Ketahui Jenis Madu Hitam Yang Punya Banyak Manfaat

Meski madu hitam kurang populer, namun baik untuk kesehatan tubuh. Madu hitam merupakan jenis madu yang berasal dari nektar bunga mahoni, sehingga warnanya cukup gelap dan lebih pekat. Selain mahoni, lebah madu mengkonsumsi nektar bunga Paitan, Kaliandra dan bunga singkong.
Jenis madu ini juga memiliki rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa yang biasanya manis. Rasa pahitnya berasal dari senyawa alkaloid yang biasa ditemukan pada mahoni.

Meski memiliki rasa pahit, rasa yang berasal dari senyawa alkaloid ini memiliki banyak khasiat yang bisa Anda dapatkan dari madu hitam. Madu hitam juga mengandung manfaat kesehatan lainnya seperti saponin dan flavonoid.
Senyawa ini bermanfaat dari madu hitam pahit untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat madu hitam pahit untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18 Mei 2021).

Nilai gizi madu hitam

Nilai gizi yang terdapat dalam 100 gram madu hitam yang Anda konsumsi mengandung:
Ini memiliki 20 gram air
2. Kalori 294 kkal
Ini memiliki 0,3 gram protein
4. Memiliki 0,0 gram lemak
5. Karbohidrat 79,5 gram
6. Serat mengandung 0,2 gram
7. Kalsium – 5 miligram
8. Fosfor 16 miligram
9. Besi – 0,9 miligram.
10. Berikan 6 miligram sodium
11. Kalium mengandung 26,9 miligram.
12. Tembaga mengandung 0,04 miligram.

Manfaat madu hitam untuk kesehatan tubuh

1. Menjaga daya tahan tubuh
Khasiat pertama madu hitam adalah dapat meningkatkan kondisi. Daya tahan sangat penting karena melibatkan aktivitas sehari-hari. Penggunaan madu hitam secara teratur dipercaya dapat membuat tubuh lebih bertenaga dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Mengatasi kesulitan bernafas
Manfaat madu hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah mengatasi gangguan pernapasan. Sifat anti-inflamasi madu hitam dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Selain itu, madu hitam dapat bermanfaat sebagai bahan alami untuk membersihkan paru-paru dari berbagai patogen. Akibatnya, saluran udara akan berfungsi lebih optimal. Selain itu, madu hitam baik untuk penderita asma.

3. Mengatasi gangguan pencernaan
Manfaat madu hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan. Madu hitam dipercaya dapat menetralkan kadar asam dalam lambung, sehingga jika mengonsumsi makanan asam atau pedas, perut tetap terlindungi dengan meminum madu hitam secara rutin. Selain itu, konsumsi madu hitam secara teratur membantu mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan lambung seperti gastritis, gangguan lambung dan masalah pencernaan lainnya.

4. Menurunkan kadar asam urat
Manfaat madu hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah baik untuk penderita radang sendi dan nyeri sendi di tubuh, khususnya asam urat. Tanda-tanda seseorang terkena asam urat antara lain gejala nyeri sendi, pembengkakan yang membuat penderita sulit bergerak. Gunakan madu hitam secara rutin agar kadar asam urat Anda kembali normal.

5. Menurunkan kolesterol
Manfaat madu hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah dipercaya bahwa madu hitam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Secara khusus, sifat penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. Konsumsi madu hitam secara rutin dipercaya dapat menurunkan atau menetralisir kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah penyakit berbahaya tersebut.

6. Menurunkan gula darah
Manfaat madu hitam untuk kesehatan selanjutnya adalah madu hitam dapat dipercaya sebagai obat untuk menurunkan kadar gula darah. Inilah sebabnya mengapa madu hitam sangat baik untuk penderita diabetes. Diketahui juga kandungan gula madu hitam lebih rendah dari madu biasa. Oleh karena itu, madu hitam dipercaya sangat bermanfaat dalam menurunkan gula darah karena kandungan gulanya yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *