Berikut Penyebab Ketiak Keluarkan Bau Tidak Sedap

Percaya diri bukan hanya tentang penampilan. Tubuh yang bersih dan tidak berbau juga penting untuk membuat Anda merasa aman saat beraktivitas. Jika tubuh Anda berbau tidak sedap, Anda perlu mengetahui cara efektif menghilangkan bau ketiak agar rasa sakit Anda berkurang.
Menurut penelitian, pria lebih mungkin menderita masalah bau ketiak (dikenal sebagai bromhidrosis) daripada wanita. Lagi pula, itu tidak berarti itu bisa membunuhmu, bukan? Anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai penyebab bau ketiak sebelum mengetahui cara mengatasi bau ketiak.

Mengapa setiap orang memiliki bau badan yang berbeda?

Bau badan manusia berasal dari kelenjar apokrin yang menghasilkan keringat. Kelenjar apokrin dipengaruhi oleh proses sekresi hormon yang berbeda pada setiap orang, sehingga bau badan yang dikeluarkan juga berbeda. Keadaan kelenjar apokrin dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, asupan makanan, kualitas kesehatan dan gaya hidup. Masalah kesehatan tertentu, gaya hidup tidak sehat, dan penggunaan makanan beraroma dapat meningkatkan risiko bau ketiak.
Beberapa penyebab bau ketiak

Beberapa hal yang cenderung menyebabkan bau ketiak antara lain

1. Keringat berlebihan
Salah satu penyebab bau ketiak yang sering dialami banyak orang adalah keringat berlebih. Anda cenderung berkeringat saat berada di luar dalam cuaca panas, berolahraga atau memasak (dikenal sebagai hiperhidrosis). Keringat berlebih, dibiarkan saja, akan mempercepat penyebaran bakteri penyebab bau ketiak. Oleh karena itu, perlu lebih rajin membersihkan diri saat tubuh berkeringat setelah berolahraga.

2. Kenakan pakaian yang ketat atau terbuat dari bahan tertentu.
Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat, karena ukuran pakaian akan membuat Anda kurang leluasa bergerak dan berkeringat lebih sedikit. Saat pakaian ketat meningkatkan keringat, bau ketiak pun tak terhindarkan. Pakaian yang longgar akan memudahkan Anda bernapas melalui pori-pori kulit sehingga tidak cepat berkeringat.
Selain itu, Anda juga harus cermat memilih bahan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Dalam cuaca hangat, jangan mencoba memakai wol, wol, tali dan flanel. Beberapa jenis pakaian yang cocok untuk musim panas adalah katun, linen, dan sutra.

Baca Juga  Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Obat

3. Malas jaga kebersihan bahu
Jika Anda mengabaikan kebersihan ketiak, risiko bau ketiak semakin meningkat. Beberapa hal sederhana yang membuat ketiak kotor dan berantakan: malas mencukur ketiak, tidak menggunakan deodoran, dan tidak langsung mengeringkannya setelah mandi. Kebiasaan buruk ini menyebabkan mikroorganisme berkembang biak lebih banyak di tangan Anda dan menyebabkan bau mulut. Cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat harus Anda terapkan hanya agar ketiak Anda bersih dan tidak berbau kembali.

4. Tidak mencuci pakaian dengan benar
Pakaian yang bersih dan kering juga penting untuk mencegah bau ketiak. Jika Anda mengenakan pakaian yang kotor atau basah, Anda lebih cenderung mencium bau badan karena penyebaran bakteri pada pakaian dan tangan Anda. Sayangnya, penyebab bau ketiak ini cenderung terjadi saat musim hujan, karena pakaian tidak akan kering sempurna saat dijemur.

5. Makan jenis makanan dan minuman tertentu
Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa jenis makanan dan minuman tertentu menyebabkan bau mulut di area lengan bawah. Makanan dan minuman yang menyebabkan bau lengan bawah yang kuat termasuk keju, bawang, asparagus, kubis, dan alkohol. Perlu untuk membatasi asupan makanan dan minuman jenis ini untuk mencegah bau ketiak.

6. Minum obat tertentu dalam waktu lama
Jenis obat nyeri seperti pereda nyeri, antidepresan, dan obat hormon lainnya juga dapat menyebabkan keringat berlebih. Apalagi jika Anda sudah lama mengonsumsi obat-obatan tersebut. Keringat yang tidak terkontrol akan membuat bau ketiak Anda semakin buruk.

7. Berat badan berlebih
Orang yang kelebihan berat badan lebih cenderung mencium bau ketiak daripada orang dengan berat badan normal. Kerutan berminyak dalam jumlah banyak dapat membuat kotoran dan bakteri yang menahan bau badan di permukaan kulit. Padahal, bau ketiak akan semakin menyengat jika orang yang kelebihan berat badan terlalu malas untuk membersihkan tubuhnya secara rutin.

Baca Juga  Ketahui Efek Samping Jika Terlalu Sering Makan Di Tengah Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *