5 manfaat kesehatan dari minyak lemon

5 manfaat kesehatan dari minyak lemon

Yogyakarta, tersurat.com – Lemon merupakan salah satu jenis buah jeruk yang mempengaruhi kesehatan manusia. Buah jeruk ini dapat diolah menjadi minyak esensial untuk berbagai kegunaan. Apa manfaat kesehatan dari minyak lemon? Yuk cari tahu di sini.

Manfaat dalam minyak esensial lemon

Kebanyakan orang mengolah lemon menjadi minyak esensial dengan cara menekan kulit lemon, bukan buahnya. Hal ini diketahui karena kulit lemon mengandung nutrisi paling padat. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari minyak esensial lemon.

    Baca Juga : Bukan hanya segar, berikut berbagai manfaat yang terkandung dalam buah lemon

Minyak lemon untuk mengurangi rasa mual

Salah satu manfaat minyak esensial lemon yang banyak digunakan orang adalah untuk meredakan rasa mual, terutama pada ibu hamil. Hal ini ditunjukkan dalam studi tahun 2014 terhadap wanita hamil yang menghirup kulit lemon dengan aromaterapi. Dalam penelitian ini, kami menetapkan secara acak 100 wanita hamil yang sering merasa mual untuk muntah.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok: kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Begitu kelompok intervensi merasa mual, mereka dapat menghirup minyak esensial lemon. Sementara itu, kelompok kontrol menghirup plasebo, minyak kosong yang tidak mengandung apa pun. Hasilnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Seorang wanita hamil dalam kelompok intervensi mengatakan bahwa rasa mual dan muntahnya berkurang.

Minyak lemon untuk menjaga kesehatan kulit

Selain baik untuk gejala kehamilan seperti mual dan muntah, manfaat lain dari minyak lemon adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Sifat antioksidan minyak lemon membantu mengurangi kerusakan jaringan kulit akibat radikal bebas. Selain itu, lemon dikenal memiliki khasiat anti penuaan yang membuat kulit montok dan awet muda.

Baca Juga  Kenali Berbagai Manfaat Kesehatan Buah Mengkudu

Lemon adalah salah satu minyak yang dapat membantu mengatasi masalah kulit yang terdapat sifat antibakteri minyak esensial. Minyak esensial lemon sangat membantu untuk masalah kulit seperti lecet dan luka, gigitan serangga, kulit berminyak, dan selulit Namun, tidak disarankan untuk mengoleskan minyak esensial langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi. Coba campurkan minyak esensial lemon dan minyak lain sebelum mengoleskannya ke kulit Anda.

Mengurangi gangguan pencernaan dengan minyak lemon

Bagi yang mengalami sakit perut atau sembelit (konstipasi), minyak lemon mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. Pada tahun 2009, ada penelitian tentang efek penggunaan minyak esensial lemon dalam makanan terhadap kesehatan saluran cerna. Peneliti menggunakan tikus untuk melihat apakah minyak lemon berhasil. Hasilnya, minyak esensial lemon dapat membantu mengurangi gejala gastritis. Ini dilakukan dengan mengurangi kerusakan lambung dan melindungi sistem pencernaan.

Namun, belum ada penelitian tentang seberapa aman minyak lemon dikonsumsi oleh manusia. Jangan mencobanya di rumah. Manfaat kesehatan pencernaan lainnya dari minyak lemon adalah meredakan gejala sembelit. Hal tersebut telah dibuktikan melalui uji coba yang berlangsung selama 10 hari. Selama uji coba, peserta lansia dipijat dengan minyak lemon. Sebagian besar pijatan yang mereka terima ada di perut bagian bawah. Jelas, pijatan membuat buang air besar lebih mudah. Efektivitas obat alami ini bertahan hingga dua minggu setelah penelitian selesai.

Minyak lemon sebagai perlindungan organ internal

Minyak esensial lemon dikenal dapat melindungi organ dalam seperti hati dan ginjal karena penggunaan aspirin. Ini adalah salah satu pereda nyeri dan antikoagulan. Klaim ini didukung oleh studi tahun 2016 yang menguji minyak esensial lemon pada tikus. Tikus yang menjadi hewan percobaan mengalami kerusakan hati dan ginjal akibat penggunaan aspirin dalam jumlah besar.

Baca Juga  5 Manfaat Beras Hitam, "Nasi Terlarang" dari China

Setelah beberapa dosis minyak lemon, minyak lemon telah terbukti mengurangi tingkat oksidasi dan kerusakan pada kedua organ tersebut. Hal ini karena minyak lemon mengandung antioksidan yang membantu memerangkap radikal bebas untuk melawan serangan organ.

Membantu mengatasi masalah pernapasan dengan minyak lemon

Minyak esensial lemon bersifat anti-inflamasi, selain sifat antibakteri dan antioksidannya. Karena itu, lemon termasuk dalam minyak esensial yang membantu mengatasi masalah pernapasan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, minyak lemon dapat menstimulasi drainase limfatik.

Pengeringan getah bening oleh lemon ini dapat membantu mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini akan mengurangi kemungkinan penumpukan cairan, yang akan meredakan masalah batuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *