Tomat Dapat Digunakan Sebagai Masker
Tomat Dapat Digunakan Sebagai Masker

Wajb Tau Manfaat Tomat Untuk Bibir Serta Kulit

Seperti yang Anda ketahui, buah memang merupakan salah satu makanan alami yang sangat baik untuk tubuh. Di atas segalanya, Anda tidak hanya membutuhkan kesehatan yang baik, tetapi juga kewaspadaan dan tekad. Salah satu buah yang sering digunakan untuk kecantikan dan perawatan adalah tomat.
Tomat diketahui mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk perawatan kulit. Kandungan vitamin A, C dan antioksidan yang banyak terdapat pada tomat dinilai ampuh mengatasi kerusakan sel kulit. Tak hanya itu, tomat dianggap bahan alami yang bisa melembabkan dan melembutkan kulit. Tomat juga membantu dalam merawat bibir kering, gelap dan pecah-pecah.
Karena tomat memiliki banyak khasiat yang bermanfaat untuk wajah dan bibir, tidak mengherankan jika tomat sering digunakan sebagai bahan utama dalam produk perawatan kulit alami. Ada banyak produk perawatan kulit dan kecantikan saat ini yang memiliki manfaat luar biasa dari tomat. Mulai dari pembersih wajah hingga masker wajah.
Namun, mereka yang mencari cara yang lebih alami dapat membuat sendiri komponen perawatan kulit alami menggunakan tomat. Perawatan wajah dan bibir tomat tidak hanya murah dan terjangkau, tetapi juga mudah digunakan. Buah tomat dipercaya dapat mengatasi segala macam masalah pada kulit wajah dan bibir.
Berikut beberapa khasiat tomat yang bermanfaat untuk wajah dan bibir yang perlu Anda ketahui.

Melindungi dari sinar matahari

Manfaat tomat yang pertama untuk wajah dan bibir adalah dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Keunggulan ini karena kandungan likopen yang banyak terdapat pada tomat.
Makan tomat yang kaya likopen dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Namun, perlu diingat bahwa tomat bukanlah pengganti tabir surya.

Membantu menyembuhkan luka

Manfaat lain tomat untuk wajah dan bibir adalah membantu menyembuhkan luka. Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat merangsang pertumbuhan jaringan ikat baru, mempercepat penyembuhan dan mempercepat penyembuhan luka.
Selain itu, tomat memiliki beberapa sifat anti-inflamasi, seperti likopen, beta-karoten, lutein, vitamin E dan C.
Senyawa ini dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi gejala seperti terbakar sinar matahari atau demam. Selain itu, kandungan ini sangat berguna untuk menyembunyikan tanda-tanda jerawat hitam dan merah.

Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat tomat yang sama pentingnya untuk wajah dan bibir adalah dapat meningkatkan produksi kolagen. Manfaat ini lagi-lagi terkait dengan kandungan vitamin C pada tomat.
Selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat dalam merangsang produksi kolagen. Jadi, tomat dioleskan dengan sangat baik ke wajah dan bibir, membuatnya lebih sehat dan kuat.
Selain itu, vitamin B dalam tomat membantu mencegah gejala penuaan dini. Vitamin B ini mengurangi bintik hitam, tanda penuaan dan garis halus atau kerutan. Vitamin B juga berperan dalam memperbaiki sel-sel kulit superfisial dan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Mengangkat sel kulit mati

Manfaat tomat untuk wajah dan kulit selanjutnya tidak lebih dari pengangkatan sel kulit mati. Enzim yang ditemukan dalam tomat dianggap efektif dalam menghilangkan sel-sel kulit mati. Manfaat ini bisa digunakan untuk merevitalisasi wajah dan bibir. Dalam hal ini, tomat dapat digunakan untuk membuat kulit alami untuk wajah dan bibir.
Caranya sederhana: ambil tomat dan campurkan dengan sedikit gula, lalu potong-potong hingga lunak. Kemudian oleskan pada wajah dan bibir dan gosok dengan lembut.

Melembabkan kulit dan bibir

Manfaat tomat yang tidak kalah menarik adalah mampu melembabkan kulit dan bibir. Dalam hal ini, tomat mengandung potasium yang sangat berguna untuk melembabkan kulit dan bibir.
Hal ini dikarenakan kondisi kulit dan bibir yang kering, pecah-pecah dan kasar tidak lain adalah rendahnya kadar potasium dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat dari tomat ini jika Anda menggunakannya sebagai produk perawatan kulit atau bibir. Jika menginginkan sesuatu yang lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi jus tomat setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *