Lakukan Tips Ini Agar Tumpeng Terlihat Lebih Menarik

Sebagai orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan tumpeng. Yuk, coba bikin dekorasi rumah dari kerucut dengan tanganmu sendiri. Ibu mungkin membutuhkan hidangan ini untuk liburan bersama orang terkasih.
dekorasi tumpeng
Nah, jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut beberapa ide menghias tumpeng dan cara membuatnya.

1. Cabai atau merica

Ada banyak bahan di dapur yang bisa dijadikan lauk dengan tumpeng. Salah satunya adalah cabai dan paprika.
Moms bisa mengubah cabai atau paprika merah cerah ini menjadi hiasan tumpeng yang menarik.
Jalannya tidak begitu sulit, lho. Yang harus Anda lakukan adalah memotong cabai atau merica secara vertikal dengan pisau atau gunting dapur.
Kemudian buang biji cabai atau lada agar mudah membentuk kelopak bunga. Saat membentuk bunga dari mereka, Anda perlu melipat setiap potongan cabai atau merica.
Kemudian rendam dalam air dingin atau es selama beberapa jam atau semalaman sampai bunga cabai atau merica yang Anda buat mekar sempurna.

2. Mentimun

Nutrisi selanjutnya yang dapat digunakan sebagai hiasan untuk tumpeng adalah mentimun, yang dapat digunakan sebagai bunga. Selain menyiapkan timun sebagai bahan, ibu-ibu juga membutuhkan alat pengupas sayur khusus.
Trik: Potong mentimun menjadi 6 irisan tipis dengan pisau.
Selanjutnya buat lubang pada 1 irisan mentimun di tengahnya. Potongan mentimun ini akan membentuk bagian bawah bunga.
Kemudian Anda perlu melipat 5 irisan mentimun lagi agar terlihat seperti kelopak bunga. Kemudian letakkan gulungan kelopak bunga di tengah lubang mentimun yang telah Anda buat terlebih dahulu.

3. Tomat

Hiasan tumpeng juga bisa dibuat dari tomat, bu. Moms bisa membuat mawar tomat merah yang cantik.
Untuk membuat hiasan di atas tumpeng ini, ibu-ibu hanya membutuhkan tomat dan pisau potong. Namun, pastikan pisau yang Anda gunakan tajam, ya.
Pertama, potong bagian bawah tomat, lalu potong kulit tomat menjadi lingkaran dengan aksen bergelombang. Cobalah untuk tidak merusak kulit.
Kedua, perlahan-lahan balikkan kulit tomat yang sudah dikupas menjadi spiral. Pastikan kulitnya di luar dan dagingnya di dalam.
Para ibu kemudian dapat menempatkan gulungan kulit tomat di bagian bawah kulit tomat sebagai alas. Anda kemudian dapat menyesuaikan kelopak bunga dari kulit tomat dengan mengencangkan atau mengendurkan gulungan dengan hati-hati.

4. Wortel

Wortel memiliki warna oranye yang indah, sehingga cocok sebagai hiasan untuk tumping. Tekstur yang cukup kental dan padat akan lebih mudah dibentuk.
Ibu wortel bisa membuat lampiran dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah bentuk bunga wortel.
Setelah ibu membersihkan kulit luar dan membersihkannya. Cobalah untuk memotong tepi wortel 1-1,5 cm beberapa kali untuk mendapatkan efek kelopak bunga.
Jika ini terlalu sulit, Anda bisa menggunakan pisau khusus untuk membuat wortel terlihat seperti bunga.
Para ibu kemudian dapat memotong wortel di atasnya. Irisan wortel akan berbentuk bulat dan akan terlihat seperti bunga matahari yang cantik.
Selain itu, ibu-ibu bisa membuat hiasan roset dari wortel. Caranya adalah dengan memotong wortel menjadi 4 bagian. Dengan 3 bagian super tipis dan 1 bagian sedikit lebih tebal.
Buat potongan melintang di tengah potongan wortel yang lebih tebal. Potongan yang lebih tebal adalah dasar untuk bunga.
Kemudian gulung irisan tipis wortel menjadi kelopak bunga.
Letakkan irisan wortel gulung di atas potongan wortel yang tebal dengan lubang di tengahnya. Mawar wortel siap menghiasi kerucut.

5. Kacang panjang

Untuk membuat tumpeng yang Anda buat semakin menarik, cobalah membuat garnish dengan kacang panjang. Moms bisa menciptakan efek “pagar” di sekitar kerucut menggunakan bob panjang ini.
Ini sangat mudah. Moms hanya perlu membuang ujung kacang panjangnya saja. Kemudian bilas biji-bijian yang panjang sampai bersih.
Setelah itu, pasang manik-manik panjang di sekitar kerucut dan kencangkan dengan tongkat. Untuk menyiapkannya, ibu mungkin membutuhkan beberapa potong kacang hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *