Simak Banyaknya Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Per Hari

Bukan rahasia lagi bahwa air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, minum air putih yang cukup juga sering diterapkan pada orang yang menjaga kesehatan kulit dan memiliki tubuh proporsional.
Bagi orang yang tidak memiliki cukup air dalam tubuh, beberapa efek samping dapat terjadi. Efek ini termasuk dehidrasi atau dehidrasi. Selain itu, dehidrasi akan menyebabkan sejumlah masalah lain, seperti menurunkan tekanan darah.
Asupan air yang dibutuhkan tubuh setiap orang akan berbeda-beda. Untuk orang dewasa, kebutuhan air untuk memenuhi 2 liter per hari, atau setara dengan delapan gelas.

Berikut manfaat minum air putih 2 liter per hari

1. Menghaluskan dan menyembuhkan kulit
Minum air yang cukup dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Karena jika tubuh mendapat cukup cairan, racun yang menyebabkan peradangan, menyumbat pori-pori dan penyebab jerawat bisa dikeluarkan, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan cerah.

2. Menjaga kesehatan mulut
Salah satu manfaat minum air putih 2 liter per hari yang jarang diketahui orang adalah perannya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Cairan tubuh berkontribusi pada pembentukan air liur di mulut, yang dengan sendirinya mengandung komponen untuk pembersihan alami rongga mulut.
Umumnya, orang yang tidak mengeluarkan cukup air liur lebih berisiko terkena karies.

3. Membantu mencegah batu ginjal.
Minum air yang cukup akan membentuk urin di ginjal, yang kemudian bocor keluar, membantu melarutkan mineral di saluran kemih, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal.

4. Membantu melumasi sendi
Sebagian besar tulang rawan dalam tubuh berhubungan erat dengan air. Karena tulang ini berfungsi untuk bantalan persendian.
Nah, jika tubuh kekurangan cairan, tulang rawan juga bisa kehilangan kemampuannya sehingga menyebabkan persendian tubuh terasa nyeri.

Baca Juga  Harus Tau 6 Cara Agar Tidak Mudah Lelah

5. Baik untuk sistem pernapasan
Manfaat minum air putih 2 liter per hari yang terakhir kita bicarakan adalah bahwa minum air putih sangat baik untuk sistem pernapasan.
Karena ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda secara alami membatasi saluran udara Anda untuk meminimalkan kehilangan cairan.
Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat diperburuk dengan adanya asma dan alergi. Karena itu, untuk menghindari masalah pernapasan, minumlah banyak air.

Tips memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, memenuhi kebutuhan cairan harian Anda adalah tugas penting. Ini karena kekurangan cairan diketahui menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
Organisme yang kekurangan cairan biasanya ditandai dengan sering haus, dan urin yang dikeluarkan lebih gelap dari biasanya. Selain itu, Anda mungkin mengalami pusing, sakit kepala, lemas, mulut dan bibir kering.
Nah, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda, antara lain:

• Kembangkan kebiasaan minum air putih setiap kali makan atau ngemil.
• Selalu simpan gelas atau botol air minum di meja atau tas Anda untuk memudahkan menjaga asupan air harian Anda.
• Anda juga bisa menambahkan potongan buah ke dalam air agar rasanya lebih segar.
Air memang bermanfaat, tapi tidak semua air bisa dikonsumsi. Menurut Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa ketentuan air minum yang aman dan memadai, yaitu:
• Tidak ada rasa
• Tidak berbau dan berwarna
• Tidak mengandung bakteri
• Tidak mengandung bahan kimia yang melebihi batas yang dapat diterima

Pastikan juga air minum yang Anda konsumsi terdaftar di BPOM dan sesuai dengan peraturan kesehatan untuk mencegah penyakit tertentu akibat konsumsi air minum yang terkontaminasi.
Anda juga disarankan untuk tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan, tetapi juga menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dengan olahraga teratur, tidur yang cukup, dan manajemen stres.
Jika Anda mengalami pusing, mual, muntah, sakit perut setelah minum air putih, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan. Selain itu, dokter Anda dapat memberi tahu Anda cara mendapatkan hasil maksimal dari air minum Anda.

Baca Juga  Masa tua sehat dengan resep rahasia Vitamin E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *