Ubah Gaya Hidup Anda Jika Inginkan Wajah Awet Muda

Orang-orang muda terlihat seperti impian semua orang di usia nyata; Oleh karena itu, tidak heran jika banyak, terutama kaum wanita, berusaha keras untuk mendapatkan kulit yang segar, sehat, cantik dan awet muda. Bahkan saat ini banyak remaja putri yang menjalani berbagai perawatan kulit sejak dini.
Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak cara untuk tetap awet muda? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Jangan merokok

Jika Anda tidak ingin meringis lebih cepat, jangan merokok! Merokok dapat mempercepat penuaan kulit normal. Nikotin dalam rokok menyempitkan pembuluh darah di lapisan luar kulit. Ini akan mengganggu aliran darah ke kulit, mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke kulit, membuat kulit kekurangan oksigen dan nutrisi penting.
Bahan kimia dalam asap tembakau juga dapat merusak kolagen dan elastin kulit; Akibatnya, kulit akan lebih cepat keriput akibat merokok. Merokok menyebabkan kerutan tidak hanya di wajah, tetapi juga di bagian tubuh lainnya, termasuk bagian dalam lengan. Biasanya, perubahan kulit seperti itu terjadi setelah 10 tahun merokok.

2. Makan makanan padat yang mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak kulit. Antioksidan merangsang produksi kolagen di kulit. Kolagen merupakan komponen penting dari struktur dan proses peremajaan kulit. Jadi, salah satu cara awet muda adalah dengan memperbanyak asupan antioksidan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian termasuk kacang merah, blueberry, sayur-sayuran, ikan dan lainnya.

Baca Juga  Potongan Daging Sapi Apa yang Paling Sehat dan Lemaknya Sedikit?

3. Tingkatkan jumlah protein

Selain antioksidan, asupan protein dapat membantu tubuh membangun dan mempertahankan massa otot. Makanan tinggi protein baik untuk produksi kolagen pada kulit tubuh. Beberapa makanan berprotein tinggi antara lain salmon, telur, tahu, dan lain-lain.

4. Kelola stres

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa sel-sel kulit pada orang dengan depresi menua lebih cepat daripada orang-orang dengan depresi. Stres kronis dapat mempercepat proses penuaan dini dengan memperpendek DNA telomer. Panjang telomer adalah tanda penuaan biologis sel-sel kulit.
Jadi, jika Anda ingin mencegah penuaan dini, Anda harus bisa mengelola stres. Beberapa cara untuk melakukannya adalah berjalan, berbelanja, melakukan yoga, berolahraga, bernyanyi, atau melakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia.

5. Selalu cuci muka sebelum tidur

Meski biasa, kebiasaan ini bisa membantu memperbaiki kulit saat Anda tidur. Karena itu, jangan lupa untuk mencuci muka sebelum tidur, terutama setelah keluar rumah atau merias wajah.

6. Gunakan tabir surya

Anda mungkin sudah tahu bahwa sinar matahari dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Jadi jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan. Menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, mereka yang menggunakan tabir surya tiga sampai empat hari seminggu lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penuaan kulit dibandingkan mereka yang tidak.

7. Perbanyak minum air putih

Jika Anda minum cukup air, kulit Anda bisa tetap terhidrasi. Hilangnya kelembapan kulit dapat mengeringkan kulit dan membuatnya rentan terhadap kerutan. Air juga sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, karena air dapat memberikan nutrisi penting bagi sel-sel kulit.

8. Tidur yang cukup

Rutinitas perawatan kulit sederhana yang bisa Anda lakukan tapi sering diabaikan adalah tidur yang cukup. Kami menyarankan Anda tidur setidaknya 6 jam sehari untuk membantu kulit Anda pulih. Tidur yang cukup juga dapat mencegah lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Juga  Simak 5 ide konten menarik di bulan Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *