dasar-dasar Digital Marketing

Maksimalkan Live Streaming untuk Pemasaran dengan 5 Cara Ini!

TerSurat.com Yogyakarta – Tahukah Anda bahwa streaming langsung adalah strategi pemasaran yang sangat ampuh? Beberapa pemasar mungkin lupa tentang satu elemen itu. Nyatanya, live streaming berdampak besar pada brand awareness. Kenapa ini? 82% pemirsa lebih suka melaporkan video langsung dari streaming langsung daripada kontribusi normal. Tidak hanya itu, setelah menonton video, 64% pengguna cenderung membeli produk secara online. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa live streaming untuk pemasaran memegang peranan yang sangat besar dalam keberlangsungan bisnis Anda.

Baca Juga : Apa manfaat pemasaran geografis tidak hanya untuk pemasaran?

Lalu bagaimana cara yang benar untuk melakukannya?

Jangan khawatir, di bawah ini adalah rekomendasi aktivitas yang dapat Anda lakukan secara live untuk membantu membangun brand Anda.

1. Pengiriman berita dan pesan bermerek

Pelanggan akan lebih senang ketika perusahaan memberikan streaming langsung berita atau berita tentang merek mereka. Misalnya pesan brand update, pesan brand embedded, dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan peduli terhadap pelanggannya. Secara tidak langsung, aktivitas ini juga membantu Anda menjaga hubungan dengan pelanggan.

2. Wawancara langsung

Wawancara atau wawancara dengan orang-orang penting dan live streaming merupakan salah satu hal yang menarik untuk dilakukan dalam pemasaran. Pikirkan topik yang ingin Anda bahas dalam wawancara, misalnya topik SEO (search engine optimization). Maka dari itu usahakan untung dengan mengundang salah satu orang yang berpengetahuan di bidang ini.Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pelanggan tetapi juga sangat penting dalam membangun kesadaran merek.

Baca Juga  Apa manfaat pemasaran geografis tidak hanya untuk pemasaran?

3. Promosi dan peluncuran produk

Beberapa merek besar seperti Apple dan Nestle melaporkan Hubspot dan menggunakan streaming langsung untuk mempromosikan dan membawa produk ke pasar. Kegiatan ini menunjukkan sisi keaslian sebuah produk peluncuran. Tidak hanya itu, pelanggan juga merasakan suasananya sehingga ikut serta dalam pelaksanaannya. Anda juga secara tidak langsung telah melibatkan pelanggan dalam aktivitas streaming langsung ini sejak peluncuran produk baru.

Baca Juga : Maksimalkan Live Streaming untuk Pemasaran 5 Cara Ini!

4. Tanya Jawab (Q&A)

Cara selanjutnya untuk melakukan streaming langsung untuk pemasaran adalah dengan melihat Tanya Jawab atau Tanya Jawab umum. Tampilkan pertanyaan dan jawaban tentang produk Anda dalam streaming langsung. Anda dapat mendiskusikan proses, pemasaran, atau cerita di balik produk tersebut. Sekarang Anda dapat bertanya langsung kepada karyawan tersebut tentang topik yang ditujukan untuk lawan bicaranya. Misalnya, jika topik Tanya Jawab saat ini adalah pengembangan produk, Anda dapat meminta jawaban dari manajer produk.

5. Menggunakan influencer

Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menyewa influencer untuk melakukan live streaming untuk keperluan marketing. Influencer tentunya memiliki level engagement yang baik sehingga bagus untuk membangun brand awareness. Mereka akan membicarakan produk Anda melalui live streaming dalam berbagai format sesuai kesepakatan. Format seperti itu misalnya storytelling, hard selling dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *