Pantangan konsumsi soft drink Batasan dalam sehari yang gak boleh diabaikan

Pantangan konsumsi soft drink: Batasan dalam sehari yang gak boleh diabaikan

Yogyakarta, tersurat.com – Dalam kasus gelombang panas atau cuaca panas, memang sangat enak untuk minum minuman dingin seperti soft drink. Namun dibalik kesegaran soft drink favorit Anda, ternyata ada beragam risiko kesehatan yang mengintai. Anda mungkin berpikir, “Oh, tapi saya hanya kadang-kadang minum minuman.” Tapi apakah Anda benar-benar tahu batasan aman minum minuman bersoda manis sehari atau seminggu, misalnya? Simak jawabannya berikut ini!

Fakta nutrisi soda atau soft drink

Minuman ringan, minuman energi, jus buah kemasan, teh dan kopi siap minum, air vitamin, yogurt hingga air kelapa dijual dalam kemasan botol atau kotak, berbagai macam minuman ringan alias soft drink. Intinya, ragam minuman yang sudah jadi diolah (tidak lagi alami) tergolong minuman ringan siap minum. Misalnya, Anda mungkin mengira bahwa jus buah kemasan mengandung buah asli. Nyatanya, Anda bisa merayu dan menipu penyakit dari teks-teks semacam itu. Jus buah asli mungkin mengandung beberapa persen.

Kandungan maksimal dari berbagai jenis minuman ringan yaitu air dan gula. Gula yang digunakan dalam pencampuran minuman kemasan biasanya merupakan pemanis buatan seperti sirup jagung fruktosa tinggi dan sukrosa. Gula adalah kalori dalam tubuh Anda. Jadi, minuman jenis ini biasanya rendah nutrisi, tapi berkalori tinggi.

Apa saja bahaya minuman bersoda bagi kesehatan?

Meminum minuman bersoda tinggi gula mudah terserang berbagai penyakit. Beberapa di antaranya adalah diabetes, obesitas, penyakit jantung, penyakit ginjal, dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, berbagai penelitian juga membuktikan bahwa orang yang terbiasa meminum minuman jenis ini cenderung mengabaikan kesehatan secara umum. Karena itu, dokter atau pakar kesehatan tidak menganjurkan sering-sering minum minuman bersoda.

Baca Juga  Sering banget dianggap sama, apa sih sebenarnya perbedaan yogurt dan kefir?

Jumlah soft drink yang boleh dikonsumsi per harinya

Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya apakah minum minuman jenis ini beberapa kali aman untuk kesehatan Anda. Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama Anda perlu mengetahui batasan yang masuk akal tentang berapa banyak gula yang Anda konsumsi per hari.

Orang dewasa sebaiknya tidak mengkonsumsi lebih dari 50 gram gula (setara dengan 5 hingga 9 gelas 1 sendok teh) per hari. Untuk anak-anak, batasi adalah 12-25 gram per hari (sekitar setengah dari konsumsi orang dewasa). Sedangkan satu kaleng minuman favorit Anda memiliki kandungan gula mencapai 17 gram. Padahal, per hari Anda pasti mengonsumsi gula dari sumber lain seperti Amerika atau jajanan.

Rata-rata, Anda bisa mengonsumsi lebih dari 80 gram gula per hari. Belum lagi apakah Anda akan mengonsumsi hingga dua kemasan kaleng atau karton. Risiko Anda untuk risiko salah satu penyakit di atas bisa berlipat ganda. Menurut sebuah studi oleh para ahli Swedia, minum 200 mililiter soda per hari membuat Anda lebih rentan terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang tidak minum minuman kemasan setiap hari.

Padahal, berat satu kaleng minuman biasanya 300 mililiter. Ini berarti bahkan satu kaleng per hari bisa berbahaya. Oleh karena itu, mengonsumsi minuman jenis ini sekali sehari dianggap tidak wajar. Jika tetap ingin mengkonsumsinya, sebaiknya dibatasi hingga 2 kali seminggu agar tubuh Anda dapat mencernanya sepenuhnya.

Nasihat untuk tidak melebih-lebihkan minum soft drink

Jika Anda ingin mempercepat proses pencernaan sekaligus mengurangi risiko penyakit akibat terlalu banyak asupan minuman jenis ini, Anda perlu memperhatikan gaya hidup Anda. Pertahankan pola makan yang sehat, olahraga teratur, kendalikan berat badan Anda, jaga kebugaran tubuh dan banyak istirahat. Nanti, jika sudah memungkinkan untuk membatasi konsumsi minuman ini menjadi dua kali seminggu, kami akan menguranginya secara perlahan menjadi seminggu sekali. Seiring berjalannya waktu, Anda terbebas dari mengidam minuman ringan.

Baca Juga  Bisakah Anda berenang saat menstruasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *