Beberapa Alasan Menurunya Nafsu Makan Saat Hamil

Kurangnya nafsu makan saat hamil merupakan hal yang biasa terjadi pada bulan pertama kehamilan. Jika terus berlanjut, ibu hamil dan bayinya bisa kekurangan gizi. Pelajari cara menekan nafsu makan selama kehamilan sebelum mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan bayi.
Kehilangan nafsu makan selama kehamilan biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal dan morning sickness. Kondisi ini biasanya terjadi pada bulan-bulan awal kehamilan, tetapi Anda harus berhati-hati karena ini berlangsung selama kehamilan Anda.

Selama kehamilan, ibu makan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan tubuh ibu, tetapi juga perut bayi. Itulah mengapa penting untuk menyehatkan tubuh dengan pola makan yang sehat.

Selama kehamilan, beberapa ibu hamil memiliki keinginan yang kuat untuk makan dan banyak dari mereka bahkan mengembangkan keinginan untuk makanan tertentu. Yang lain sangat sulit untuk makan. Tidak peduli makanan apa yang diberikan kepadanya, nafsu makannya tidak terangsang.
Apa sebenarnya penyebab penurunan nafsu makan di awal kehamilan? Berikut ringkasan informasi yang diposting oleh Healthline di Popmama.com:
Penyebab anoreksia nervosa pada ibu hamil
Mirip dengan peningkatan nafsu makan, penurunan nafsu makan di awal kehamilan sering disebabkan oleh perubahan hormonal. Peningkatan kadar hormon hCG pada bulan pertama bulan dapat menyebabkan pusing, rasa lapar meningkat atau penurunan tiba-tiba. Hormon ini mempengaruhi nafsu makan ibu selama kehamilan.

Mekanisme tubuh dalam cegah racun

Hubungan antara buang air besar dan mual dan muntah selama kehamilan telah ditemukan dalam artikel yang diterbitkan dalam Journal of Food and Nutrition Research. Para peneliti menemukan bahwa hubungan ini dapat dikaitkan dengan perangkat pada wanita hamil untuk melindungi diri mereka dari unsur-unsur yang berpotensi berbahaya, termasuk makanan. Hubungan ini juga mungkin karena faktor budaya dan psikologis.

Kapan ibu hamil alami nafsu makan berkurang ?

Sebagian besar ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan di bulan pertama kehamilan. Namun, nafsu makan dapat berkurang selama periode kehamilan lainnya. Malnutrisi juga dapat terjadi kapan saja, tetapi akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

Makanan dan minuman sering dihindari selama kehamilan

Anda mungkin mengalami mengidam atau tidak menyukai satu atau lebih makanan selama kehamilan. Namun, makanan yang paling umum adalah makanan dan alkohol, seperti:
• ternak,
• telur,
susu,
• Bawang,
• Bawang putih
• teh dan kopi
• makanan panas.
Makanan yang Anda hindari atau buang selama kehamilan mungkin tidak relevan dengan diet Anda sebelum hamil. Karena faktor hormonal dan psikologis yang tidak dapat dijelaskan, Anda mungkin menginginkan makanan yang pernah Anda benci, dan membenci makanan yang pernah Anda sukai. Itu normal dan bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Mengatasi Nafsu Makan yang Menurun selama Kehamilan

Makan makanan sehat selama kehamilan sangat dianjurkan. Namun, dengarkan sinyal tubuh Anda. Tidak masalah jika Anda menghindari makanan yang tidak ingin Anda makan, tetapi makanlah apa yang Anda lakukan dalam jumlah sedang.
Jika makanan yang Anda hindari mengandung makanan yang penting bagi kesehatan Anda selama kehamilan, pastikan Anda mendapatkan makanan tersebut dengan cara yang berbeda. Misalnya, jika Anda tidak ingin makan daging, beralihlah ke makanan berprotein tinggi lainnya, seperti kacang-kacangan.
Anda juga dapat menghindari makanan tersebut dengan menyembunyikan makanan yang tidak diinginkan pada makanan lain. Misalnya, jika Anda terlalu malas untuk makan salad buah, cobalah menambahkan lebih banyak dedaunan ke kura-kura Anda setiap hari.
Inilah penyebab hilangnya nafsu makan di awal kehamilan dan bagaimana caranya. Semoga informasi ini bisa menginspirasi Anda untuk tetap sehat saat hamil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *