Baca Tips Untuk Menghindari Bau Mulut

Lebih dari 90 persen kasus bau mulut disebabkan oleh kerusakan gigi dan mulut kotor akibat bakteri. Setiap kali Anda makan, potongan makanan bisa tersangkut atau tersangkut di gigi Anda.
Puing-puing makanan yang menempel di gigi Anda dari waktu ke waktu akan terkontaminasi bakteri jika Anda jarang menyikat gigi. Bakteri ini dapat melepaskan senyawa belerang yang menyebabkan bau mulut.

Tidak ada yang lebih tidak menyenangkan daripada mengeluh kepada tetangga bahwa Anda bau. Bahkan, Anda bersumpah pagi ini bahwa Anda menyikat gigi sebelum meninggalkan rumah. Dan ternyata benar, Anda hanya perlu mencoba menahan napas… Wow! Bau “parfum” cukup tinggi. Jangan panik. Kami memiliki beberapa tips bagus untuk membantu Anda menghindari bau mulut. Baca lebih lanjut di bawah ini.

Apa penyebab bau mulut?

Bau mulut bisa terjadi karena beberapa alasan, antara lain:
• Makan makanan tertentu yang menyebabkan bau mulut. Contohnya adalah bawang putih, yang dapat menyebabkan sakit pernapasan bahkan setelah menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur. Selain itu, daging merah dapat mengganggu pernapasan Anda, karena pemecahan protein yang tersisa dalam daging dan keju yang Anda makan dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.

• Kebersihan mulut yang buruk. Jika Anda tidak menyikat gigi setiap hari, partikel makanan akan tertinggal di mulut dan menyebabkan bau mulut.

• Mulut kering. Air liur membantu membersihkan mulut dan menghilangkan partikel penyebab bau. Oleh karena itu, produksi air liur yang berkurang dapat menyebabkan mulut kering dan bau mulut.

• Penyebab lain, seperti penggunaan obat-obatan tertentu, penyakit, dan kebiasaan merokok.

Baca Juga  8 Menu makan malam untuk diet bebas lemak, gak perlu takut gemuk dengan makanan ini!

Lalu bagaimana cara menghindari bau mulut?

Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk menghindari bau mulut dan menjaga mulut tetap segar dan bersih:
Sikat gigi Anda secara teratur. Sikat gigi langka dapat menghalangi sisa makanan di gigi Anda, yang dapat menyebabkan penumpukan plak, yang dapat menyebabkan penumpukan bakteri di mulut dan menyebabkan bau mulut. Menyikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari dapat membantu mencegah bau mulut.
Membilas. Obat kumur tidak hanya menyegarkan mulut tetapi juga melindungi dari bakteri di dalam mulut. Untuk mencegah bau mulut, Anda bisa berkumur dengan obat kumur setiap hari.
Menghapus bahasa. Plak lidah bisa menjadi tempat membunuh bakteri. Oleh karena itu, untuk menghindarinya, Anda bisa menggosok lidah dengan lembut untuk menghilangkan bakteri, kotoran makanan, dan sel kulit mati.

• Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut. Beberapa makanan dapat menyebabkan bau mulut, seperti bawang putih. Maka, salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan menghindari atau membatasi asupan makanan yang bisa menyebabkan bau mulut.

• Jangan merokok. Merokok tidak hanya menyebabkan kanker tetapi juga dapat merusak gusi, menodai gigi dan menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, untuk menghindari bau mulut, perlu berhenti merokok.

• Minum banyak air. Kurangnya air liur di mulut atau mulut kering dapat menyebabkan bau mulut. Untuk menghindarinya, sebaiknya perbanyak asupan air putih atau konsumsi permen karet bebas gula untuk merangsang produksi cadangan di dalam mulut.

• Konsumsi buah dan sayur. Makan lebih banyak buah dan sayuran dapat mencegah dan mengurangi bau mulut karena buah dan sayuran mengandung banyak air, yang membantu menjaga kelembapan mulut. Air liur adalah cara alami untuk menahan napas.

Baca Juga  Perbedaan khasiat antara kuning telur vs putih telur

• Konsumsi teh hijau. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi polifenol dalam teh hijau melindungi terhadap kerusakan gigi dan bau mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *