Kaya akan albumin! Inilah 5 manfaat ikan gabus yang luar biasa bagi kesehatan

Kaya akan albumin! Inilah 5 manfaat ikan gabus yang luar biasa bagi kesehatan

Yogyakarta, tersurat.com – Makan ikan secara rutin merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar paling umum di Indonesia. Ikan gabus dikenal rasanya yang gurih, bahkan daging ikan gabus tergolong lembut dan mudah sekali dikunyah.

Kandungan nutrisi dalam ikan gabus

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Jenis ikan yang dalam bahasa latinnya bernama Channa Striata ini dikenal sebagai ikan predator yang memangsa ikan, serangga, dan hewan air kecil di habitat aslinya.

    Baca Juga : Suka ikan nila? Berikut 4 manfaat konsumsi ikan nila (ikan tilapia)

Di Indonesia, ikan gabus dikenal dengan berbagai nama seperti bosek, aruan /haruan, curse, dan kabosu. Apalagi ikan gabus sering ditemukan di perairan tawar daerah Kalimantan, tak heran jika di Kalimantan mudah menemukan ikan gabus dengan harga yang lebih terjangkau.

Manfaat ikan gabus untuk kesehatan fisik

Menurut beberapa penelitian, ikan gabus lebih bergizi dibandingkan jenis ikan konsumsi lainnya. Kandungan protein ikan gabus sekitar 25,5 persen. Jumlah ini lebih tinggi dari kandungan protein ikan mas (16%), bandeng (20%), ikan air tawar lainnya (20%), atau sarden (21,1%).

Ikan gabus juga terkenal dengan kandungan albuminnya, yaitu protein dalam plasma yang berfungsi mencegah cairan dalam darah yang bocor ke jaringan lain. Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, termasuk hormon, vitamin, dan enzim. Albumin juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan fisik Anda.

Manfaat luar biasa yang perlu diketahui dari ikan gabus :

Baca Juga  Ibu Hamil Harus Ketahui Manfaat Minum Air Jahe Dan Resikonya

1. Membantu menumbuhkan dan membangun otot
Ikan gabus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya seperti lele, mas dan mujair. Bahkan kandungan proteinnya mampu bersaing dengan sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi, ayam dan telur. Makan 100 gram ikan gabus menghasilkan sekitar 16,2 gram protein.

Bandingkan dengan kandungan protein per 100 gram daging sapi (17,5 gram), ayam (18,2 gram), dan telur (12,4 gram) per porsi. Kandungan protein ikan gabus yang tinggi memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat untuk perkembangan tubuh. Salah satunya membantu tubuh Anda tumbuh dan membentuk otot.

2. mempercepat penyembuhan luka pasca operasi
Ikan gabus memiliki kandungan albumin yang sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa albumin merupakan salah satu jenis protein yang memiliki segudang manfaat, salah satunya sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Hasanudin di Makassar menemukan bahwa pemberian kapsul kepala gabus pada 0,7 g/dl selama 14 hari mendorong penyembuhan luka pada pasien pasca operasi, termasuk luka pasca operasi caesar.

Kandungan albumin ikan gabus membantu meningkatkan kadar albumin tubuh secara normal. Sebaliknya, pada pasien rawat inap, ikan gabus membantu menjaga nilai albumin dan membantu proses penyembuhan.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Albumin juga memiliki fungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika level air di dalam tubuh menurun, protein yang masuk ke dalam tubuh akan rusak dan tidak berfungsi secara normal. Albumin juga membantu mencegah kebocoran air dalam darah ke jaringan tubuh lain.

Akibatnya, jika tubuh kekurangan albumin (hipoalbuminemia), air bisa bocor ke jaringan lain, seperti asites. Asites mengumpulkan air di antara dinding bagian dalam dinding perut dan organ dalam. Biasanya, 60 persen plasma terdiri dari albumin. Salah satu manfaat mengkonsumsi ikan gabus adalah untuk meningkatkan dan menjaga kadar albumin dalam tubuh.

Baca Juga  Teh Herbal untuk kesehatan tubuh yang wajib dikonsumsi

4. Memperbaiki gangguan malnutrisi
Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak-anak dan ibu hamil. Ini karena kekurangan albumin dalam tubuh (hipoalbuminemia), yang mencegah nutrisi bersirkulasi dengan baik ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, salah satu risiko jika tubuh kekurangan albumin adalah malnutrisi atau malnutrisi, terutama pada bayi dan anak-anak. Nah, konsumsi ikan gabus secara teratur bisa memperbaiki gangguan ini. Mengkonsumsi setidaknya 100 gram ikan gabus sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi harian yang sangat penting bagi kesehatan Anda.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Ikan gabus memiliki struktur daging yang lembut, jadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan kesehatan pencernaan Anda. Keuntungan menjaga pencernaan adalah konsumsi daging ikan gabus yang mengandung lebih sedikit protein kolagen dibandingkan dengan kandungan protein pada daging. Ikan gabus hanya memiliki sekitar 3-5 persen dari total kandungan protein kolagen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *