Lakukan 3 Posisi Tidur Untuk Mengurangi Kram Menstruasi

Menstruasi membawa kram yang menjengkelkan. Bagi yang sering merasa kurang tidur saat kedatangan tamu bulanan, berikut beberapa pose tidur yang bisa membantu mengatasi rasa sakit tersebut.
Wajar jika wanita merasa tidak nyaman saat menstruasi selama sebulan. Selain itu, kualitas tidur bisa terganggu. Anda bisa mencoba posisi tidur untuk meredakan kram menstruasi yaitu posisi janin membungkuk seperti janin dalam kandungan.
Ada banyak penyebab insomnia saat menstruasi, salah satunya adalah kram perut. Belum lagi keluhan lain seperti sakit kepala, payudara lebih sensitif, mual dan perubahan hormonal.
Posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid
Bagi yang sering tidak bisa tidur nyenyak saat tamu datang setiap bulannya, berikut beberapa pose tidur yang mengurangi rasa sakit:

1. Posisi Janin

Tidur dalam posisi berjongkok, seperti dalam posisi janin atau janin, dapat mengurangi tekanan pada otot perut. Dalam posisi ini, otot rangka bisa lebih rileks. Dengan demikian, rasa sakit dan kram bisa berkurang.Tidak hanya itu, tidur dengan posisi jongkok juga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya perdarahan menstruasi. Pasalnya, kedua kaki telanjang dan dalam kondisi yang sama. Jika Anda ingin mengurangi risiko kebocoran ini, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menggunakan cangkir menstruasi.

2. Posisi Child’s

Dalam yoga, posisi anak tenang. Caranya adalah dengan memiringkan tubuh ke depan dengan kepala di atas tempat tidur. Kaki berada di samping tubuh. Posisi ini bisa mengurangi sakit perut saat menstruasi. Jika ingin lebih efektif, Anda bisa melakukan yoga untuk mengatasi kram menstruasi. Pose-pose tertentu dapat mengurangi nyeri punggung dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.

Baca Juga  Ketahuilah Berikut Cara membuat konten menarik di media sosial

3.Berbaring telentang

Tidur telentang menawarkan pijatan di area perut sebelum tidur. Anda juga bisa menambahkan penggunaan minyak aromaterapi seperti lavender dan kayu manis untuk memijat perut. Meski belum ada bukti ilmiah, cara ini bisa membuat perut terasa lebih nyaman.Dalam sebuah penelitian terhadap 23 wanita penderita endometriosis, ditemukan bahwa pijat perut berkurang secara signifikan. Pemijatan dilakukan selama 20 menit dengan cara menekan perut, bagian samping tubuh, serta punggung.

Tips meredakan nyeri haid

Selain memilih posisi tidur yang paling nyaman, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri haid, yaitu:

• Minum banyak air
Maksimalkan asupan cairan saat menstruasi untuk menghindari sakit perut. Biasanya air hangat lebih nyaman karena melancarkan peredaran darah dan melemaskan otot-otot.Selain itu, Anda juga bisa makan banyak makanan yang banyak mengandung air, seperti selada, mentimun, semangka, dan beri.

• Olah raga
Olahraga ringan sebelum tidur dapat membantu melepaskan endorfin. Menurut penelitian, hormon ini berperan dalam mengurangi nyeri haid bahkan kebutuhan untuk mengurangi kram menstruasi. Dalam sebuah penelitian, pose yoga seperti pose kobra dan kucing mengurangi intensitas dan durasi rasa sakit pada wanita berusia 18-22 tahun.

• Kompres panas
Kompres hangat dengan suhu sekitar 40 derajat Celcius adalah cara yang efektif untuk meredakan kram menstruasi. Bahkan, efektivitasnya setara dengan mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen. Ini adalah hasil penelitian tahun 2012 terhadap 147 wanita berusia 18-30 tahun. Kompres hangat dapat diterapkan dengan botol atau bantal pemanas. Jika Anda tidak memilikinya, handuk hangat bisa menjadi alternatif.
• Berada dalam mood bagus

Untuk memastikan bahwa kualitas tidur tidak memburuk selama menstruasi, ciptakan sebanyak mungkin suasana yang menyenangkan di dalam ruangan untuk relaksasi. Ini membuat suhu agak dingin, karena hormon sering membuat tubuh merasa tidak nyaman. Selain itu, hindari akses gadget saat menjelang tidur agar rutinitas Anda lebih teratur.

Baca Juga  Simak Pentingnya Untuk Menghemat Batu Bara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *