Tips menambah berat badan lebih ideal

Ada banyak alasan mengapa orang ingin menambah berat badan, mulai dari menurunkan berat badan hingga ingin memperbaiki penampilan. Apapun penyebabnya, penambahan berat badan harus dilakukan dengan benar untuk menghindari masalah kesehatan.
Ada banyak orang yang mempraktikkan berbagai metode untuk menambah berat badan. Namun, metode penambahan berat badan harus dipilih dengan mempertimbangkan kondisi kesehatan setiap orang dan alasan mengapa berat badannya mungkin rendah.

Oleh karena itu, sebelum memulai program penambahan berat badan, periksa dulu status gizi Anda dengan menghitung BMI Anda.
Jika perhitungan menunjukkan bahwa Anda benar-benar kurus, cobalah untuk memperbaiki pola makan Anda atau bicarakan dengan dokter Anda tentang cara mengangkat berat badan dengan benar.

Beberapa alasan berat badan rendah

Ada banyak kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan penurunan berat badan, antara lain:
Kondisi medis tertentu seperti hipertiroidisme dan diabetes.
Malabsorbsi makanan, seperti penyakit celiac.
Gangguan gastrointestinal seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa.
• Kanker, terutama pada stadium lanjut.
Gangguan makan seperti anoreksia nervosa.
• Gangguan psikologis seperti stres dan depresi.
• Malnutrisi atau malnutrisi
• Infeksi seperti HIV dan TBC.
Selain itu, penurunan berat badan dapat disebabkan oleh alasan lain, seperti diet ekstrim dan efek samping dari obat-obatan, termasuk kemoterapi dan pil diet. Kebiasaan tertentu seperti penggunaan narkoba dan alkohol juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang dramatis.

Cara sehat menambah berat badan

Cara terbaik untuk menambah berat badan adalah dengan mengobati penyakit atau kondisi yang menyebabkan penurunan berat badan. Jika kondisi ini diatasi, berat badan akan bertambah.
Selain itu, Anda dapat mencoba tips untuk mendapatkan berat badan yang sehat dan aman, termasuk:

1. Pilih makanan sehat yang kaya nutrisi.
Anda tidak perlu makan makanan berkalori tinggi, makanan cepat saji, makanan berlemak atau makanan atau minuman dengan banyak gula untuk menambah berat badan.
Untuk mencapai kesehatan yang lebih sehat, Anda tetap perlu makan makanan yang seimbang dan bergizi, seperti buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau tanpa lemak, tahu, tempera, telur dan ikan.
Anda juga dapat mengonsumsi suplemen sesuai kebutuhan, sesuai anjuran dokter, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan.

2. Makan makanan kecil lebih sering.
Orang yang kurus sering merasa cepat kenyang. Daripada makan dalam porsi besar 2-3 kali sehari, lebih baik makan dalam porsi kecil tapi sering.

3. Makan minuman berkalori tinggi dengan nutrisi.
Nilai gizi tidak hanya diberikan oleh makanan, tetapi juga oleh minuman berkalori tinggi seperti smoothie, susu, yogurt, dan jus segar di antara waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda juga bisa tetap terhidrasi.

4. Pilih camilan yang sehat.
Camilan dapat memberikan kalori ekstra untuk membantu Anda menambah berat badan. Namun, sebaiknya pilih camilan yang sehat dan bergizi seperti yogurt, cokelat hitam, buah, atau roti gandum utuh.
Hindari makanan ringan yang tidak sehat seperti gorengan karena makanan tersebut mengandung minyak dan kolesterol tinggi. Konsumsi berlebihan makanan tidak sehat ini dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, atau kanker.

5. Tingkatkan asupan kalori Anda.
Untuk menambah berat badan, Anda membutuhkan kalori ekstra dalam diet harian Anda. Pilih sumber kalori ekstra yang sehat, seperti keju parut pada roti, mentega, atau sup susu.
Namun, Anda harus berhati-hati saat memilih makanan berkalori tinggi agar tidak menyebabkan kadar gula, garam, dan kolesterol berlebih dalam darah, yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda.

6. Minum setelah makan.
Minum banyak cairan sebelum makan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat. Ini akan mengurangi nafsu makan Anda dan memungkinkan Anda untuk makan lebih sedikit.

7. Berolahraga secara teratur.
Olahraga teratur diperlukan tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk menambah berat badan. Dengan olahraga teratur, tubuh Anda membangun lebih banyak jaringan otot dan menghilangkan kelebihan lemak.
Jika Anda sedang menjalani diet sehat, olahraga teratur dapat membantu Anda mencapai berat badan ideal. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan nafsu makan dengan meningkatkan asupan nutrisi dan kalori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *