Bisnis promosi & marketing

Ketahui Pentingnya Hak Merek Dagang Untuk Perusahaan Anda Dan Cara Mendaftarkannya

TerSurat.com Yogyakarta –Tahukah Anda bahwa hak merek dagang adalah salah satu aspek hukum terpenting saat memulai bisnis? Tanpa mereka, perusahaan Anda bisa bentrok dengan perusahaan lain yang ingin menggunakan nama yang sama, yang pada akhirnya bisa merugikan kedua belah pihak. Untuk menghindari hal ini, di artikel ini Glints akan menjelaskan apa itu merek dagang, apa jenisnya, dan cara mendaftarkannya.

Baca Juga : Untuk pelanggan setia, ketahui 5 cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan

Yuk simak lebih lanjut!

 Apa itu hak merek dagang?

Sebelum kita masuk ke registri, mari kita periksa dulu definisinya. Hak Merek adalah grafik yang berupa logo, nama, kata, huruf, tipografi, angka dalam format 2D, 3D, bunyi, hologram atau gabungan dari semua tanda perusahaan. Tujuan dari hak ini adalah untuk membedakan antara bisnis dan bisnis lain yang bergerak di bidang barang dan jasa. Tanpa mereka, Anda tidak dapat memperdagangkan barang atau jasa tersebut dengan merek Anda sendiri. Jika ada perusahaan dengan nama yang sama dan telah mendaftarkan hak merek dagang, Anda bisa dituntut dan dipaksa untuk mengganti nama atau barang yang sama dengan mereka. Pada intinya kurang lebih sama dengan hak cipta yang diatur dalam sebuah karya, namun dalam konteks inilah elemen-elemen yang menjadi merek dagang.

Bagaimana cara memeriksa dan mendaftarkan hak merek dagang

Diindikasikan oleh CNN Indonesia, hak atas merek (bagian dari HTI) hanya akan diakui jika telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dan tidak didaftarkan oleh perusahaan lain dengan merek serupa. Setelah pendaftaran, Anda memiliki kendali penuh atas merek tersebut. Artinya, jika ada merek dagang yang tidak terdaftar dengan kemiripan visual yang dianggap merugikan bisnis Anda, Anda berhak menuntut dan tidak dapat lagi menggunakannya. Di situs resmi DGIP, Anda dapat menemukan cara-cara berikut untuk memeriksa dan mendaftarkan hak merek dagang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Perencanaan media, memaksimalkan penggunaan media untuk pemasaran

1. Siapkan kebutuhan yang dibutuhkan

Sebelum melakukan registrasi di website DJKI, persiapkan terlebih dahulu semua persyaratan yang diperlukan.

Beberapa dari mereka adalah:

  • Label merek
  • tanda tangan pelamar
  • Surat rekomendasi untuk UKM binaan / binaan (untuk UMKM)
  • Biaya Rp1.800.000 per kelas (untuk umum)
  • Biaya Rp 500.000 per kelas (untuk UMKM)

2. Daftarkan akun di situs DGIP

Jika semua persyaratan sudah disiapkan, langsung ke merk.dgip.go.id dan cek merek yang ingin didaftarkan terlebih dahulu.

Jika tidak ada masalah, segera daftarkan akun baru.

Nanti akan muncul halaman seperti screenshot yang perlu Anda isi.

3. Ajukan permintaan

Setelah membuat dan mengaktifkan akun, Anda dapat langsung mengklik (+) Aplikasi Baru untuk mendaftarkan hak merek dagang.

4. Masukkan jenis, tipe dan pemilihan kelas

Kemudian masukkan opsi jenis, jenis, dan nilai merek Anda.

Ini penting sejak awal karena ini akan menjadi kode penagihan Anda nanti.

5. Bayar tagihan

Untuk membayar tagihan tagihan hak merek dagang, Anda harus mendaftar pada aplikasi SIMPAKI dan mendownloadnya.

Bagaimana:

  • Kunjungi simpaki.dgip.go.id
  • Pilih jenis layanan “Merek dan Indikasi Geografis”.
  • Klik “Permohonan Pendaftaran Merek Dagang Dikirim Oleh:” (merek dagang yang ingin Anda daftarkan)
  • Bergantung pada jenis bisnis Anda, pilih jenis kategori umum atau UMKM
  • Klik “Elektronik” untuk pendaftaran online
  • Memasukkan data pelamar dan data lamaran
  • Bayar PNBP dengan Internet / M-Banking dan ATM

6. Lengkapi formulir permohonan merek dagang

Kemudian isi formulir pendaftaran merek dagang. Ini termasuk data pelamar, data merek dan data kelas.

7. Unggah semua data yang diperlukan

Pada langkah terakhir, unggah semua persyaratan dan data yang telah disiapkan sebelumnya. Anda dapat mengklik (+) Tambahkan di halaman ini untuk mengunggah dokumen yang diperlukan dan kemudian mempratinjaunya untuk memastikan kebenarannya. Kemudian pilih Print a Receipt dan klik Finish jika sudah benar. Aplikasi Anda juga telah dimasukkan ke dalam sistem dan sedang ditinjau untuk diproses lebih lanjut. Jika belum ada bisnis merek terdaftar dan tujuan pendaftaran Anda dirasa sudah tepat, proses selanjutnya pasti akan lancar dan mudah. Ini adalah penjelasan lengkap tentang pentingnya hak merek dagang untuk bisnis dan cara mendaftarkannya. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang detail bisnis, Anda dapat eIkuti kursus di kategori Dasar-dasar Bisnis dari Glints ExpertClass. Anda memiliki kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli dengan banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis bertahun-tahun yang nantinya dapat diterapkan di perusahaan Anda juga.Menarik bukan? Ayo segera cari kelas yang ingin kamu ikuti dan daftar!

Baca Juga  7 Cara memulai bisnis bagi pemula yang menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *