Daftar Minuman Selain Kopi Yang Ampuh Hilangkan Kantuk

Karena beban kerja, banyak orang, termasuk Anda, seringkali tidak cukup tidur di malam hari. Akibatnya, kantuk berkembang dari pagi hingga sore, yang mengurangi produktivitas Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada berbagai cara menghilangkan kantuk, seperti berikut ini.

Daftar minuman ampuh untuk ngantuk selain kopi
Kopi adalah minuman sehari-hari, terutama bagi mereka yang bekerja 24 jam sehari. Hitam, pahit dan asam bisa menyegarkan mood dan mengusir kantuk.
Manfaat kopi untuk ngantuk berasal dari kandungan kafeinnya. Kafein adalah stimulan yang merangsang otak dan sistem saraf pusat melalui sejumlah proses yang melibatkan berbagai neurotransmiter.

Sayangnya, kopi seringkali menimbulkan sejumlah efek samping. Beberapa di antaranya adalah peningkatan keasaman lambung, provoking reflux (GERD), perubahan warna pada gigi.
Jadi, apakah ada alternatif lain bagi mereka yang tidak ingin tidur di tempat kerja tetapi tidak ingin minum kopi? Ini!
Berikut beberapa minuman manis lainnya selain kopi yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda:

1. Minuman coklat

minuman coklat
Salah satu minuman untuk menghilangkan kantuk selain kopi adalah coklat cair. Secangkir cokelat mengandung sekitar 5-10 miligram kafein.
Padahal, jumlah ini lebih sedikit dibandingkan kafein dalam kopi. Namun, kafein dalam minuman cokelat tetap bisa membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

2. Minuman berkarbonasi dan non-alkohol

Antidepresan lainnya adalah minuman ringan. Minuman jenis ini biasanya mengandung 20 hingga 40 miligram kafein.
Namun, berhati-hatilah, karena minuman ringan cenderung tinggi gula. Oleh karena itu, sebaiknya pilih minuman bersoda rendah gula (low sugar) atau tanpa gula.

3. Teh kental

Teh juga bisa menjadi alternatif minum kafein. Secangkir teh mengandung 40 hingga 120 miligram kafein; jumlah yang sama bahkan melebihi kopi dengan volume yang sama.
Ingat, jangan menggunakan terlalu banyak gula saat menyeduh teh Anda. Jika ingin menambahkan pemanis, madu lebih baik dari gula pada umumnya.

4. Teh hijau

Minuman yang semakin populer ini mengandung 30 hingga 50 miligram kafein per cangkir.
Selain efek stimulasi kafein, teh hijau juga dapat meningkatkan mood Anda, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan bahagia.

5. Minuman energi

Minuman energi mengandung 50 hingga 160 miligram kafein. Karena kandungan kafein yang tinggi ini, minuman berenergi kerap menjadi pilihan mereka yang harus bekerja lembur.
Ingatlah untuk meminumnya terlalu sering, oke? Pasalnya, ada beberapa kandungan dalam minuman berenergi yang bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

6. Susu coklat

7.Teh dengan susu

Teh dengan susu
Teh susu, juga dikenal sebagai teh susu, juga termasuk dalam minuman antiperspirant yang bisa Anda pilih.
Karena mengandung teh, minuman ini juga mengandung kafein. Dengan demikian, teh susu dapat membuat tubuh Anda lebih segar dan bugar.

8. Teh dengan madu dan lemon

Apakah Anda menyukai sesuatu yang segar dan mendidik pada saat yang bersamaan? Anda bisa menggunakan teh madu lemon atau madu lemon.
Minuman ini menghilangkan kantuk berkat kandungan kafein dalam teh yang merupakan perpaduan. Anda juga dapat merasakan manfaat dari peningkatan kesegaran karena rasa lemon yang sedikit asam.

9. Kombucha

Kombucha adalah teh yang difermentasi. Minuman ini membantu menyegarkan tubuh dan menghilangkan kantuk berkat kandungan kafeinnya yang dipadukan dengan L-theanine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *