Bisnis promosi & marketing

5 tips mencari calon pelanggan agar mudah menarik pelanggan potensial

TerSurat.com Yogyakarta – Bagi Anda yang ingin berkecimpung di dunia penjualan, wajib mengetahui beberapa tips bagaimana caranya. Kenapa ini? Karena mencari perspektif yang dapat mendukung perkembangan perusahaan bukanlah pekerjaan yang mudah. Menurut Hubspot, pencarian prospek berkaitan erat dengan waktu dan biaya. Di satu sisi, jika tim penjualan tidak dapat memenuhi kuota potensial sebelum batas waktu, perusahaan tidak dapat memberikan biaya tambahan. Akibatnya, perkembangan bisnis perseroan secara tidak langsung terhambat.

Baca juga : Berikut beberapa Tips Membuat Storytelling yang Menarik di Media Sosial

Untuk membantu Anda dan tim Anda memenuhi persentase prospek yang dibutuhkan, Glints di sini menawarkan lima tip terbaik untuk prospek Anda.

1. Ketahui kebutuhan prospek

Dalam dunia pencarian calon pelanggan, hal pertama yang perlu Anda ingat adalah bahwa setiap pelanggan memiliki kebutuhannya sendiri. Di era modern ini, pelanggan atau prospek secara unik memilih untuk melakukan riset mendalam terhadap perusahaan yang membuat produk yang mereka butuhkan.Faktanya, hasil studi Accenture tahun 2014 menemukan bahwa hampir 95% dari prospek bisnis B2B meneliti perusahaan secara online sebelum membeli. Dengan mode ini berkembang, berikan informasi sebanyak mungkin kepada mereka yang ingin melakukan pencarian. Anda tidak harus berinteraksi langsung dengan prospek. Berikan saja ilmu dan manfaat yang bisa mereka peroleh dari produk perusahaan Anda.

2. Pendekatan di media sosial

Kamu tahu? Bahwa, menurut riset Fronetics, hampir 53% prospek bisnis B2B beralih ke media sosial untuk melihat produk perusahaan sebelum mengambil keputusan pembelian? Berdasarkan tren ini, perwakilan penjualan sekarang harus mulai mendekati pelanggan potensial di ruang media sosial. Alasannya adalah karena metode pendekatan ini memberi prospek rasa nyaman dan familiar. Ketika perwakilan penjualan harus menelepon, mereka tidak khawatir dengan risiko penipuan karena mereka sudah mengenal penelepon melalui media sosial, menurut Hubspot.

Baca Juga  Jangan Salah Langkah, Ketahuilah Tujuan Dan Tips Melakukan Riset Pasar

3. Lengkapi daftar nama di log panggilan

Tip berikutnya untuk membantu Anda menyelesaikan inisiatif pencarian calon pelanggan sebelum tenggat waktu adalah melengkapi daftar nama di log panggilan. Secara umum, Anda memiliki daftar panggilan panas dan daftar panggilan dingin. Sebisa mungkin, prioritaskan salah satu dari daftar ini dan akhiri semua nama di dalamnya. Sekarang Anda mungkin berpikir bahwa di zaman modern ini, menelepon sudah tidak efektif lagi. Mengapa harus diprioritaskan? Jangan salah lho. Riset Rain Sales Training menunjukkan bahwa 69% prospek telah menerima telepon dari tim penjualan dalam 12 bulan terakhir. Selain itu, 27% perwakilan penjualan mengatakan bahwa berbicara melalui telepon dengan calon pelanggan sangat efektif. Namun, agar panggilan berhasil, tim penjualan harus memberikan dialog yang menciptakan perspektif positif bagi prospek.

4. Kirim email yang dipersonalisasi

Sebagai alat penjualan, sebagian orang beranggapan bahwa email sudah tidak relevan lagi. Nyatanya, ini tidak benar. Hampir 80% pelanggan potensial mengatakan mereka lebih suka berinteraksi dengan tim penjualan melalui email, menurut Superoffice. Tren ini sekarang menguntungkan karena biaya mengirim email tidak terlalu tinggi. Namun, perusahaan perlu membuat email yang dipersonalisasi untuk setiap prospek potensial. Email ini harus ditulis dan dirancang berdasarkan riwayat tim penjualan dengan prospek dan tanggapan terhadap semua persyaratan mereka. Dijamin, tips personalisasi email ini bisa menjadi titik balik keberhasilan inisiatif pencarian calon pelanggan Anda.

5. Terima referensi dari prospek

Seperti yang dijelaskan Glints, terkadang tim penjualan tidak punya banyak waktu dan uang. Sebagai solusinya, tips yang perlu diingat saat mencari prospek adalah mengirimkan testimoni dari calon klien. Ya, trik yang satu ini bisa menghemat waktu Anda dengan menghilangkan kebutuhan untuk membuat profil kandidat dan membangun hubungan yang baik. Ini karena, menurut studi Reuters, 91% pembelian B2B dipengaruhi dari mulut ke mulut di antara calon pelanggan. Jadi wajar saja jika tingkat keberhasilan program referensi ini mencapai 70%. Ini adalah lima tip pencarian prospek yang perlu Anda ingat sebelum menuju ke area penjualan. Ingat, pencarian calon pelanggan adalah program yang diperlukan untuk pengembangan G

Baca Juga  5 Tips berbisnis baju bekas sebagai kerja sampingan yang menguntungkan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *