Simak Pentingnya Minum Air Putih 2 Liter Per Hari

Manfaat minum air putih 2 liter per hari sepertinya tidak bisa dianggap remeh. Hal ini dikarenakan banyaknya air yang masuk ke dalam tubuh sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan.
Oleh karena itu, para ahli kesehatan menganjurkan agar setiap lapisan masyarakat mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari.
Hal ini tidak hanya terkait dengan kesehatan ginjal, tetapi juga dengan kesehatan bagian tubuh lainnya.
Nah, mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya mengapa kita perlu minum air putih 2 liter sehari dan apa manfaatnya?
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa manfaat minum air putih 2 liter per hari yang perlu Anda ketahui.
Manfaat minum air putih 2 liter per hari
Manfaat minum air putih 2 liter per hari sangat banyak dan beragam. Jadi, tentu sayang sekali jika kamu melewatkannya bukan?
Oleh karena itu, bagi Anda yang saat ini merasa kurang mengonsumsi air, mari kita ubah kebiasaan ini untuk tubuh yang lebih sehat.

1. Jaga kesehatan kulit Anda

Manfaat pertama dari minum air putih 2 liter sehari adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Saat tubuh mengalami dehidrasi, otomatis kulit akan menjadi lebih kering dan berkerut, dan Anda juga bisa mengalami dehidrasi.

2. Mendetoksifikasi tubuh

Manfaat minum air putih 2 liter keesokan harinya adalah detoksifikasi tubuh. Air dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urin atau keringat.
Tak hanya itu, minum air putih yang cukup juga dapat mengurangi kembung dan merangsang enzim yang mengatur saluran pencernaan.

Baca Juga  Mengenal Lalat Tse, Serangga Berbahaya di Balik Penyakit Tidur (Sleeping Sickness)

3. Membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Sebanyak 60 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Dengan demikian, keberadaan cairan tubuh memegang peranan yang sangat penting dalam berbagai proses yang berlangsung di dalam tubuh, seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, peredaran darah, pemeliharaan suhu tubuh.

4. Meningkatkan nafsu makan dan produktivitas

Manfaat minum air putih 2 liter keesokan harinya adalah meningkatkan nafsu makan dan produktivitas.
Sesaat sebelum sarapan, cobalah minum segelas air putih untuk meningkatkan nafsu makan dan metabolisme Anda.
Selain itu, air dapat mengaktifkan sel darah merah, yang menyebabkan peningkatan kadar oksigen dalam darah, yang mendukung tubuh sepanjang hari.

5. Baik untuk sistem peredaran darah

Cairan sangat penting untuk kelancaran peredaran darah dalam tubuh. Karena 90 persen darah dalam tubuh kita adalah air.
Tidak hanya itu, dengan bantuan air Anda juga dapat membuang produk limbah yang tidak dibutuhkan tubuh Anda, seperti keringat, urin, dan feses.

6. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, hal terpenting yang perlu Anda ketahui adalah manfaat minum air putih 2 liter sehari.
Menurut sebuah studi tahun 2015 dari University of Birmingham, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan minum setengah liter air setengah jam sebelum makan.

7. Tingkatkan daya tahan tubuh

Cairan merupakan salah satu hal terpenting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Kehilangan hanya sejumlah kecil cairan dapat mempengaruhi kondisi umum tubuh.
Jadi jangan heran jika Anda merasa lemas atau lelah setelah latihan dan dalam cuaca panas.

8. Mengatasi sakit kepala

Manfaat minum air putih 2 liter sehari adalah untuk mengatasi dan mencegah sakit kepala.
Bagi sebagian orang, dehidrasi terkadang bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain. Jadi air sederhana bisa menjadi salah satu solusi terbaik.
Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat mencegah bau mulut dan infeksi yang terjadi di mulut.

Baca Juga  Mepermudah Olahraga dengan Smartphone, 8 aplikasi smartphone untuk hobi olahraga

9. Meningkatkan fungsi otak

Nah, bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah, kuliah atau bekerja, harus tahu manfaat minum air putih 2 liter per hari.
Pasalnya, minum air putih dapat meningkatkan fungsi otak agar bekerja dan berfungsi secara optimal.
Perlu diingat bahwa kekurangan cairan dalam tubuh sebenarnya dapat menyebabkan fungsi otak yang buruk, menyebabkan gangguan konsentrasi dan suasana hati, serta sakit kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *