6 Khasiat Daun jambu Biji Yang Belum Banyak Diketahui Orang

Sudah lama diketahui bahwa daun jambu biji memiliki manfaat kesehatan. Daun tanaman ini sering digunakan sebagai obat berbagai masalah kesehatan, dan semua orang mungkin tahu bahwa itu adalah obat diare.
Tapi tahukah Anda bahwa daun jambu biji tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga baik untuk perawatan kulit? Meski belum pernah ada tren kecantikan dengan ramuan ini, daun jambu biji patut disimak karena 6 khasiatnya berikut ini. Apa yang baik?

1. Sebagai anti-penuaan

Keunggulan utama daun jambu biji adalah penting sebagai anti aging karena jumlah antioksidan di dalamnya, bahkan lebih banyak dari jambu biji itu sendiri. Daun jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat melawan radikal bebas yang merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kerutan.
Tidak hanya itu. Daun jambu biji juga mengandung likopen yang dapat memulihkan kesehatan kulit dan melindunginya dari sinar UV. Untuk memanfaatkannya, Anda dapat menggunakan air rebusan dengan daun besar dan mencuci muka secara teratur dengannya.

2. Menenangkan kulit yang rentan

Satu studi juga menemukan bahwa daun raksasa memiliki sifat anti-inflamasi. Yang ini sangat cocok untuk mereka yang mencari perawatan jerawat alami.
Selain sebagai anti inflamasi, daun jambu biji juga dikenal sebagai antibakteri. Inilah sebabnya mengapa daunnya yang besar dapat mencegah bakteri penyebab jerawat mencapai kulit. Dengan aplikasi rutin daun raksasa, kulit Anda tidak hanya menghilangkan jerawat, tetapi juga secara bertahap melembutkan.

Baca Juga  9 Tips Ampuh Tumbuhkan Bulu Mata Dalam Satu Minggu

3. Juga baik untuk mengobati alergi dan iritasi kulit

Perlu diingat bahwa gejala alergi disebabkan oleh tubuh yang memproduksi histamin untuk melawan benda asing yang juga menyebabkan infeksi mata. Nah, jambu biji mengandung sifat anti alergi yang membantu menekan produksi histamin, sehingga mengurangi rasa gatal, alergi, bengkak dan kemerahan pada kulit yang teriritasi.
Jika ingin mencoba mengobati alergi sedemikian rupa, rebus daun jambu biji kering dan bila sudah dingin, oleskan pada area kulit yang bermasalah. Diamkan sekitar 15 menit, lalu aduk rata.

4. Dapat melawan jerawat dan noda seiring bertambahnya usia

Ini tidak memiliki tindakan antibakteri dan anti-inflamasi saja. Daun jambu biji juga mengandung tonik yang dapat menutupi komedo di wajah dan membersihkan kotoran penyebab komedo.
Untuk bekas jerawat di wajah, Anda bisa menggunakan pasta jambu biji yang sudah dihaluskan sebagai exfoliator, terutama di area T, untuk mengangkat sel-sel mati penyebab komedo.

5. Mencerahkan warna kulit dan mencerahkannya

Ya, karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati, daun jambu biji efektif mengobati hiperpigmentasi pada kulit dan membuatnya tampak glowing. Selain itu, antioksidan di dalamnya membantu mengecilkan pori-pori dan mencerahkannya.

6. Mengurangi masalah rambut rontok dan minyak

Selain baik untuk kesehatan kulit, daun jambu biji juga baik untuk mengatasi masalah rambut seperti mengurangi kerontokan rambut. Karena sifat antioksidannya, serta kandungan vitamin B6 yang berperan dalam pembentukan enzim dalam metabolisme sel (termasuk folikel rambut), daun raksasa dapat merangsang pertumbuhan rambut yang merata.
Dengan mengoleskan air dingin dingin atau membuat masker yang dicampur dengan jus lemon, campuran ini tidak hanya mengatasi masalah kerontokan rambut, tetapi juga mengurangi masalah rambut berminyak, lho!
Berikut 6 manfaat daun jambu biji untuk kecantikan Anda. Nah, pernahkah Anda berpikir bahwa manfaat daun raksasa ini sangat menyenangkan? Sekarang Anda dapat menggunakannya sebagai rangkaian perawatan di rumah untuk anak perempuan! Menarik untuk dicoba

Baca Juga  Tips Untuk Hasil Alami Dan Permanen Agar Bibir Terlihat Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *