dasar-dasar Digital Marketing

Apa manfaat pemasaran geografis tidak hanya untuk pemasaran?

TerSurat.com Yogyakarta – Saat membuka halaman belanja Amazon, pernahkah Anda melihat harga dalam rupiah, bukan dolar AS? Nama untuk apa yang dilakukan Amazon adalah pemasaran geografis. Dia mengatakan langkah ini bisa membantu mengubah penonton, Anda tahu. Selain itu, dia tidak hanya membantu di bagian pemasaran. Apakah Anda semakin penasaran? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Jangan Salah Langkah, Ketahuilah Tujuan Dan Tips Melakukan Riset Pasar

Apa itu pemasaran geografis?

Geomarketing adalah salah satu bentuk pemasaran. Lokasi penonton diperhitungkan. Dengan langkah ini, ia berharap pesan bisa sampai ke masyarakat yang tepat. Waktu berita sampai di sana sama baiknya. Ini dimungkinkan jika perusahaan memiliki data lokasi audiens. Bisa didapatkan melalui ponsel, komputer, atau akun media sosial. Di era Marketing 4.0, semua ini mungkin. Sebab, informasi tentang khalayak, termasuk lokasinya dapat diperoleh melalui teknologi. Jika bukan karena itu, pemasaran berbasis lokasi tidak mungkin dilakukan. Sekolah pemasaran mengatakan jenis pemasaran ini bukanlah strategi. Ini juga bukan kampanye pemasaran.

Pemasaran berbasis lokasi lebih tepatnya disebut sebagai alat. Ini digunakan untuk membuat strategi atau kampanye.Biasanya, merek yang melakukan ini memiliki akses ke data lokasi. Anda juga dapat menggunakan Perangkat Lunak Informasi Geografis (juga dikenal sebagai GIS).

Mengapa pemasaran geografis penting

Mengapa Anda perlu menggunakan alat ini? Apakah Geomarketing Benar-Benar Penting? WIGeoGIS berisi daftar alasan mengapa pemasaran berbasis lokasi harus dipertimbangkan. Alasannya adalah:

1 .Keputusan yang obyektif

Tentu, keputusan lebih valid jika ada data di baliknya. Dengan data geografis, rencana Anda menjadi jauh lebih matang. Selain itu, data ini tidak hanya dapat digunakan untuk pemasaran berbasis lokasi. Ini juga dapat digunakan untuk berbagai tahap keputusan. Contohnya adalah manajemen situs, pemilihan perluasan bisnis, dan lain-lain.

Baca Juga  Ini Adalah Varietas Kelapa Sawit Yang Bisa Menjadi Pilihan Bagi Petani

2. Menambahkan banyak data

Ingat, pemasaran geografis berkontribusi pada data. Oleh karena itu dapat digunakan untuk melengkapi informasi Anda. Bagaimana perilaku penonton di area F? Bagaimana dengan mereka yang tinggal di Wilayah G? Anda dapat melihat semua ini dengan mudah.

3. Analisis data

Ingatlah bahwa Anda dapat menganalisis informasi geografis bersama dengan data lainnya. Ini akan menghasilkan informasi baru tentang audiens. Salah satu istilah terpenting dalam pemasaran geografis adalah penargetan-geo.

Neil Patel mengatakan penargetan-geo adalah respons konten terhadap lokasi audiens. Salah satu contohnya adalah SERP. Jika Anda menelusuri “Restoran Italia” di Florida, AS, akan terlihat seperti ini: Namun, jika Anda mencarinya di London, Inggris, akan terlihat seperti ini: Hasil pencarian Anda secara otomatis disesuaikan dengan lokasi Anda. Ini tentu saja dapat mendorong pertobatan. Bayangkan Anda sedang mencari restoran Italia di Jakarta, Indonesia. Namun, hasil yang ditampilkan adalah sebuah restoran Italia di Roma, Italia. Tentu saja, peluang Anda untuk mengklik pencarian akan berkurang. Karena itulah yang tidak Anda cari. Anda juga dapat mengubah bahasa konten. Anda juga dapat menyesuaikan mata uang, budaya, visual, dll.

Baca Juga : Maksimalkan Live Streaming untuk Pemasaran dengan 5 Cara Ini!

Misal, saat membuka situs e-commerce di Singapura, mata uang yang ditampilkan adalah dollar Singapura. Saat membuka situs di Jakarta, penonton akan melihat harga dalam rupiah.Cukup sesuaikan semuanya dengan produk dan kreativitas Anda. Semua ini, dari waktu ke waktu, dapat meningkatkan kemungkinan audiens menjadi pelanggan. Itu juga membuat situs web Anda lebih ramah pengguna. Karena mereka tidak perlu menyesuaikan mata uangnya sendiri. Semuanya terjadi secara otomatis. Bukan hanya konten, lho. Menurut HubSpot, penargetan geo juga dapat digunakan untuk iklan berbayar.

Baca Juga  Segudang Ide Bisnis Rumahan Yang Bisa Anda Jalankan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *