Apa benar terlalu sering makan ikan bakar dapat berisiko kanker

Apa benar terlalu sering makan ikan bakar dapat berisiko kanker?

Yogyakarta, tersurat.com – Kanker merupakan penyakit serius yang dapat menyerang siapa saja. Beberapa faktor dapat menyebabkan kanker, antara lain faktor genetik atau lingkungan. Salah satu faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi terjadinya kanker adalah konsumsi makanan sehari-sehari. Ya, makanan tertentu, seperti daging yang dibakar dengan suhu tinggi, bisa menyebabkan kanker. Bagaimana dengan ikan bakar?

Mengapa makanan ikan bakar meningkatkan risiko kanker

Kebanyakan orang menyukai makanan yang dipanggang. Ya, memanggang punya cita rasa yang unik. Makanan yang dipanggang atau dibakar padahal dapat menambah nafsu makan seseorang karena rasanya yang begitu lezat. Tapi tahukah Anda bahwa sebagian yang dibakar tidak sesehat yang Anda kira? Makanan yang dibakar dapat meningkatkan risiko terkena kanker berbahaya. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

    Baca Juga : 5 Manfaat ikan lele untuk kesehatan yang sering terlewatkan

Ketika makanan seperti daging, ayam, dan ikan yang dibakar pada suhu tinggi, kandungan nutrisi dalam makanan tersebut dapat berubah. Otot yang ada dalam daging, ayam, atau ikan ada senyawa protein yang dapat bereaksi jika dilakukan dengan pembakaran bersuhu tinggi untuk membentuk senyawa karsinogenik.

Senyawa karsinogenik ini disebut amina heterosiklik (HCA). Selain itu, senyawa lain yang dikenal sebagai polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) juga dapat terbentuk sehingga meningkatkan risiko kanker. Senyawa PAH terbentuk ketika lemak dari daging, ayam, atau ikan menetes dalam api panas dan asap mengendap di dalam makanan.

HCA dan PAH mulai terbentuk saat temperatur pembakaran mencapai 100 ° C dan menjadi lebih berbahaya saat temperatur mencapai 300 ° C. Hal tersebut dapat merusak komposisi DNA dari gen HCA dan PAH serta menyebabkan terjadinya sel kanker. Sel kanker ini berpotensi berkembang menjadi kanker usus besar, kanker perut, kanker payudara, kanker prostat, dan limfoma. Hal ini bisa terjadi karena senyawa karsinogen HCA dapat menyebar melalui aliran darah ke jaringan lain di dalam tubuh.

Baca Juga  8 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan: Mengurangi Demam Untuk Mengontrol Gula Darah

Haruskah menghindari makan ikan bakar untuk mencegah kanker?

Tentunya, Anda tidak boleh menghindari makan ikan bakar. Makanan bukan satu-satunya penyebab kanker. Ada banyak penyebab kanker lainnya. Namun, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang dibakar secara berlebihan atau sering makan makanan gosong, terutama pada makanan daging.

Mengapa? Daging dan ayam mengandung lebih banyak protein dan lemak dibandingkan ikan. Jadi, senyawa HCA yang terbentuk dari pembakaran daging bisa lebih dari sekadar ikan bakar. Memanggang daging atau daging ayam juga membutuhkan lebih banyak waktu daripada ikan. Selama makanannya gosong, itu lebih berbahaya. Karena itu, risiko terkena kanker pada ikan bakar sebenarnya lebih kecil dibandingkan dengan makan daging dan ayam.

Tips membakar makanan untuk kesehatan

Saat makan makanan yang dibakar, kami merekomendasikan mengikuti tip berikut untuk lebih mengurangi risiko terjadinya kanker dan lebih baik untuk kesehatan.

  • Rendam ikan atau daging sebelum dipanggang. Merendam mampu menurunkan level pembentukan HCA hingga 99%. Terutama direndam dalam bahan yang asam.
  • Cara lain agar dapat mengurangi pembentukan senyawa HCA adalah dengan rempah. Anda bisa menggunakan daun mint, bawang merah, bawang putih, rosemary, dan kunyit.
  • Jangan taburkan saus di atas panggangan. Menggunakan saus barbekyu di atas panggangan berpotensi meningkatkan kemungkinan pembentukan HCA 1,9 sampai 2,9 kali lebih tinggi. Saat ingin makan, disarankan menggunakan sambal.
  • Makan daging panggang atau ikan lebih baik diimbangi dengan buah-buahan dan sayuran seperti bayam, apel, semangka, blueberry, dan anggur. Hal tersebut berpotensi menghambat aktivitas senyawa HCA di dalam tubuh.
  • Jangan membakar makanan dalam waktu lama. Anda bisa memotong daging agar dapat memasaknya dengan lebih cepat.
  • Singkirkan residu karsinogenik dari pemanggang sebelum atau sesudah menggunakan pemanggang.
Baca Juga  7 Rempah sebagai obat alami untuk mengatasi batuk dan berdahak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *