Lengkapi Kebutuhan Tubuh Anda Dengan Minum Air Putih 8 Gelas Per Hari

Untuk orang dewasa, 2 liter air atau 8 gelas air per hari adalah wajib untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Hidrasi adalah keseimbangan cairan dalam tubuh, yang merupakan kondisi penting untuk memastikan fungsi metabolisme sel-sel tubuh tetap berfungsi.
Saat tubuh kekurangan cairan atau yang biasa disebut dehidrasi. Dehidrasi dapat mempengaruhi kinerja fisik dan mental dan berperan penting dalam kelelahan, bahkan dapat menyebabkan sakit kepala dan kram otot.
Selain itu, lima alasan yang dijelaskan DetikHealth pada Kamis (7/9/2017) mengharuskan setiap orang membutuhkan tubuh untuk mengisi kembali air.

Berikut pentingnya minum air putih 2 liter 1 hari

1. Mendetoksifikasi tubuh
Air dapat mendetoksifikasi racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin atau keringat. Tak hanya itu, minum air putih yang cukup juga dapat mengurangi kembung dan merangsang enzim yang mengatur saluran pencernaan.
Air menetralkan racun yang dikeluarkan oleh urin atau keringat.

2. Meningkatkan nafsu makan dan produktivitas
Minumlah segelas air sebelum sarapan untuk meningkatkan nafsu makan dan mempercepat metabolisme. Selain itu, air dapat mengaktifkan sel darah merah, yang mengakibatkan peningkatan kadar oksigen dalam darah, membuat Anda berenergi sepanjang hari.
Minum air putih juga dapat meningkatkan nafsu makan dan produktivitas.

3. Menurunkan berat badan
Air dipercaya dapat menurunkan berat badan jika dilakukan dengan cara yang benar. Penelitian dari University of Birmingham pada tahun 2015 menunjukkan bahwa salah satu cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan minum setengah liter air setengah jam sebelum makan.
Minum air secara teratur dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Baca Juga  Ketahui Berapa Kadar Gula Darah Tinggi Dan Rendah

4. Menghilangkan sakit kepala
Air dapat membantu mencegah dehidrasi dan secara alami mencegah sakit kepala. Ini juga mencegah bau mulut dan infeksi mulut.

5. Menghaluskan dan menyembuhkan kulit
Minum air yang cukup dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan. Racun dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan, menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat. Minum air dapat menghilangkan racun ini dan akhirnya membuat kulit Anda halus dan berminyak.

6. Mencegah sembelit
Bahkan, kekurangan air bisa membuat kita kesulitan untuk kabur, di sini.
Soalnya, serat membutuhkan air untuk dicerna di usus.
Oleh karena itu, minum air putih 2 liter sehari akan sangat memperlancar pencernaan.
Bagaimana? Jadi, apakah Anda tertarik untuk minum air putih 2 liter sehari?
Siapa tahu masalah kesehatan Anda bisa disembuhkan dengan cara alami.
Yuk, jaga tubuh tetap terhidrasi mulai sekarang.

7. Mencegah batu ginjal
Kekurangan air dapat menyebabkan penebalan darah dan penumpukan mineral di ginjal. Deposito ini kemudian ditransfer ke Niersteng. Penyerapan air yang cukup dapat mempercepat pembuangan produk sisa metabolisme yang diekskresikan dalam urin.

Aturan yang tepat untuk minum air putih

Anda mungkin sudah terbiasa mendengar anjuran untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari. Aturannya tidak persis seperti itu, lho. Lantas, air minum seperti apa yang harus dipantau untuk menjaga kesehatan tubuh?

1. Kebutuhan air putih tidak 8 gelas per hari
Tidak banyak orang yang menyadari bahwa minum air putih minimal 8 gelas sehari tidak memiliki bukti ilmiah yang kuat. Menurut Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine, pedoman minum air putih yang benar adalah 2,7 liter per hari untuk wanita, yang setara dengan 11,5 gelas air putih. Sedangkan kebutuhan air minum per hari untuk pria adalah 3,7 liter air atau setara dengan 15,5 gelas air per hari.

Baca Juga  Khasiat Meminum Rebusan Daun Pandan Dan Cara Mengolahnya

2. Minum air setelah bangun tidur
Maka dianjurkan untuk minum air putih 1-2 gelas setiap hari setelah bangun tidur. Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu meringankan kehilangan cairan saat Anda tidur selama 7-8 jam.Selain itu, minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu mengeluarkan proses metabolisme tubuh dan racun dari dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *