Ketahui Beberapa Posisi Tidur Untuk Penderita Sesak Nafas Serta Laranganya

Tidur yang lengkap dan berkualitas adalah kunci untuk mencukupi kebutuhan keesokan harinya. Sayangnya, kebanyakan penderita asma merasa sulit untuk mencapai kondisi tidur tersebut. Apakah Anda salah satunya?
Tidak ada keraguan bahwa ada banyak faktor yang dapat mencegah penderita asma untuk mendapatkan tidur yang cukup. Salah satu faktor tersebut adalah posisi tidur.
Lantas, bagaimana posisi tidur yang tepat bagi penderita asma dan apakah akan membantu Anda tertidur tanpa terganggu?

Posisi tidur yang baik untuk pasien asma
Menurut dr. Menurut Dyah Novita Anggraini, kebutuhan tidur yang tidak terpuaskan dapat meningkatkan risiko serangan asma seperti batuk, sesak napas, atau sesak napas.
Jangan khawatir, jangan menyerah. Berdasarkan dr. Dyah Novita adalah posisi tidur yang cocok bagi penderita asma untuk mencegahnya.

Berikut 3 posisi tidur yang direkomendasikan untuk asma

1. Berbaring telentang dengan bahu ke atas dan leher.
Setelah meluncurkan Healthline, penderita asma dapat meletakkan dua, tiga atau lebih bantal di bawah leher dan bahu mereka saat tidur. Hal ini bertujuan untuk merelaksasi saluran pernapasan agar tidak mengganggu tidur.
Bagi penderita asma yang mengalami gejala sinusitis pada malam hari, tidur di atas bantal di bawah bahu dapat memberikan tekanan gravitasi untuk mengalirkan. Ini akan membantu Anda bernapas lebih mudah saat Anda tidur.

2. Berbaring miring ke kiri dengan bantal di antara kedua kaki Anda.
Menurut dr. Dyah Novita, penderita asma disarankan tidur miring ke kiri. Ini terutama benar jika seseorang dengan asma memiliki penyakit refluks gastroesofageal (GERD), yang dapat menyebabkan gejala di malam hari.
“Posisi membungkuk ke kiri dianjurkan bagi penderita asma karena aliran darah ke jantung lebih lancar. “Dengan cara ini, suplai oksigen akan meningkat,” kata dokter. Dia Novita.
Berbaring miring ke kiri dengan kepala tegak mungkin cukup untuk membuat Anda nyaman sepanjang malam. Namun, jika tidak, coba tambahkan bantal di antara kedua kaki Anda.
Menambahkan bantal di antara kaki Anda dapat membantu menjaga tulang belakang Anda stabil di malam hari. Ini juga dapat memperbaiki pola tidur Anda dengan membuat Anda lebih mudah bernapas.

Baca Juga  Selain takjil, kurma bisa menunjang kecantikanmu selama kamu puasa

3. Berbaring telentang dengan kepala di atas.
Apakah Anda tidak nyaman tidur di sisi kiri? Jika demikian, Anda dapat mencoba tidur telentang dengan bantal yang menopang kepala dan bahu Anda.
Tidur dengan posisi kepala tegak dapat meningkatkan sirkulasi dan menjaga kestabilan tubuh di malam hari. Jika perlu, Anda bisa meletakkan bantal ekstra di bawah lutut untuk kenyamanan ekstra.

Posisi tidur tidak dianjurkan untuk penderita asma

Ini adalah posisi tidur yang benar untuk penderita asma. Nah, berikut ini adalah posisi tidur yang salah dan tidak dianjurkan untuk penderita asma:

• Tidur miring ke kanan
Merujuk pada garis kesehatan, penderita asma disarankan untuk tidak tidur miring ke kanan, karena dapat memperburuk gejalanya.
Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1990. Para peneliti menyimpulkan bahwa tidur miring ke kanan dapat meningkatkan daya tahan saluran napas paru-paru saat bernapas di malam hari.
Temuan ini didasarkan pada teori bahwa tidur di sisi kanan dapat meningkatkan nada kabur, yang mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, menyebabkan penyempitan saluran napas.
Namun, memilikinya masih di luar jangkauan rata-rata orang. Jadi, penderita asma harus bereksperimen untuk mengetahui posisi tidur mana yang paling cocok untuk mereka.

• Tidur tengkurap
Beberapa orang dengan asma menemukan bahwa tidur tengkurap membantu mereka merasa lebih nyaman. Namun, posisi ini tidak cukup baik untuk melakukannya sepanjang waktu.
Pasalnya, tidur tengkurap tidak memungkinkan udara keluar masuk paru-paru dengan bebas saat tidur.

• Tidur telentang tanpa bantal.
Tidur telentang tanpa bantal di bawah kepala, leher, atau bahu dapat memperburuk gejala asma saat Anda tidur.
Bagaimana posisi tidur yang baik untuk penderita asma? Jika masih kesulitan menentukannya, Anda bisa melakukan konsultasi tambahan dengan dokter.

Baca Juga  5 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Aman Dalam 1 Minggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *