Bisnis promosi & marketing

Untuk pelanggan setia, ketahui 5 cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan

TerSurat.com Yogyakarta – Setiap pebisnis ingin bisnisnya semakin sukses. Ini sebenarnya bisa terjadi jika mereka memahami cara meningkatkan pengalaman pelanggan yang efektif. Super Office mengatakan pengalaman pelanggan akan tetap menjadi prioritas dalam bisnis selama 5 tahun ke depan. Pernyataan itu berdasarkan hasil survei mereka terhadap hampir dua ribu pebisnis.

Baca juga : Intelijen Kompetitif, kumpulan informasi yang membuat bisnis lebih unggul

Sehingga dapat dikatakan bahwa customer experience merupakan salah satu faktor terpenting dalam perkembangan bisnis. Hotjar juga menyebutkan bahwa customer experience yang baik akan membawa keuntungan lain bagi perusahaan juga. Misalnya, meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan melalui peningkatan referensi, ulasan positif, dan pemasaran dari mulut ke mulut. Apa cara efektif untuk meningkatkan pengalaman pelanggan? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

1. Siapkan perjalanan pelanggan

Cara pertama untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah dengan mempersiapkan perjalanan pelanggan sebelumnya. Perjalanan pelanggan ibarat tindakan yang disiapkan oleh penjual agar calon pembeli menikmati setiap proses jual beli. Dalam mempersiapkan hal yang satu ini, tenaga penjual perlu memahami setiap aspek pengalaman pelanggan, mulai sebelum dan sesudah penjualan. Proses interaksi pra-penjualan itu penting. Namun, interaksi purna jual tetap perlu diperhatikan. Perjalanan pelanggan harus dilakukan secara detail agar setiap tenaga penjual dapat memahami kebutuhan dan harapan pelanggannya.

2. Lakukan audit pengalaman pelanggan dari perspektif yang berbeda

HubSpot menyatakan bahwa pengalaman pelanggan dipengaruhi oleh semua aspek bisnis. Akibatnya, Anda tidak boleh hanya fokus pada satu departemen saat melakukan audit pengalaman pelanggan. Cobalah untuk mempertimbangkan perspektif yang berbeda mulai dari pemasaran hingga penjualan hingga layanan pelanggan.

Baca Juga  Jangan Salah Langkah, Ketahuilah Tujuan Dan Tips Melakukan Riset Pasar

Cara meningkatkan pengalaman pelanggan ini membutuhkan dukungan dari departemen lain, tetapi ini sangat penting. Jika Anda mengikuti survei pada tim pemasaran, Anda nantinya akan mempelajari apa yang dipahami pelanggan tentang merek tersebut. Kemudian, dengan mengetahui wawasan tim penjualan, Anda dapat dengan aman memahami strategi mana yang paling efektif untuk penawaran produk. Tentunya, akan mudah untuk memahami keluhan dan masalah yang dihadapi customer,  apabila melihat dari perspektif customer service.

3. Gunakan teknologi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik

Cara berikutnya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan adalah dengan menggunakan teknologi seperti kecerdasan buatan atau pembelajaran mesin. Ini dapat dilakukan menggunakan chatbot di situs web yang dapat digunakan pelanggan untuk menemukan produk atau layanan yang tersedia. Qualtrics menyatakan bahwa chatbot dapat bekerja kapan saja, sehingga selalu dapat membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan kapan saja. Banyak perusahaan saat ini menggunakan chatbot untuk melayani pelanggan karena lebih murah dan terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan.

4. Selalu mencari umpan balik dari pelanggan

Tentunya jika ingin mengetahui apakah customer tersebut puas dengan produk atau jasa tersebut, maka perusahaan harus meminta feedback dari mereka. Cara meningkatkan pengalaman pelanggan dalam hal ini terlihat mudah, tetapi sulit, terutama jika pelanggan tidak berniat memberikan umpan balik. Oleh karena itu, Anda harus selalu proaktif mencari umpan balik dari pelanggan. Misalnya dengan mengirimkan email dengan survei pasca pembelian. Selain itu, Anda juga bisa mencoba menghubunginya melalui telepon untuk mengetahui apa pengalamannya selama proses jual beli. Intinya, jangan pernah diam dan selalu harus aktif untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan. Dengan cara ini Anda tahu seperti apa pengalaman selama bertransaksi.

Baca Juga  Adapun Untuk Tahapan Budi Daya Kambing Potong Sebagi Berikut

5. Bangun hubungan emosional dengan pelanggan

Cara terakhir untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, tentu saja, adalah menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Pengalaman pelanggan terbaik dicapai ketika wiraniaga dapat menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan mereka. Seorang pelanggan bisa menjadi loyal karena mereka terhubung secara emosional saat menggunakan produk atau layanan. Jika perusahaan mampu mengoptimalkan hubungan emosional dengan pelanggan, tentunya dapat mendorong mereka untuk semakin loyal. Harvard Business Review juga menerbitkan sebuah studi yang menemukan bahwa pelanggan yang terikat secara emosional dengan merek lebih cenderung merekomendasikan produk. Ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang efektif bagi pelanggan tersebutn lebih setia kepada perusahaan Anda. Agar pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan produk dan layanan, str

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *