6 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen

Anda perlu tahu cara menghilangkan bau tidak sedap dari ketiak Anda segera. Keringat ketiak yang berlebihan menyebabkan kelembapan pada ketiak, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Anda tidak hanya mengganggu diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar Anda.
Di sisi lain, ada orang yang tidak menyadari bahwa mereka sedang mengembangkan bau ketiaknya sendiri karena terlalu “terbiasa” dengan bau tubuhnya. Jadi, cara termudah untuk menghilangkan ketiak. tetapi apakah hasilnya berkelanjutan?

Penyebab bau badan menurut ilmu pengetahuan

Pori-pori tubuh manusia penuh dengan kelenjar keringat yang mendinginkan tubuh pada waktu-waktu tertentu. Di tempat-tempat yang terdapat banyak folikel rambut, seperti di ketiak, kelenjar keringat disebut kelenjar apokrin dan berbeda dengan yang terdapat di permukaan kulit manusia pada umumnya, mis. kelenjar layar. Saat tubuh mendingin, kelenjar kelenjar mengeluarkan keringat yang tidak berbau, seperti halnya kelenjar apokrin di ketiak atau selangkangan. Bedanya, kelenjar keringat dari kelenjar apokrin di ketiak bisa tercium jika ada bakteri di permukaan kulit. Biasanya dimulai pada remaja selama masa pubertas. Ini bagus. Namun, bagi sebagian orang, salah satu penyebab bau badan terutama di ketiak bisa jadi karena kondisi ketiak yang kurang jelas.

Cara menghilangkan bau yang kuat di ketiak

Cara menghilangkan bau ketiak tergantung seberapa kuat dan apa penyebab bau badan di wajah. Bau badan dapat disebabkan oleh kurangnya kebersihan diri, penggunaan produk yang tidak tepat atau kondisi medis lain yang memerlukan perawatan. Berikut adalah beberapa cara umum untuk menghilangkan ketiak:

1. Gunakan deodoran
Banyak deodoran atau antiperspiran yang bisa digunakan untuk mengatasi penyebab bau badan. Deodoran biasanya digunakan setelah mandi untuk menghilangkan bau badan, tetapi ada berbagai jenis deodoran dan Anda perlu menemukan yang paling cocok untuk setiap kondisi. Perhatikan juga bahwa deodoran biasanya mengandung alkohol, sehingga area ketiak bersifat asam. Alkohol ditambahkan untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada kulit dan menyebabkan bau mulut. Tetapi untuk amannya, pilihlah deodoran antibakteri non-alkohol.

Baca Juga  9 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Pahit Di Lidah

2. Kurangi jumlah makanan yang menyebabkan bau ketiak.
Cara mengatasi bau ketiak lebih bersifat preventif. Caranya adalah dengan menghindari makanan dengan bau yang menyengat seperti bawang bombay yang bisa menyebabkan bau badan, dan makanan pedas juga berpengaruh terhadap bau badan. Jelas, keduanya mampu membuat keringat harum dan menyengat.

3. Gunakan minyak esensial Cara lain untuk menghilangkan bau badan adalah dengan menggunakan essential oil atau minyak esensial seperti lavender dan tea tree. Caranya adalah dengan mencampur minyak esensial dengan air dan menuangkannya ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan di bawah ketiak dua kali sehari. Kandungan antibakteri dalam minyak ini mencegah pertumbuhan bakteri di ketiak. Selain itu, bau minyak esensial bahkan bisa melebihi bau badan.

4. Gosok ketiak dengan kentang.
Siapa sangka memasak kentang adalah cara alami untuk menghilangkan bau badan? Karena kandungannya, kentang mampu mengatur produksi keringat dan mencegah bakteri di ketiak. Selain itu, asam alami yang ditemukan dalam kentang membantu menurunkan pH kulit ketiak. Diamkan beberapa saat hingga sari kentang mengering. Kemudian oleskan deodoran ke ketiak.

5. Oleskan air jeruk nipis
Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Review, jeruk nipis memiliki sifat antibakteri dan fungisida. Bakteri dan jamur dikenal sebagai “kepala” di belakang tubuh yang mengeluarkan bau tak sedap. Kemudian oleskan air jeruk nipis dan tunggu lima belas menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

6. Minum air rebusan sirih
Bahan alami lainnya, seperti air rebusan sirih, terbukti ampuh menghilangkan bau tak sedap. Karena sirih telah terbukti dapat mencegah bakteri penyebab bau badan. Caranya adalah dengan merebus daun sirih hingga warna air rebusan berubah. Jadi minum air matang. Selain itu, air rebusan daun sirih juga digunakan untuk mencuci bak mandi.

Baca Juga  Percepat Metalbolisme Anda Dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *