Pelajari 10 Manfaat Kesehatan dari Air Minum

Tidak hanya menghilangkan rasa haus, manfaat air minum bagi kesehatan banyak dan beragam. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secara teratur.
Ada berbagai minuman yang bisa dikonsumsi untuk konsumsi cairan sehari-hari. Namun jenis minuman yang paling baik dikonsumsi adalah air putih karena tidak mengandung kalori dan gula sehingga lebih sehat.
Disarankan untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari. Sementara itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 2,5 liter air per hari, dan wanita yang sedang menyusui 3 liter per hari.
Dianjurkan juga untuk mengonsumsi lebih banyak air jika Anda memiliki berbagai kondisi, seperti setelah berolahraga, saat cuaca panas atau jika Anda demam, diare dan muntah.
Manfaat air putih untuk kesehatan
Air putih terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air untuk kesehatan:

1. Mencegah dehidrasi

Menjaga suplai cairan melalui air minum penting untuk mencegah dehidrasi atau dehidrasi tubuh. Meskipun kelihatannya ringan, kondisi dehidrasi yang tidak diobati dapat menyebabkan fungsi ginjal yang buruk, kram, dan bahkan syok, yang dapat mengancam jiwa.

2. Menjaga kesehatan sendi dan otot

Konsumsi air putih secara teratur juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan begitu otot tidak kaku dan tubuh tidak cepat lelah saat beraktivitas atau beraktivitas.

Baca Juga  Alami Panas Dalam Bolehkah Ibu Hamil Minum Adem Sari?

3. Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi air diketahui dapat meningkatkan metabolisme, yang memudahkan tubuh untuk membakar lemak dan membuang limbah melalui keringat, urin, dan feses. Hal ini tentu saja berdampak pada penurunan berat badan.
Selain itu, minum air putih sebelum makan diketahui memiliki efek kenyang, sehingga persentase makanan yang dikonsumsi menjadi berkurang. Dengan cara ini asupan kalori dalam tubuh tetap terjaga dan berat badan terkontrol.

4. Menjaga kesehatan kulit

Kekurangan cairan tubuh bisa membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih untuk menghidrasi kulit dan bibir. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat mempertahankan dan mengembalikan kelembapan pada bibir dan kulit.

5. Pertahankan konsentrasi

Kekurangan cairan tubuh juga mempengaruhi fungsi otak, terutama kemampuan fokus dan konsentrasi. Hal ini tentu saja berdampak pada aktivitas dan produktivitas Anda sepanjang hari.
Oleh karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih secara rutin agar otak dapat berfungsi secara optimal.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Kekurangan cairan diketahui mengganggu fungsi pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sembelit. Untuk menghindari hal ini, konsumsi air secara teratur dianjurkan.

7. Mencegah batu ginjal

Satu studi menemukan bahwa minum cukup air mencegah pembentukan batu ginjal atau kambuhnya batu ginjal pada orang yang sebelumnya pernah menderita penyakit tersebut.
Ini karena asupan cairan yang tepat mempercepat proses pembuangan sisa metabolisme melalui urin dan mencegah pembentukan kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

8. Menjaga tekanan darah

Air adalah bagian terbesar dari darah. Jika Anda mengalami dehidrasi, darah Anda akan lebih kental dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium, dalam darah.
Kekurangan cairan tubuh juga dapat menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsi air putih secara teratur dapat menjaga tekanan darah Anda tetap normal.

Baca Juga  Simak Pentingnya Kesehatan Pencernaan Dan Sistem Kekebalan Tubuh

9. Mencegah penyakit kardiovaskular

Selain untuk menjaga tekanan darah, cairan tubuh yang cukup dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan stroke.
Hal ini karena konsumsi air putih secara teratur dapat mencegah dehidrasi yang dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh, termasuk jantung, dan memiliki efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah tetap tegak.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Sumber energi bukan hanya makanan. Mengkonsumsi air putih yang cukup juga tidak mudah melemahkan tubuh saat berolahraga dan beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *