Memahami Penyebab Dan Gejala Maag Akut

Sebagian orang masih menyepelekan keberadaan maag. Maag adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan gejala penyakit jantung, mual, bengkak, nyeri, dan rasa hangat di dada (heartburn).
Gastritis atau maag mendadak disebut gastritis akut dan gastritis kronis disebut gastritis kronis. Menurut Aung Sumbono (2021: 83), Basic Biochemistry of Vitamin Series Foods, gastritis akut adalah suatu keadaan dimana lapisan lambung menjadi meradang.

Gastritis akut atau gastritis kronis adalah suatu kondisi di mana lapisan lambung tiba-tiba meradang. Jika Anda mengalami kondisi ini, Anda akan mengalami sakit perut yang biasanya bersifat sementara. Namun, jika gastritis parah tidak diobati dan terus kambuh, kondisi ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.
Keluhan yang tiba-tiba dan memburuk dengan cepat disebut kondisi akut. Ini adalah kebalikan dari penyakit kronis, yang merupakan penyakit kronis atau penyakit. Penyakit serius, jika tidak diobati, dapat berlangsung lama atau bahkan menjadi kronis.

Namun, jika penyakit kronis tersebut tidak kembali dalam waktu yang lama, maka akan kambuh dan keluhan tersebut dapat dianggap “akut” meskipun penyakitnya kronis.

Penyebab maag akut

Gastritis akut atau gastritis kronis terjadi karena kerusakan pada mukosa lambung. Kerusakan ini diperparah dengan iritasi yang disebabkan oleh asam lambung. Secara umum, gastritis akut dapat diakibatkan oleh banyak hal, antara lain:
1.Infeksi Helicobacter pylori
Bakteri H. pylori adalah bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan, tetapi sering masuk dan menyebabkan infeksi oleh peradangan pada lapisan lambung.
Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid dan kortikosteroid
Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) dan kortikosteroid sering menyebabkan tukak yang parah karena efek samping obat ini mempengaruhi sistem pencernaan.

2.Minum minuman beralkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan tukak yang parah.
Selain ketiga di atas, gastritis akut dapat disebabkan oleh kondisi langka lainnya seperti penyakit autoimun, infeksi virus, gagal ginjal, penyakit Crohn, atau sarkoidosis. Diyakini bahwa stres mental atau stres dapat memicu keluhan ini karena produksi asam lambung yang berlebihan.

Gejala maag akut

Beberapa orang mungkin mengalami gastritis berat tetapi tidak merasakannya karena gejalanya masih ringan. Gejala ini sering diabaikan dan tidak dianggap sebagai masalah. Namun, beberapa orang mengalami gejala ulseratif parah yang sangat mengganggu. Gejala gastritis akut sering meliputi:
• nyeri
Perut kembung atau mual dan/atau muntah, terutama setelah makan.
• muntah
• Gaji
• Anoreksia
• Keram perut
• Muntah darah
• bab hitam
Cara menyembuhkan maag akut
Jika Anda sering mengalami maag akut,

Ada beberapa cara untuk meredakan kondisi ini

• Kurangi konsumsi makanan pedas, pedas, dan pahit.
• Kurangi asupan makanan berlemak dan makanan olahan.
• Kurangi alkohol dan minuman berkafein seperti kopi, cokelat, teh, dan minuman ringan.
• Hindari konsumsi dalam dosis besar.
• Mengurangi stres dan mengatasi stres dengan baik.
• Berhenti merokok.
Ada banyak makanan yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan mencegah kekambuhan. Ini adalah makanan rendah lemak (ayam dan susu ikan), makanan rendah asam (sayuran), makanan probiotik (yogurt), dan makanan tinggi serat (oatmeal, brokoli, wortel, apel).
Gastritis akut dapat terjadi kapan saja, tetapi dapat dicegah dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Jika Anda mengalami gastritis yang parah, segera temui dokter Anda.
Dokter Anda akan menanyakan keluhan dan riwayat kesehatan Anda, kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan tes tambahan, seperti USG atau endoskopi. Dengan demikian, dokter dapat lebih memahami kondisi lambung dan meresepkan pengobatan yang tepat untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *