Lakukan hal ini untuk pencegahan terjadinya kanker kulit

Lakukan hal ini untuk pencegahan terjadinya kanker kulit

Yogyakarta, tersurat.com – Kanker kulit adalah jenis kanker yang berbahaya. Tapi bukan berarti tidak bisa dihindari. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika memang tidak ingin mengalami suatu kondisi kulit. Lalu bagaimana cara mencegah kanker kulit? Simak uraian berikut di sini.

Dapat mencegah berbagai macam kanker kulit

Tidak semua orang menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit. Itu juga bagian dari kulit yang terkena sinar matahari dengan baik. Pasalnya, paparan tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker kulit. Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit ini.

    Baca Juga : Proses buah alpukat efektif melawan kolesterol jahat

Upaya pencegahan kanker kulit

Berikut upaya pencegahan kanker kulit :

1. Pelatihan tentang penggunaan tabir surya (sunscreen)
Mengingat bahwa paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama kanker kulit, tindakan pencegahan yang mungkin dilakukan adalah meminimalkan paparan sinar matahari. Ini terutama diperlukan dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Pasalnya, sinar UV yang terpapar matahari selama ini sangat kuat. Ada tiga jenis UV (sinar ultraviolet) yang dipancarkan dari matahari, tetapi hanya UVA dan UVB yang mempengaruhi tubuh manusia.

Dikenal sebagai sinar UVA atau sinar penuaan, mereka dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan keriput dan penggelapan. UVB atau sinar terbakar, di sisi lain, adalah jenis cahaya yang dapat menyebabkan kulit terbakar. Ini dapat menyebabkan kanker kulit yang kurang terpapar kedua sinar ini. Sinar UVA juga dapat menembus kaca dan awan. Sinar UVB tidak mungkin, tetapi intensitas penyalinan jauh lebih kuat dari UVA.

Oleh karena itu, penting untuk mengoleskan tabir surya setiap hari sebelum keluar rumah, meski cuaca sedang buram. Tabir surya dan tabir surya menghalangi penyerapan radiasi ke permukaan kulit. Oleskan kembali tabir surya segera setelah Anda secara tidak sengaja memasarkannya ke air atau mencucinya dengan air.

Baca Juga  Tanda gejala depresi: Apakah terlalu banyak tidur?

2. Kenakan pakaian yang menutupi kulit Anda
Saat Anda pergi keluar, kenakan pakaian yang menutupi kulit Anda untuk meminimalkan paparan sinar matahari. Misalnya baju lengan panjang, celana panjang, topi, dan kacamata hitam anti UV. Jika memungkinkan, Anda dapat melakukan pencegahan terhadap kanker kulit dengan mengenakan pakaian berlabel faktor penghambat UV atau pakaian yang khusus dibuat untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Saat bepergian, saya berusaha membiasakan diri memakai pakaian tertutup, meminimalkan kemungkinan terkena sinar matahari berlebihan, dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.
Metode menghindari terjadinya kanker kulit

3. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan
Bahkan jika Anda memakai tabir surya dan pakaian tertutup, disarankan untuk menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Terutama antara jam 10 pagi dan 4 sore saat matahari paling tinggi. Tapi itu tidak berarti Anda tidak terpapar sinar matahari sama sekali.

Pasalnya, kekurangan sinar matahari juga bisa menyebabkan penyakit seperti kekurangan vitamin D. Menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membantu mencegah kulit terbakar sinar matahari. Ini membuat kulit yang terbakar matahari lebih rentan terkena kanker kulit.

4. Periksa kondisi kulit Anda secara rutin
Menurut Skin Cancer Foundation, salah satu upaya pencegahan kanker kulit adalah dengan memeriksa kondisi kulit secara rutin. Anda dapat melakukannya secara mandiri dengan mengetahui bahwa tubuh Anda memiliki gejala kanker kulit. Periksa kulit Anda dari ujung rambut hingga ujung kaki untuk memastikan kulit Anda sehat.

Namun, jika ragu, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter kulit untuk mendeteksi kanker kulit sejak dini. Setidaknya, dokter yang didiagnosa mengidap penyakit tersebut dapat dengan cepat menentukan jenis pengobatan kanker kulit yang sesuai untuk kesehatan Anda.

Baca Juga  4 tips agar rumah Anda tidak menjadi sarang nyamuk

5. Hindari sengatan matahari
Sunburn merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menggelapkan warna kulit. Selain mengekspos sinar matahari, penyamakan biasanya dilakukan di ruang tertutup menggunakan tanning bed yang memancarkan sinar UV. Kehadiran sinar UV dapat mengganggu kesehatan kulit. Selain meningkatkan kemungkinan terkena kanker kulit, tan Peter dapat mempercepat tanning dan penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu, jika ingin mencegah kanker kulit, Anda perlu menghindari sengatan matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *