Hal-hal Yang Menyebabkan Kepahitan Di Mulut

“Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kepahitan di mulut. Meski sebagian besar penyebabnya tidak berbahaya, rasa pahit di mulut pasti mengganggu dan bisa mengurangi nafsu makan. Membiarkannya saja bisa mempengaruhi kesehatan. Bahkan rasa pahit di mulut pun bisa ditimbulkan. oleh penyakit yang lebih serius yang disebabkan.
Rasa pahit di mulut biasanya terjadi saat Anda sedang sakit atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Sebenarnya, ini alami. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rasa tidak enak di mulut. Mengetahui penyebabnya dapat membantu Anda menemukan cara untuk mencegah atau mengobati kondisi ini.
Meski tidak berbahaya, rasa pahit bisa membuat Anda tidak nyaman. Selain itu, kondisi ini juga bisa memanifestasikan dirinya sebagai tanda adanya masalah kesehatan di area mulut. Jadi jangan abaikan, temukan di sini penyebab mulut pahit.
Penyebab rasa pahit di mulut
Mungkin ada rasa pahit di mulut karena berbagai alasan, mulai dari asam lambung yang tidak normal, penggunaan obat-obatan tertentu, dan akhirnya masalah gigi dan mulut. Mulut yang pahit juga bisa menyebabkan nafsu makan berkurang dan keputusasaan untuk minum air. Padahal, tubuh manusia membutuhkan air dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Jika Anda membiarkannya, Anda berisiko mengalami dehidrasi, yang pada akhirnya dapat memengaruhi kesehatan Anda.
Karena itu, kondisi mulut rasa pahit tidak boleh dibiarkan. Nah, mengetahui penyebabnya penting untuk menentukan pengobatan yang tepat. Faktor-faktor berikut menyebabkan seseorang memiliki rasa pahit di mulut:

1. Disgeusia

Ketidakteraturan di mulut bisa menjadi salah satu penyebab rasa pahit yang tidak enak. Dalam dunia medis, ada gangguan mulut yang disebut dysgeusia. Dalam kondisi ini, pasien mengembangkan rasa asam, pahit atau asin di mulut, seolah-olah menyentuh logam. Dalam kasus yang parah, dysgeusia juga dapat menyebabkan rasa bising atau tidak simpatik di mulut.

2. Akumulasi bakteri

Rasa pahit juga bisa terjadi karena akumulasi bakteri dan mikroba di dalam mulut. Kondisi ini diperparah bila ada kerusakan gigi. Tidak hanya rasanya yang pahit, banyak kuman dan bakteri juga bisa menyebabkan bau mulut. Itulah mengapa penting untuk selalu menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut yang baik.

3. Mulut kering

Mulut kering atau mulut kering terjadi ketika mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Karena air liur membantu mengurangi bakteri di mulut, lebih sedikit air liur menyebabkan lebih banyak bakteri tetap berada di mulut.
Orang dengan mulut kering mungkin mengalami rasa pahit, kering, dan pahit di mulut mereka. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh faktor-faktor seperti penggunaan narkoba, penyakit yang sudah ada sebelumnya atau konsumsi tembakau. Seseorang mungkin juga mengalami mulut kering ketika hidungnya tersumbat sehingga harus bernapas melalui mulut yang bisa membuatnya kering.
Jika Anda memiliki mulut kering yang persisten, bicarakan dengan dokter Anda untuk diagnosis yang benar.

4. Masalah asam lambung

Peningkatan kadar asam lambung juga bisa menyebabkan rasa pahit di mulut. Ketika ini terjadi, Anda mungkin mengalami mual dan muntah, yang akhirnya menyebabkan rasa pahit di mulut. Gastroesophageal reflux disease (GERD) biasanya disebabkan oleh kelebihan, mengonsumsi makanan pedas, makan di waktu yang salah dan stres.

5. Hamil

Setiap orang bisa memiliki rasa pahit di mulut, bahkan ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh peningkatan atau penurunan kadar hormon estrogen yang tidak seimbang. Perubahan hormonal ini menyebabkan rasa pahit di mulut. Kondisi ini biasanya juga terjadi pada wanita saat sedang menstruasi.

6. Kekurangan Vitamin

Mulut pahit juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin. Kurangnya asupan vitamin B12 dan zinc dapat menyebabkan rasa pahit di mulut. Padahal, asupan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi organ tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda baik dari makanan maupun suplemen tambahan.
Anda dapat membeli vitamin dan suplemen yang Anda butuhkan melalui aplikasi Halodoc. Tanpa meninggalkan rumah, Anda dapat memesan obat-obatan melalui aplikasi dan pesanan Anda akan dikirimkan dalam waktu satu jam.

7. Konsumsi obat

Beberapa obat juga bisa meninggalkan rasa tidak enak di mulut. Rasa pahit juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor yang berhubungan dengan cara konsumsi atau jenis obat yang diminum. Sirup dengan rasa pahit cenderung meninggalkan rasa pahit di mulut lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *