Simak Cara Membuat Hiasan Nasi Tumpeng Lebih Menarik

Tumpeng identik dengan nasi kuning yang sarat dengan hiasan menarik. Anda juga bisa melakukannya. Ayo berkreasi dalam mendekorasi kerucut selanjutnya!
Siapa yang tidak tahu nasi tumpeng atau tampon? Ya benar sekali. Nasi tumpeng merupakan salah satu cara penyajian nasi yang sengaja di bentuk tumpeng dengan lebih banyak olahan lauk pauknya. Nasi tumpen ini biasanya menggunakan nasi kuning, namun ada juga yang menggunakan nasi putih biasa dan nasi yang dibumbui dengan rasa khas nasi uduk. Bahkan ada yang menyajikan nasi tumpeng dengan kreasi merah dan beberapa kreasi warna unik lainnya.

Nah, cara penyajian ini khas untuk orang Jawa Barat atau Betawa asal Jawa, dan biasanya mereka lakukan saat perayaan acara penting atau kenduri. Orang Indonesia biasanya menyiapkan nasi tumpeng saat perayaan 17 Agustus atau Hari Kemerdekaan Indonesia. Tidak jarang ada lomba hias tumoeng hampir di seluruh wilayah Indonesia, biasanya diikuti oleh ibu-ibu PKK setempat. Nah, kegiatan ini adalah tempat dimana kamu bisa menunjukkan kemampuanmu dalam menghias tumpeng dengan cara yang berbeda.

Nah, mendekorasi kerucut ini bisa sedikit rumit. Tapi tidak seburuk yang Anda pikirkan. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa bahan herbal dan sedikit kesabaran. Anda akan merasa senang setelah berhasil membuat berbagai dekorasi cantik dan menarik untuk kerucut ini. Yuk, intip cara mudah menghias tumpeng dengan wortel, buncis, cabai, tomat, mentimun, sayur, daun panda, dan telur, yang diadona ulas di bawah ini. Semoga berhasil!

Cara membuat hiasan tumpeng wortel

Dengan bantuan pisau sederhana di rumah, Anda bisa membuat hiasan berbentuk bunga mawar dari wortel. Cara membuat hiasan tumpeng wortel sangat sederhana. Berikut langkah-langkahnya:
1. Wortel yang sudah dikupas dan dikupas dipotong menjadi irisan bulat tipis.
2. Rendam potongan dalam air asin agar lunak.
3. Keringkan dengan handuk kertas, pilih wortel yang bagus.
4. Potongan wortel dibentangkan memanjang dan saling bersentuhan. Diperlukan sekitar 15-20 wortel panjangnya.
5. Gulung potongan wortel tegak terlebih dahulu.
6. Jika sudah menggulung, tusuk salah satu ujungnya dengan tusuk gigi.
7. Terakhir, potong gulungan untuk mendapatkan bunga mawar.

Cara membuat hiasan kacang panjang dari tumpeng

Bahan kacang panjang ini bisa Anda manfaatkan untuk menghias tampa sebagai tempat atau wadah agar terlihat lebih menarik dan segar. Nah, dalam dekorasi seperti itu, hasil akhirnya akan terlihat seperti pagar. Cara membuat tumpeng hiasan dari kacang panjang sangat sederhana. Mari kita lihat langkah-langkah berikut.
1. Anda perlu menyiapkan kipas berbentuk bulat, styrofoam bulat yang bentuknya seperti wadah berisi anggur, kacang panjang, daun pisang berbentuk segitiga dan tusuk gigi atau stik yang kuat dengan ujung runcing dengan ukuran yang sama.
2. Letakkan styrofoam di atas kipas angin, lalu letakkan daun pisang berbentuk segitiga di sekeliling tepi kipas, ikat dengan tusuk gigi atau stik yang kuat di antara daunnya. Tusuk gigi atau tusuk gigi harus mengenai dasar busa di bawah daun pisang.
3. Potong manik-manik panjang sesuai dengan panjang tongkat yang menempel di styrofoam saat menang. Tutupi semua batang dengan kacang panjang.
4. Jika sudah. Ambil kacang panjang. Gulung secara bergantian dengan arah mendatar dan bergantian hingga batang tinggi dan tidak membentuk pagar.

Cara membuat hiasan tumpeng dari cabai

Hiasan tumpeng selanjutnya bisa dibuat dari bahan cabai merah. Kamu harus memilih cabai yang benar-benar enak ya… supaya hiasan tamponnya lebih menarik. Simak langkah-langkah sederhananya di bawah ini.
1. Cuci cabai merah yang masih memiliki batang hijau.
2. Pisahkan bagian merah cabai dengan hati-hati dari batang dan bijinya, potong bagian merah ini menjadi bentuk hati. Juga, cobalah untuk tidak merusak batang dan bijinya, oke?
3. Setelah bagian merah berbentuk hati, buat lubang di tengah ujungnya.
4. Terakhir, letakkan potongan merah berbentuk hati ini pada batang dan bijinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *