Bisnis promosi & marketing

Raih kepuasan pelanggan dan rasakan manfaatnya untuk perkembangan bisnis Anda

TerSurat.com Yogyakarta –  Apakah Anda ingin menjalankan bisnis yang sukses dan membuat pelanggan senang? Jika demikian, kepuasan pelanggan adalah jawaban yang mungkin Anda cari. Pada dasarnya, poin ini bisa lebih dari sekedar kepuasan pelanggan. Ini karena ada gangguan emosi, dan bukan sekedar diskon atau harga produk yang murah. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang proses ini, baca artikel ini dengan cermat. BAIK!

Baca Juga : Harga penetrasi, tetapkan harga rendah di awal dan mendapatkan keuntungan yang memuaskan

Apa kepuasan pelanggan?

Siapa yang tidak ingin pelanggan senang dengan produk dan layanan yang ditawarkan sehingga mereka terus berbelanja lebih dari dua kali?

Setiap perusahaan pasti ingin mencapai ini. Dalam hal dampak, kepuasan pelanggan merupakan syarat bagi perusahaan untuk memuaskan pelanggan lebih dari ekspektasi mereka. Hal ini dapat dicapai tidak hanya melalui pembuatan produk yang berkualitas, tetapi juga melalui pelayanan prima guna menciptakan ikatan emosional antara pelanggan dan produk suatu merek.

Contoh kepuasan pelanggan

Untuk membantu Anda memahami dengan lebih baik, Glints menawarkan salah satu contoh paling sederhana, hotel bintang lima. Bahkan ada yang mematok harga setinggi sepuluh juta per malam. Namun, harus ada layanan yang mengejutkan tamu karena melebihi ekspektasi di awal. Misalnya, salah satu hotel bintang lima di Jakarta punya pelayan pribadi yang bisa dimintai apa saja. Hal itu dilakukan agar pengalaman menginap di sana lebih nyaman dan optimal. Karena mereka lebih dari puas dengan layanan yang ditawarkan, mereka akhirnya akan berbagi pengalaman dengan teman terdekat, media sosial, dan lainnya. Menurut Study.com, kepuasan pelanggan juga merupakan jenis bidang pemasaran dari mulut ke mulut yang biasanya lebih efektif daripada strategi lainnya.

Baca Juga  6 Strategi Bisnis Dropshipping yang Sukses agar Jualan Laris Manis

Mengapa itu penting?

Selain mengadopsi pemasaran dari mulut ke mulut, apa manfaat kepuasan pelanggan bagi bisnis? Di bawah ini adalah beberapa manfaatnya:

  • Memperkuat loyalitas merek
  • Meningkatkan pendapatan
  • Buat gambar yang bagus (di media sosial, dari mulut ke mulut)
  • Membedakan bisnis dari pesaing
  • Pastikan pelanggan kembali untuk mempelajari lebih lanjut

Semua layanan di atas tidak hanya berlaku untuk jangka pendek. Setelah Anda menemukan formula yang tepat untuk mendapatkan kepuasan pelanggan dalam bisnis Anda, stabilitas bisnis cenderung lebih stabil dalam jangka panjang. Mau tidak mau, Anda memiliki pelanggan setia yang yakin akan membeli produk atau jasa Anda berulang kali karena sangat puas dengan pengalaman yang diberikan.

Inilah cara Anda mengoptimalkan kepuasan pelanggan

1. Selalu mengutamakan pelanggan

Jika Anda ingin mencapai kepuasan pelanggan, fokus utama Anda adalah pelanggan. Menurut Hubspot, Anda perlu mencari tahu apa yang mereka inginkan, menerima kritik dan saran mereka, dan kemudian memenuhi kebutuhan mereka. Ketika pelanggan membutuhkan informasi, usahakan sedetail mungkin. Jika ada kesalahan, mohon maaf dan berikan isyarat khusus, seperti, produk tambahan atau lainnya. Intinya adalah untuk “melampaui dan melampaui” sehingga kepuasan sesuai dengan upaya yang diberikan.

2. Tawarkan layanan terbaik

Selain itu, layanan pelanggan berkomitmen untuk membantu pelanggan menyelesaikan masalah mereka. Sebagai jembatan antara bisnis dan pelanggan, komunikasi harus dijaga dengan ketat. Tidak hanya memberi tahu semua informasi yang tersedia, tetapi juga mengirimkannya sesegera mungkin. Pernahkah Anda berbelanja di toko online dan bertemu dengan admin yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menjawab pertanyaan sederhana? Pasti menyebalkan, bukan? Ini tidak dapat dilakukan untuk menarik pelanggan. Administrator atau layanan pelanggan harus merespon secepat mungkin sehingga masalah dapat segera diselesaikan.

Baca Juga  Ketahui Fakta Fakta Bibit Mangga Miyazaki Yang Viral

3. Jangan berhenti bertumbuh

Kiat Hello Marketing untuk membuat pelanggan senang adalah tidak pernah berhenti berkembang. Baik itu produk yang diproduksi, layanan yang diberikan, atau detail lainnya yang memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. Semoga setelah membaca artikel ini kalian mendapatkan ilmu baru dan mendapatkan kepuasan pelanggan nantinya ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *