Wajib Tau Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil

Kurangnya nafsu makan saat hamil merupakan hal yang biasa terjadi pada bulan pertama kehamilan. Jika terus berlanjut, wanita hamil dan bayinya mungkin tidak diberi makan dengan baik. Pelajari cara mengobati anoreksia nervosa selama kehamilan sebelum mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayi.
Kehilangan nafsu makan selama kehamilan biasanya disebabkan oleh perubahan hormonal dan morning sickness. Kondisi ini biasanya terjadi pada bulan-bulan awal kehamilan, namun jika terus berlanjut selama kehamilan, Anda perlu berhati-hati.

Saat Anda hamil, tubuh Anda melepaskan hormon kehamilan. Hormon kehamilan ini dapat menyebabkan mual dan muntah pada ibu hamil. Mual dan muntah selama kehamilan disebut morning sickness. Selain hormon, morning sickness juga dipicu oleh stres, kecemasan, dan obesitas. Morning sickness juga mengurangi rasa lapar, karena ibu hamil merasa mual dan tidak nyaman saat makan.
Morning sickness adalah kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil. Selama Anda tidak mengganggu gerakan dan terus makan, itu tidak berbahaya. Namun, mual dan muntah yang parah, kesulitan bergerak, serta kelelahan dan kelelahan karena kekurangan makanan dapat menyebabkan diare parah. nn hiperemesis ibu hamil memerlukan penanganan khusus.

Cara mengobati anoreksia selama kehamilan
Untungnya, ibu hamil bertambah 11-16 kilogram dari berat awal mereka selama kehamilan. Jika wanita hamil tidak memiliki keinginan, itu dapat menyebabkan fakta bahwa wanita hamil mengalami kekurangan gizi, yang mengarah pada malformasi janin, kelahiran prematur dan bahkan pernikahan.
Nah, untuk mencegahnya, ibu hamil bisa menggunakan beberapa cara untuk menekan hasratnya saat hamil, di antaranya:

1. Makan makanan dingin

Seringkali makanan panas atau panas menghasilkan rasa yang kuat. Pada beberapa wanita hamil, hal itu dapat menyebabkan mual dan kelaparan.
Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa membiarkan makanan terendam hingga dingin dan kehilangan rasa. Setelah itu, dimakan oleh ibu hamil.

2. Atur pola makan Anda

Makan makanan yang sama setiap hari pasti melelahkan dan bisa membuat ibu hamil merasa lapar. Agar tidak mudah menyerah, ibu hamil bisa mengatur pola makannya sekaligus menyiapkan nutrisi yang cukup untuk tubuhnya tentunya.
Coba ubah menu harian Anda atau ubah cara Anda menyiapkannya. Misalnya, jika ibu hamil merasa tidak nyaman saat harus makan buah hijau, Anda bisa mencampurkan buah hijau dengan buah hijau sebagai makanan penutup favorit Anda. Namun pastikan makanan yang dikonsumsi ibu hamil dimasak dengan matang.
Contoh lain: ibu hamil bisa mengganti daging dengan kacang, karena kedua makanan tersebut tinggi protein.

3. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur juga dapat membantu Anda mengatasi hilangnya nafsu makan selama kehamilan. Hal ini karena olahraga dapat merangsang otak untuk mengatur mood dan keinginan ibu hamil.
Beberapa olahraga yang aman untuk ibu hamil sekaligus dapat meningkatkan nafsu makan, seperti jalan santai dan berenang.

4. Tidur yang cukup

Tahukah Anda, ibu hamil juga butuh tidur yang cukup untuk menambah rasa laparnya. Saat tubuh menjadi lebih lemah selama kehamilan, itu bisa menyebabkan mual.
Tidur malam yang baik untuk ibu hamil adalah 7-8 jam. Selain itu, ibu hamil dapat tidur selama 30-60 menit antara pukul 14.00 hingga 16.00 untuk meremajakan tubuh.
Ibu hamil bisa menggunakan berbagai cara untuk mengembalikan keinginannya. Selain itu, ibu hamil harus mengurangi stres agar tidak kehilangan nafsu makan.
Ibu hamil juga dapat mengonsumsi vitamin sebelum melahirkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, sesuai anjuran dokter. Jika mual saat minum pil vitamin sebelum melahirkan, ibu hamil bisa mengonsumsi vitamin sebelum melahirkan dengan air putih atau permen karet. .
Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas dan nafsu makan ibu hamil Anda tidak membaik dan berat badannya terus turun, mungkin ada masalah kesehatan seperti kehamilan hiperhipertensi atau masalah dengan tiroid Anda.
Hubungi dokter Anda segera. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk kesehatan ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *