5 Manfaat ikan lele untuk kesehatan yang sering terlewatkan

5 Manfaat ikan lele untuk kesehatan yang sering terlewatkan

Yogyakarta, tersurat.com – Apakah Anda suka ikan lele? Ikan ini sangat populer di menu lele yang disajikan dengan lalapan dan sambal. Banyak orang menyukai ikan jenis ini. Hal ini karena rasa dan kandungan nutrisinya yang kaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Fakta nutrisi yang terkandung ikan lele

Nama ilmiah dari ikan lele atau juga dikenal dengan sebutan ikan keli adalah Clarias. Ikan ini merupakan ikan yang mudah dibedakan karena memiliki kumis seperti kucing. Biasanya lele diolah dengan cara digoreng yang disajikan bersama sambal dan lalapan. Ikan lele bisa dimasak dengan kuah santan yang biasa disebut dengan mangut lele.

    Baca Juga : Jarang makan ikan? Pasti rugi besar! Simak 5 manfaat untuk kesehatan tubuh

Ikan lele pada bagian punggungnya terdapat daging empuk yang kaya akan nutrisi, sehingga kita bisa melihat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Diketahui dalam 100 gram ikan lele mengandung nutrisi yang berlimpah. Nutrisi dalam lele adalah protein, lemak, kolesterol, natrium, vitamin D, kalsium, zat besi, kalium, asam folat, fosfor, tiamin atau vitamin B1, riboflavin atau vitamin B2, vitamin B3, vitamin B12

Manfaat ikan lele bagi kesehatan

Ikan lele merupakan salah satu menu makanan tersehat jika bosan dengan jenis ikan lainnya. Menurut berbagai penelitian, beberapa manfaat ikan lele antara lain:

Ikan lele untuk menjaga kesehatan jantung

Ikan lele mengandung makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Asam lemak ini terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega 3 (minyak ikan) memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Pertama-tama, ini menjaga bagian dalam arteri jantung tetap mulus dan tidak merusaknya. Selain itu, kandungan nutrisi ikan lele mencegah penebalan dan pengerasan plak arteri serta membantu sirkulasi darah.

Baca Juga  Jangan Abaikan Sakit Emfisema Harus Di Cegah Dari Sekarang

Kedua, asam lemak omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida dengan memperlambat pembentukannya. Kadar trigliserida yang tinggi saja dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Ketiga, asam lemak ini juga dapat mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular yang seringkali menyebabkan aterosklerosis.

Ini memperlambat produksi zat yang dilepaskan dalam reaksi inflamasi. Terakhir, minyak ikan tidak hanya menurunkan tekanan darah, tetapi juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi (darah tinggi) dan kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Mencegah anemia dengan mengkonsumsi ikan lele

Anda bisa mendapatkan vitamin B12 dari ikan lele. Ngomong-ngomong, dibutuhkan dua langkah bagi tubuh untuk menyerap vitamin B12 dari makanan. Pertama, asam klorida di perut memisahkan vitamin B12 dari protein khusus makanan. Setelah itu, vitamin B12 diserap ke dalam tubuh dengan mengikat protein yang dibuat di perut yang disebut faktor.

Kemudian tubuh menggunakan vitamin ini yang terdapat pada ikan lele untuk membuat DNA, memelihara sel saraf, dan membentuk sel darah merah normal. Makan ikan dengan khasiat ini dapat membantu mencegah sejenis anemia apoptosis yang membuat seseorang lelah dan lemah. Karenanya, ikan lele ini bisa menjadi menu makanan sehat bagi penderita anemia.

Ikan lele mendukung sistem kekebalan yang lebih kuat

Tidak ingin mudah sakit? Makan ikan adalah salah satu cara sederhana. Hal ini karena ikan lele mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan itu sendiri dapat digambarkan sebagai perisai yang melindungi tubuh dari berbagai ancaman. Sistem kekebalan yang kuat menurunkan kemungkinan sakit dan tubuh dapat melawan virus, bakteri, atau parasit dengan lebih efektif. Protein juga berperan penting dalam sel tubuh dan mendukung proses penyembuhan luka.

Baca Juga  10 Daftar Obat Apotek Dan Obat Darah Tinggi

Menjaga kesehatan otak dengan konsumsi ikan lele

Peradangan bisa terjadi di bagian tubuh manapun, salah satunya adalah otak. Radang otak dapat meningkatkan risiko Alzheimer. Penyakit Alzheimer sendiri merupakan penyakit yang menyerang otak dan mempengaruhi pemikiran, perilaku, dan kemampuan sosial. Dengan mengonsumsi makanan anti radang seperti lele, Anda mungkin bisa mencegah peradangan ini semakin parah. Manfaat ikan lele berasal dari kandungan asam lemak omega 3.

Mengurangi resiko stroke dengan konsumsi ikan lele

Manfaat ikan lele lainnya yang perlu Anda ketahui adalah dapat menurunkan risiko terkena stroke. Mengapa? Khasiat ini bisa didapat dari kandungan kalium ikan lele. Kalium dikenal dapat menjaga kesehatan otot, saraf, dan pembuluh darah untuk mengurangi stroke, kondisi yang disebabkan oleh penghentian asupan darah di otak. Mendapatkan cukup potasium dapat mengurangi risiko stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *