Beberapa Penyebab Lapar Di Malam Hari Dan Cara Mengatasinya

Anda sering lapar tengah malam ?

Kenali beberapa penyebab nya sebagai berikut

1. Penggunaan narkoba
Beberapa obat yang Anda minum dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Akibatnya, Anda mungkin terbangun lapar di malam hari. Jenis obat yang dapat meningkatkan aktivitas Anda meliputi:
• Beberapa jenis antidepresan;
• Beberapa obat untuk diabetes, seperti insulin
• Antihistamin seperti antihistamin;
• Obat steroid;
• obat migrain;
• antipsikotik;
• Antikonvulsan.

2. PMS sedang (sindrom pramenstruasi)
Jika Anda melihat perubahan nafsu makan atau lapar di tengah malam beberapa hari sebelum menstruasi, penyebabnya mungkin PMS. PMS adalah suatu kondisi yang dapat mempengaruhi kondisi fisik dan perilaku wanita yang hidup dengannya. Kondisi yang disebabkan oleh perubahan hormonal seringkali dapat terjadi sebelum menstruasi dimulai. Makan di malam hari, terutama camilan manis, merupakan salah satu gejala PMS yang sering disertai pembengkakan, kelelahan, dan gangguan tidur.

3. Sindrom makan malam (night eating syndrome)
SOS adalah jenis penyakit mental yang ditandai dengan seringnya insomnia dan makan di tengah malam untuk kembali tidur. Beberapa gejalanya adalah: kurang makan di pagi hari, merasa lapar di malam hari dan sulit tidur. Penyebab pasti penyakit ini tidak diketahui. Namun, peneliti meyakini bahwa kondisi ini terkait dengan penurunan hormon melatonin dalam tubuh pada malam hari. Orang dengan CSA juga memiliki hormon leptin yang rendah, penekanan kecanduan alami, dan kondisi lain seperti sistem kekebalan tubuh.
4. Kondisi medis lainnya
Kondisi kesehatan tertentu dapat mempengaruhi nafsu makan Anda, terutama jika berhubungan dengan sistem metabolisme dalam tubuh Anda. Penyakit yang dapat mempengaruhi nafsu makan antara lain obesitas, diabetes, dan hipertiroidisme.

Cara menyembuhkan lapar malam

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengatasi rasa lapar tengah malam. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai mempersiapkan mediasi.
• Ikuti diet sehat. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan energi secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda akan kenyang sepanjang malam.
• Makan lebih banyak buah dan sayuran di malam hari.
• Hindari gula, garam, kafein dan alkohol di malam hari.
• Hindari makan daging babi sebelum tidur.
Ini bisa menjadi ide yang baik untuk makan camilan sehat dalam porsi kecil. Namun, pastikan camilan sehat ini rendah gula untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap normal. Misalnya, telur rebus, semangkuk sereal atau kombinasi yogurt dan buah sederhana.
• Jika perlu, makan makanan penutup yang sehat yang mencakup berbagai makanan, seperti buah atau yogurt, dengan kurang dari 200 kalori dua jam sebelum tidur. Proses ini dapat mengurangi risiko kelaparan di tengah malam.
• Jika Anda sering merasa lapar di malam hari, pertimbangkan untuk mengubah waktu makan menjadi lebih dekat dengan 1-2 jam sebelum tidur.
Sementara itu, bagi mereka yang mengalami kondisi ini karena SEN, penelitian untuk pilihan pengobatan yang lebih baik terus berlanjut. Menurut sebuah penelitian oleh rumah sakit jiwa di Amerika Utara, obat-obatan dan perawatan psikiatris dapat digunakan untuk mengobati NEP. Namun, efektivitasnya memerlukan penelitian lebih lanjut.

Kapan saya harus ke dokter?

Orang mungkin lapar di malam hari karena berbagai alasan. Pengobatan dapat dimulai dengan mengisi tubuh dengan kalori yang terbakar dan tidur yang cukup. Namun, jika langkah-langkah ini tidak berjalan dengan baik dan Anda tidak bisa mengendalikan rasa lapar di tengah malam, segera temui dokter. Jika dokter Anda menemukan bahwa Anda menderita diabetes, mereka mungkin akan meresepkan obat dan pilihan diet yang sesuai untuk memantau kondisi Anda. Sementara itu, jika menurut Anda rasa lapar di malam hari sering kali disebabkan oleh obat-obatan, jangan berhenti meminumnya tanpa menemui dokter Anda. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat lain atau menyesuaikan dosisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *