimun berdiri. Untuk lebih manis, tambahkan sayuran kecil di tengah mentimun. Anda bisa menggunakan wortel cincang halus atau tomat ceri.

Bunga aster wortel

Siapkan wortel besar dan lebar. Pertama, potong wortel menjadi irisan. Setelah itu, gunakan cetakan kue bunga untuk membuat pola. Berikan sentuhan ekstra dengan memotong bagian tengah wortel dengan pisau agar terlihat seperti bunga aster.

Pagar kacang panjang

Selain daun pisang, Anda bisa menghias di sekitar mesin pemenang dengan membuat pagar dari kacang panjang. Pertama buat pola kacang panjang, ditusuk dengan tusuk gigi di sepanjang tepi kipas. Setelah itu, bungkus dengan kacang panjang, bergantian dengan sisi kanan dan sisi salah, membentuk kepang dan seterusnya sampai Anda mendapatkan pagar yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *