Simak Posisi Tidur Yang Baik Untuk Penderita Sesak Nafas

Setelah hari kerja yang sibuk, Anda mungkin ingin kembali tidur untuk memuat ulang. Namun, Anda yang memiliki masalah pernapasan seringkali mengalami kesulitan tidur. Nah, untuk tidur nyenyak, Anda perlu menemukan posisi pernapasan yang nyaman. Apa saja posisi tidurnya? Nah, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Posisi tidur yang baik untuk bernafas
Bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan, memilih posisi tidur yang tepat memegang peranan yang sangat penting bagi kesehatan Anda. Mengapa?
Pasalnya, posisi tidur yang salah memperburuk kondisi sistem pernapasan. Bahkan, Anda mungkin akan sesak napas saat tidur dalam posisi canggung.
Anda mungkin berpikir bahwa tidur telentang adalah posisi terbaik untuk bernapas. Sayangnya, tidur dalam posisi ini dapat memperburuk masalah pernapasan dan menyebabkan dengkuran.

Sementara itu, tidur dalam posisi santai juga akan meredakan kesulitan bernapas Anda. Posisi ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan banyak masalah kesehatan lainnya, seperti sakit leher.
Nah, tidur miring ke kiri sangat baik untuk pernapasan Anda. Padahal, posisi tidur ini bisa mengoptimalkan pernapasan. Bagaimana mungkin?

Satu studi menemukan bahwa tidur menyamping mengurangi kemungkinan mendengkur dan mengobati sleep apnea, gangguan tidur yang berhubungan dengan masalah pernapasan.
Dalam penelitian ini, 50% pasien dengan sleep apnea ringan dan 19% pasien dengan sleep apnea sedang mengalami pengurangan gejala sleep apnea hingga 50% selama tidur samping.
Tidak hanya itu, tidur miring juga dapat mengurangi intensitas dan keparahan sleep apnea. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa posisi tidur ini adalah yang terbaik untuk bernafas.

Masalah pernapasan yang membutuhkan posisi tidur tertentu

Secara umum, posisi tidur yang baik adalah untuk memudahkan pernapasan pada sisi kiri. Namun, ada beberapa masalah pernapasan yang memerlukan posisi tidur khusus, seperti:

Baca Juga  Harus Tau Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Untuk Mencapai Berat Badan Ideal

1. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Jika Anda menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), pastikan bantal tidur yang baik menopang leher dan kepala Anda. Saat tidur, posisikan tubuh Anda ke kiri.
Kemudian tekuk lutut Anda sebagian dengan kaki di atas kasur. Dalam hal ini, kaki yang tidak terikat pada kasur berada dalam posisi tegak.
Menurut British Lung Foundation, posisi tidur ini dapat membantu mengatasi kesulitan bernapas, terutama saat gejala PPOK terjadi.

2. Kesulitan bernafas
Secara umum, posisi tidur yang baik untuk bernapas adalah miring ke kiri. Namun, jika Anda mengalami kekurangan, tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perubahan atau perubahan kecil pada sikap Anda.
Misalnya, ketika Anda tidur miring, cobalah untuk meletakkan bantal di antara kedua kaki Anda dan juga menopang kepala Anda dengan bantal lain.

3. Apnea Sleep
Sleep apnea adalah gangguan tidur di mana pernapasan terkadang berhenti saat tidur. Jadi, agar tidak menurunkan kualitas tidur, penting untuk tidur dengan posisi yang tepat.
Posisi pernapasan terbaik bagi penderita sleep apnea adalah tidur di sebelah kiri.
Selain itu, posisi tidur ini juga dapat membantu mengatasi insomnia dan GERD, dua masalah kesehatan yang dapat menyebabkan sleep apnea. Tidur menyamping juga baik untuk melancarkan aliran darah.

Teknik pernapasan untuk tidur yang lebih baik

Saya ingin tahu teknologi apa? Berikut adalah opsi yang dapat Anda coba mulai malam ini:
– Teknik Pernapasan 4-7-8
Anda dapat melakukan teknik ini di mana saja tanpa membuang banyak waktu. Sebagai gantinya, lakukan teknik ini dengan duduk dengan punggung lurus.
Cara melakukan teknik pernafasan 4-7-8 yaitu :
1. Buka mulut Anda saat melakukan teknik ini.
2. Buang napas dalam-dalam saat Anda menghembuskan napas perlahan.
3. Bernapaslah perlahan melalui hidung selama 4 hitungan sambil menekan bibir atas dan bawah secara bersamaan.
4. Tahan napas selama 7 hitungan, lalu hembuskan lagi selama 8 hitungan, tarik napas lebih lama.
5. Ulangi hal yang sama sebanyak 8 kali.

Baca Juga  Simak Berikut Tips Tips Untuk Atasi Bau Ketiak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *