Ide Mendekorasi Nasi Tumpeng Agar Lebih Unik

Siapa yang tidak tahu nasi tumpeng atau tampon? Ya benar sekali. Nasi tampeng merupakan salah satu cara penyajian nasi yang sengaja di bentuk tumpeng dengan lebih banyak olahan lauk pauknya. Nasi tumpeng ini biasanya menggunakan nasi kuning, namun ada juga yang menggunakan nasi putih biasa dan nasi yang dibumbui dengan rasa khas nasi uduk. Bahkan ada yang menyajikan nasi tumpeng dengan kreasi merah dan beberapa kreasi warna unik lainnya.

Nah, cara penyajian ini khas untuk orang Jawa Barat atau Betawa asal Jawa, dan biasanya mereka lakukan saat perayaan acara penting atau kenduri. Orang Indonesia biasanya menyiapkan nasi tumpeng saat perayaan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Indonesia. Tidak jarang ada lomba hias tumoeng hampir di seluruh wilayah Indonesia, biasanya diikuti oleh ibu-ibu PKK setempat. Nah, kegiatan ini adalah tempat dimana kamu bisa menunjukkan kemampuanmu dalam menghias tumpeng dengan cara yang berbeda.

Biasanya tumpeng dibuat meriah dengan dekorasi yang menarik. Anda bisa menggunakan hiasan sayuran alami, seperti mentimun, lobak, sawi atau tomat, yang tersedia dalam berbagai bentuk yang unik.
Nah, agar tumpeng terlihat lebih menarik, kamu bisa menambahkan berbagai hiasan dari sayuran berikut ini!

1. Kelopak mawar kulit tomat

Untuk membuat mawar dari kulit tomat, pastikan tomat dicuci bersih. Setelah itu, kupas kulit tomat dengan pisau secara melingkar hingga menjadi daun yang tipis.
Yang terbaik adalah menggunakan pisau tajam dan tidak memotongnya. Kemudian lipat kulit tomat hingga membentuk bunga mawar. Anda dapat mengaturnya di sekitar kerucut.

2. Bunga mawar wortel

Kupas wortel, parut dan potong-potong. Setelah itu, rendam dalam air asin selama 5-10 menit untuk mengupas wortel. Setelah direndam, tiriskan airnya dan keringkan wortel dengan tisu. Atur potongan wortel memanjang, lalu gulung perlahan ke dalam dari ujung ke ujung.
Tusuk tongkat di depan ke belakang, lalu tusuk sisi kanan dengan kiri. Setelah itu, buka kelopaknya satu per satu untuk membuat bunga mekar.

3. Daun cabai merah

Untuk membuat kelopak bunga yang indah, gunakan cabai merah besar panjang. Sebaiknya pilih cabai yang masih memiliki batang lalu bagi menjadi dua bagian.
Setelah itu, dengan ujung pisau, sobek cabai dari bawah ke atas sampai berhenti, tetapi jangan sampai pecah. Potong sisi lainnya satu per satu.
Ulangi sampai kelopak bunga terbentuk. Sedangkan untuk bijinya, Anda bisa membuangnya dengan cara mencelupkannya sedikit ke dalam air agar lebih cantik.

4. Bunga mentimun

Pertama, cuci mentimun sampai bersih. Setelah itu kita potong menjadi dua bagian. Kemudian buat irisan tipis dari atas ke bawah mentimun.
Kemudian bagi menjadi kelopak bunga. Potong bagian tengah biji mentimun. Terakhir, sempurnakan bentuk kelopak dengan memotongnya secara diagonal.

5. Kipas dari mentimun

Setelah mentimun dikupas, potong memanjang menjadi dua bagian. Ambil sepotong mentimun, lalu kupas sebagian kecil permukaan kulitnya. Kemudian potong halus pada suatu sudut.
Kemudian ambil mentimun yang sudah diiris, susun menjadi satu dan potong menjadi dua bagian. Terakhir, kembangkan potongan untuk membentuk kipas.

6. Bunga lobak

Siapkan lobak yang sudah dikupas. Setelah itu, kerok bagian atas lobak dengan pisau kecil tanpa merobeknya. Potong bagian dasarnya, lalu keluarkan dari lobak.
Kemudian rendam selama beberapa menit agar tetap segar. Lakukan hal yang sama sampai lobak habis. Kemudian keringkan bunga lobak lalu cat bagian tengah bunga dengan pewarna makanan pilihan Anda.

7. Bunga dari Pako

Siapkan bungkusan yang sudah dikupas, lalu potong bagian bawah batangnya. Karena bentuknya seperti kuncup bunga setelah dipotong, potong saja untuk membuat kelopak bunga yang indah.
Lakukan ini mulai dari lapisan luar hingga lapisan dalam batang. Setelah selesai, sebarkan setiap kelopak hingga menjadi bunga.
Berikut adalah ide cara membuat hiasan tumpeng yang unik dan menarik. Sudah siap membuat tumpeng untuk Hari Kemerdekaan nanti, ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *