Kronologi Dan Fakta Fakta Gugurnya Prajurit TNI Terhadap KKB

Tiga anggota TNI tewas dan satu kritis terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bukit Tepuk, Desa Jenggernok, Kecamatan Gome, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (27 Januari 2022). Kepala Bagian Penerangan Kodam (Kappendam) XVII / Senderavasih Kol. inf. Aksa mengatakan para korban dievakuasi dengan helikopter ke Timika, Kabupaten Mimika.
Berikut 7 fakta 3 anggota TNI tewas dan satu ditembak mati oleh KKB di wilayah Puncak Papua:

1. Kronologi kejadian

Kappendam XVII/Cenderawasih, lapor kelompok teroris Achaemenid Desa Gongerenstrik Kabupaten Punjak, Penembakan berlanjut hingga penembakan berlanjut. Menurut Aksa, KKB lebih dulu menyerang pos pemeriksaan TNI yang berujung baku tembak. Satker Yonif Pamtas R 408/SBH masih melakukan persiapan puasa Gomez dan saat ini sedang mengevakuasi para korban.

2. Identitas Tiga Anggota TNI

Tewas Jumlah prajurit TNI yang tewas dalam baku tembak dengan Armed Crime Group (ARC) di Goma, Kabupaten Punjak, Papua bertambah satu pada Kamis (27 Januari 2022). Jumlah korban kekerasan KKB adalah tiga orang. Tiga anggota TNI yang tewas adalah Serda Rizal, Pratu Baraza dan Pratu Rahman. “Benar ada tentara lain yang tewas sekitar satu jam yang lalu, dan penembakan dilaporkan berlanjut. Pratu Rahman dilaporkan tewas dalam baku tembak di Goma sekitar pukul 10.00 WIB,” kata Komandan Korem (Danrem) 173/. Brigjen PVB Taufan Gestoro .

3. Tiga anggota (TNI) gugur dari Satgas Pamravan

Tiga korban adalah anggota Batalyon R 408/SBH, bagian dari kelompok kerja keamanan di daerah sensitif. Sejauh ini, Batalyon Pamtas Mobile R 408/SBH telah mempersiapkan puasa Gomez dan saat ini sedang mengevakuasi satu korban.

4. Pratu Baraza di tembak di bagian atas kemaluan

Salah satu prajurit TNI yang tewas dalam baku tembak di Kabupaten Gome, Kabupaten Punchak, Papua pada Kamis (27 Januari 2022) adalah Prajurit Baraza. Dia dievakuasi ke Ilga Medical Center, tetapi nyawanya tidak bisa diselamatkan. Menurut informasi yang diterima, Pratu Baraza ditembak di bawah perut, di atas alat kelamin. Namun, setelah mendapat perawatan medis, nyawanya tak terselamatkan hingga ia meninggal dunia. “Pratu Baraza yang tertembak di bagian perut setelah dirawat di Ilaga Medical Center, tidak terselamatkan dan meninggal dunia,” kata Kappendam XVII/Sendervasih, Kolonel Infanteri Aksha Erlanga.

5. Jenazah tiga anggota TNI dievakuasi ke Timika

Jenazah tiga tentara ditembak mati oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)

di Goma, Kabupaten Punchak, Papua, Kamis (27 Januari 2022). Jenazahnya saat ini berada di Timika. Komandan Korem (Danrem) 173/PVB Brigjen Taufan Gestoro mengatakan jenazah tiga prajurit yang tewas di Batalyon 408/SBH: Serda Rizal, Prada Baraza dan Pratu Rahman. “Tiga jenazah memang dievakuasi dengan helikopter Caracal ke TNI AU dan tiba di Timika,” kata Taufan Gestoro di Papua, Kamis (27 Januari 2022).

6. Kepala Staf Umum Dudung akan memimpin upacara pemakaman Serda Rizal

Jenazah Prajurit TNI Serda Rizal akan dimakamkan di Bandung, Jawa Barat pada Jumat (27 Januari 2022). Pemakaman akan dipimpin oleh seorang pria militer yang dipimpin oleh Kepala Staf Umum Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Dudung Abdurahman. Brigjen Kadispanad Tatang Subarna mengatakan, TNI AD berduka atas meninggalnya tiga anggota Satgas Kodim YR 408/Sbh saat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan Gome, Punchak, Papua, Kamis (27) . / 1/2022). Tiga prajurit yang tewas itu adalah Sersan M. Rizal Maulana Arifin, Prajurit Tupel Aloman Baraza, dan Prajurit Rahman Tomilava. Sementara seorang tentara lainnya mendapat luka tembak bernama Pratu syaiful. Jendral KSAD TNI Dudung Abdurahman akan langsung memimpin pemakaman Serda M. “Rizal Maulana Arifin, salah satu korban penembakan di Bandung,” kata Tatang di Jakarta, Kamis (27 Januari 2022).

7. Panglima TNI Jenderal Andika langsung ke Papua

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa segera berangkat ke Papua. Ini menyusul penyerangan pos TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di wilayah Punchak Papua pada Kamis pagi (27/12022).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *