Bisnis promosi & marketing

Intelijen Kompetitif, kumpulan informasi yang membuat bisnis lebih unggul

TerSurat.com Yogyakarta – Di dunia modern ini, kecerdasan kompetitif adalah bagian terpenting dari strategi bisnis. Kenapa ini? Menurut Crayon, perusahaan perlu memahami posisinya di pasar untuk membuat keputusan bisnis yang lebih menguntungkan. Penggunaan informasi persaingan menjamin bahwa perusahaan dapat membuat keputusan yang menjadikan bisnisnya lebih unggul dari pesaing. Apa yang dimaksud dengan informasi persaingan? Manfaat lain apa yang dapat diperoleh perusahaan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga : Prosedur pendaftaran merek dagang yang dapat Anda ikuti dengan mudah

Apa itu Intelijen Kompetitif?

Pada saat peluncuran Investopedia, Competitive Intelligence (CI) adalah sebuah kemampuan seseorang dalam menggunakan informasi tentang pesaing, pelanggan, mengumpulkan, menganalisis, dan dan faktor pasar lainnya yang berkontribusi pada keunggulan kompetitif sebuah perusahaan.

Strategi ini biasanya mendorong perusahaan untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang dipublikasikan dan tidak dipublikasikan dengan cara yang efisien dan etis. Seperti yang dijelaskan Glints, di dunia modern ini CI sangat penting untuk kemajuan bisnis korporat. Ini karena informasi yang dikumpulkan dapat membantu perusahaan memahami lanskap kompetitif mereka serta peluang dan tantangan yang menyertainya. CI juga mendorong perusahaan untuk menganalisis informasi yang dapat digunakan untuk menciptakan praktik bisnis yang lebih efektif dan efisien.

3 faktor dianalisis dalam kecerdasan kompetitif

Intinya, kecerdasan kompetitif adalah langkah pasti yang dapat diambil perusahaan untuk menentukan bagaimana kinerja para pesaingnya. Namun, CI yang dikumpulkan dengan cermat juga dapat mengungkapkan tren sebelum secara resmi menyebar di pasar. Tentunya, hal ini dapat membantu perusahaan tetap berada di garis depan persaingan pasar. Namun, faktor apa saja yang perlu dianalisis untuk memperoleh kecerdasan bersaing yang berkualitas? Berikut penjelasannya:

Baca Juga  5 Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Di Bulan Ramadhan

1.Harga produk

Faktor pertama yang perlu dianalisis perusahaan untuk memperoleh kecerdasan bersaing yang berharga adalah harga produk pesaingnya. Mengetahui harga produk perusahaan pesaing adalah langkah tepat untuk memfilter CI. Kenapa ini? Pasalnya, menurut Thrive Hive, perusahaan dapat menggunakan informasi tersebut untuk menjaga agar harga produknya tetap sesuai dengan ekspektasi pasar. Selain itu, informasi yang diterima dapat memberikan wawasan perusahaan tentang model penetapan harga yang lebih menarik bagi pelanggan. Apa pendapat Anda tentang bagaimana perusahaan dapat menerapkan harga produk berdasarkan kebutuhan pelanggan di pasar? Buat diri Anda nyaman dan pelajari strateginya di webinar Glints ExpertClass. Pakar bisnis siap berbagi pengetahuan mereka tentang kategori Dasar-Dasar Bisnis dengan Anda. Ayo, temukan kelas yang sesuai dengan minat Anda dengan mengklik tombol di bawah ini. Jangan sampai ketinggalan, kuota kelas dibatasi lho!

2.Pemasaran Penelusuran

Tidak dapat disangkal bahwa SEO dan SEM memainkan peran penting dalam kemajuan bisnis perusahaan mana pun. Berdasarkan fakta tersebut, salah satu faktor yang perlu dianalisis oleh perusahaan untuk mendapatkan kecerdasan bersaing yang baik adalah kinerja pemasaran pencarian para pesaingnya. Ini karena ada banyak perusahaan pesaing yang memiliki strategi SEO dan SEM yang lebih baik. Dengan mengetahui kualitas pemasaran mesin pencari pesaing Anda, perusahaan dapat mengevaluasi pro dan kontra dari strategi pemasaran mesin pencari mereka.

3.Desain web

Faktor berikutnya yang perlu dianalisis perusahaan untuk mendapatkan kecerdasan bersaing yang baik adalah desain web situs web pesaing. Meskipun perusahaan harus mempertahankan identitas yang unik, pengoptimalan situs web dapat dicapai dengan melihat strategi desain pesaing. Oleh karena itu, ketika menganalisis situs web desain web pesaing, perusahaan harus memastikan bahwa mereka tidak membuat desain baru yang tampaknya disalin. Menurut Big Commerce, mereka harus melihat aspek desain yang unggul dan menerapkannya di situs web sesuai dengan identitas perusahaan.

Baca Juga  Prosedur pendaftaran merek dagang yang dapat Anda ikuti dengan mudah

Keuntungan dari kecerdasan kompetitif

Intelijen kompetitif dapat membantu perusahaan memantau kemajuan perusahaan pesaing. Informasi ini dapat digunakan sebagai panduan untuk semua keputusan bisnis perusahaan di masa depan. Namun, Anda tahu bahwa CI juga memiliki beberapa manfaat menarik lainnya. Berikut penjelasan dari kata-kata Chron:

  • Intelijen kompetitif membantu perusahaan memahami tren pasar.
  • Informasi yang diterima dapat digunakan oleh perusahaan Tawarkan kemungkinan untuk menyaring kebutuhan pelanggan mereka.
  • Kecerdasan kompetitif dapat digunakan sebagai tolak ukur keberhasilan strategi bisnis perusahaan.

Ini adalah penjelasan lengkap Glints tentang intelijen kompetitif dan keuntungan bisnisnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *