Minum kopi campur lemon! Apakah benar terkandung manfaat khusus di dalamnya

Minum kopi campur lemon! Apakah benar terkandung manfaat khusus di dalamnya?

Yogyakarta, tersurat.com – Minum kopi merupakan salah satu kebiasaan sehari-hari banyak orang. Jika kopi Anda biasanya dicampur dengan susu atau krim, mengapa tidak diminum dengan lemon? Beberapa orang memulai metode ini daripada minum kopi. Misalkan kopi campur lemon memiliki khasiat tertentu. Betul sekali? Amankah minum kopi yang dicampur lemon?

Nutrisi kopi dan lemon

Kopi dan lemon adalah dua bahan dasar yang sering digunakan untuk membuat minuman. Minuman kopi dibuat dengan mengekstraksi biji kopi panggang. Berdasarkan hasil seduhan ini, kopi dapat disajikan dengan atau tanpa campuran untuk menyajikan minuman seperti espresso, cappucino, dan macchiato.

    Baca Juga : 7 Khasiat untuk daya tahan tubuh yang bisa diperoleh dari buah mangga

Berbeda dengan kopi, lemon adalah buah jeruk. Lemon umumnya diambil dalam bentuk jus atau dicampur dengan teh. Kedua bahan tersebut bermanfaat bagi kesehatan dan memiliki efek samping. Berikut ini ramuan kopi dan lemon serta khasiat dan efek sampingnya karena kesehatannya.

Kandungan nutrisi dalam kopi
Kopi mengandung berbagai macam nutrisi, di antaranya vitamin B2, vitamin B3, magnesium, potasium, dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Menggunakan ramuan tersebut, manfaat kopi adalah mengurangi risiko terkena diabetes, penyakit parkinson, penyakit liver dan kanker hati, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Kopi juga mengandung kafein yang baik untuk kesehatan Anda, namun dapat meningkatkan kecemasan orang yang overdosis kopi. Selain itu, sebagian besar varietas kopi bersifat asam dengan pH rata-rata 4,85-5,10. Bagi sebagian orang, pH kopi dapat memperburuk kondisi kesehatan seperti menginduksi penyakit gastroesophageal reflux (GERD), tukak lambung, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Baca Juga  Apakah yang akan terjadi pada tubuh kamu setelah terlalu lama menatap layar smartphone? Jarang di Ketahui

Kandungan nutrisi dalam lemon
Lemon, di sisi lain, dikenal tinggi vitamin C, serat makanan, dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya. Manfaat kesehatan lemon antara lain meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol berat badan, mencegah batu ginjal, mencegah anemia, mengurangi risiko terkena kanker, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Lemon juga mengandung zat asam yang tinggi, buah ini memiliki pH rata-rata 2-3 keasaman. Keasaman lemon dapat meningkatkan nilai keasaman dari urin orang yang menelannya. Lemon dapat menyebabkan mulas dan dehidrasi akibat korosi gigi, peningkatan asam lambung, jika tertelan terlalu banyak.

Benarkah minum kopi yang dicampur lemon memiliki khasiat tersendiri?

Selain efek negatif overdosis, kopi dan lemon ternyata bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Namun perpaduan keduanya tidak memberikan manfaat yang lebih besar. Keuntungan minum kopi yang dicampur lemon lebih banyak dengan kandungan kopinya. Lemon memberikan kontribusi kecil. Banyak orang minum kopi yang dicampur lemon untuk menurunkan berat badan, mengurangi sakit kepala, dan mengatakan itu baik untuk kesehatan kulit. Beberapa orang merasa ini tidak sepenuhnya benar.

Menurut beberapa penelitian, kopi memiliki kemampuan untuk mengurangi sakit kepala dan migrain penurunan berat badan. Karena itu, mereka yang minum kopi dicampur lemon bisa merasakannya. Namun keunggulan tersebut tidak datang dari perpaduan keduanya, melainkan dari keunggulan kopi saja.

Minum kopi yang dicampur lemon juga membantu kesehatan kulit. Ini karena kopi mengandung asam yang dapat meningkatkan aliran darah dan melembabkan kulit. Lemon mengandung Vitamin C yang dapat merangsang produksi kolagen, komponen yang memberi kekencangan pada kulit. Namun, manfaat tersebut juga bisa didapatkan jika mengonsumsi kopi dan lemon secara terpisah. Oleh karena itu, tidak sepenuhnya benar bahwa meminum kopi dengan lemon dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Baca Juga  Kenali Kondisi Psikologi Kamu ! Berikut 10 Tanda Kondisi Psikologi Sedang terganggu

Amankah minum kopi yang dicampur lemon?

Pada dasarnya meminum kopi yang dicampur lemon tidak dilarang dan aman bagi sebagian orang untuk diminum. Namun, minum kopi yang dicampur lemon bisa berbahaya bagi sebagian orang lain dan bisa memperburuk gangguan asam lambung. Alasannya adalah kopi dan lemon memiliki semua sifat asam dan lemon memiliki nilai pH asam yang lebih tinggi. Sementara dua campuran tersebut, diproduksi minuman tingkat-PH. Hal ini membuatnya tetap asam jika dipadukan dengan minuman kopi dan lemon.

Jangan overdosis minuman asam. Dalam beberapa kasus, minum kopi yang dicampur lemon justru dapat memperparah diare. Oleh karena itu, saat minum kopi atau lemon, jangan minum kopi yang dicampur lemon, yang bermasalah dengan asam lambung. Tetapi jika Anda tidak memakainya Bila dua hal diambil secara terpisah, keduanya bisa disatukan asalkan tidak berlebihan. Namun, jika Anda mengalami gejala kesehatan tertentu setelah mengonsumsi minuman campuran ini, segera temui dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *